Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas UMPR

Tim Audit Kemendikbud Ristek Pastikan KIP Kuliah UMPR Tepat Sasaran

Edukasi | Friday, 18 Nov 2022, 17:44 WIB
KIP Kuliah : Tim Audit Kinerja dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud berkunjung ke UMPR untuk melakukan monev Kinerja KIP Kuliah pada 15-16/11

PALANGKA RAYADalam rangka tertib administrasi, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) tim Audit Kinerja Kemendikbud Ristek melakukan monitoring evaluasi (Monev) ke Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR). Monev tersebut diikuti oleh 25 perwakilan penerima manfaat KIP-Kuliah UMPR pada Selasa-Rabu (15-16/11).

Dalam kegiatan itu, Tim Monev Kemendikbud Ristek yang terdiri atas Cucu Nurlela (Pengendali Teknis), Supriyati (Ketua Tim), Faizal Lutfi (Anggota), dan Sayu Hesty Puspita Setiawaty (Anggota). Adapun dari pihak UMPR disambut oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan AIK Dr. Norcahyono, S.Pd.I, M.H.I, Kepala BAKA Dr. M. Fatchurahman, M.Pd, M. Psi, dan para personil BAKA.

Wakil Rektor III dalam keterangannya menjelaskan "UMPR Tahun ini mengalami peningkatan dari segi jumlah penerima KIP-Kuliah. Pada tahun yang lalu yaitu tepatnya tahun 2021 jumlah penerima KIP-Kuliah adalah 130 mahasiswa dan tahun 2022 ini terdapat kenaikan yang mana kita menerima sejumlah 152 mahasiswa. Kita akan terus berupaya meningkatkan kuantitasnya dan mengarah kepada penerima tepat sasaran. Sementara itu untuk implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kita juga sama mengalami peningkatan" ucap Dr. Norcahyono, S.Pd.I, M.H.I.

Senada dengan Warek III, Ketua Tim Audit Supriyati mengatakan hal serupa. "Kami ingin memastikan bahwa program ini tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat pertanggung jawaban. Selain itu dalam pelaksanaanya agar efektif, efisien dan akuntable sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," jelas Supriyati.

KIP Kuliah merupakan bantuan pendidikan perkuliahan yang bertujuan membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan biaya kuliah atau pendidikan. Tidak hanya itu, mulai tahun akademik 2021/2022 pemilik KIP kuliah juga akan mendapat bantuan biaya hidup yang besarannya berbeda-berbeda.

“Di UMPR sendiri, jumlah mahasiswa reguler yang mendapatkan program KIP-K tahun 2022 sebanyak 152 mahasiswa dari berbagai prodi, sedangkan tahun 2021 sebanyak 130 mahasiswa, tahun 2020 sebanyak 175 mahasiswa, dan tahun 2019 sebanyak 39 mahasiswa sewaktu masih bernama Bidikmisi,”tambah Kepala BAKA Dr. M. Fatchurahman, M.Pd, M. Psi. (ard/ade)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image