Tips dan Cara Untuk Mengadakan Konferensi Pers Yang Perlu Kamu Ketahui

Image
Michio Yaniza
Bisnis | Wednesday, 16 Nov 2022, 13:41 WIB
tips mengadakan konferensi pers ala venuslive.id

Setiap organisasi atau publik figur membutuhkan cerita agar tetap bisa eksis di tengah gencaran konten viral di dunia digital. Salah satu cara untuk menyiarkan keberadaan mereka adalah dengan pemberitaan.

Lisa Ramadhanty selaku Direktur Utama Venus Live, perusahaan konsultan komunikasi di Jakarta mengatakan bahwa pemberitaan yang baik adalah yang secara organik menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Khususnya bila perusahaan atau seorang tokoh ingin menyiarkan berita tersebut dengan melakukan konferensi pers.

Konferensi pers (press conference) atau dengan nama lain media conference atau jumpa media dapat disimpulkan sebagai sarana menyampaikan informasi terkait peristiwa atapun kejadian yang dihadiri para wartawan agar dapat diberitakan melalui media massa.

Lisa menambahkan bahwa kunci suksesnya sebuah press conference apabila berita yang disiarkan dapat memberikan pengaruh besar bagi masyarakat luas.

1. Mempunyai poin informasi bernilai

Konten press conference harus mewakili kepentingan publik atau mengenai informasi yang berguna bagi orang lain.

“Misalnya pada kasus krisis perusahaan, perlu kegiatan press conference demi meredam asumsi yang beredar atau memberikan klarifikasi yang sesuai dengan fakta dan data,” ujar Lisa yang aktif berinteraksi melalui akun Instagram @venuslive.id.

2. Memiliki juru bicara yang handal

Perlu diketahui bahwa semua aspek komunikasi penting disampaikan agar tercipta respon yang sesuai harapan dari individu maupun organisasi. Untuk itu Venus Live mengatakan bahwa pihaknya punya peran membantu klien dalam mengadakan press conference termasuk memberikan arahan terkait saran informasi yang perlu disampaikan oleh juru bicara.

3. Menyiapkan Detail Kegiatan Press Conference

Mulai dari technical support sampai ke human resource perlu tenaga ahli yang memadai. Untuk itu pilihan press conference di jaman sekarang terbagi jadi 3 macam, yaitu: Langsung (offline), Daring (online) dan keduanya (hybrid). Detail kegiatan dapat dituangkan dalam Media Kit pada press conference.

4. Mengundang Media dan Para Pihak Berkepentingan

Dengan membuat surat undangan dan poin informasi penting yang akan disampaikan kepada para awak media, diharapkan mereka datang dengan tepat waktu dan bisa menyiarkan informasi yang sesuai dengan tema press conference.

5. Menentukan Lokasi dan Waktu kegiatan yang strategis

Kedatangan para awak media dan menyiarkan berita adalah kunci dari kesuksesan public relations dalam mengadakan kegiatan konferensi pers.

“Ada baiknya kegiatan presscon dilaksanakan pada hari kerja, di jam operasional yang sesuai. Untuk lokasi, apabila jarak menjadi kendala di jaman serba digital bisa mengadakan kegiatan online maupun hybrid. Jika masih di sekitaran kota Jakarta, akan lebih menguntungkan melakukan press conference secara langsung,” tutup Lisa mengakhiri sesi wawancara.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image