Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Kamil

Rene Turos Ramaikan Jakarta Islamic Festival di Situ Babakan Jagakarsa

Agama | Sunday, 13 Nov 2022, 10:33 WIB
Rene Turos di Jakarta Islamic Festival Situ Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan

Rene Turos Indonesia (RTI) meramaikan Jakarta Islamic Festival (JIF) dengan membuka stan berisikan buku – buku Islam berkualitas. Bertempat di Situ Babakan Jakarta, pameran keislaman itu ramai dihadiri warga Jakarta dan kota penyangga pada Ahad (13/11).

“Di sini ada banyak stan kuliner, tapi belum banyak stan buku Islam. Kami mengisi ‘kekosongan’ itu,” kata Founder RTI Luqman Hakim Arifin saat dihubungi pada hari yang sama.

Rene Turos Indonesia hadir membawa barisan unit-unit di dalamnya, seperti Imprint Turos Pustaka yang banyak menghasilkan buku karya ulama klasik yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Di antara produk andalannya adalah Kitabul Makasib karangan Imam Al-Muhasibi.

Ini adalah kitab yang belum banyak diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Di dalamnya ada penjelasan menarik mengenai hukum mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang menzalimi orang. “Nah, apakah penghasilan yang didapat halal atau tidak. Di situ Imam Al-Muhasibi berpendapat berdasarkan sandaran Alquran dan hadis yang shahih. Ini buku bagus. Cocok banget buat kita,” kata Luqman.

Kemudian ada kitab-kitab lain. Seperti Risalah al-Muawanah karangan al-Imam al-Quthb Abdullah bin Alawi Al-Haddad. Orang mengenalnya sebagai pengarang Ratib Al-Haddad.

Buat pecinta psikologi, Turos juga menghadirkan buku Ahwalun Nafs karya Ibnu Sina. Buku ini sudah diterjemahkan menjadi Psikologi Islam.

Selain Turos, ada juga Imprint Renebook yang menghadirkan buku-buku bergenre motivasi diri dan manajemen. Di antara buku yang mereka cetak adalah tentang kultur kerja atau The Cultural Code, kemudian buku tentang mengungkap talenta yaitu The Talent Code. Dan banyak lagi.

“Kita ramaikan festival ini dengan bacaan bagus sambil menyeruput kudapan nikmat di pinggir Situ Babakan yang asri. Asyik sekali,” kata Luqman.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Jakarta Islamic Festival 2022 di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (12/11). Dalam kegiatan itu turut hadir Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho.

Ketua MUI Provinsi DKI Jakarta Munahar Mukhtar, yang membuka acara mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kota Administasi Jakarta Selatan yang turut serta membantu mensukseskan kegiatan ini. "Serta semua pihak yang terlibat. Tentunya acara yang akan berlangsung hingga hari Minggu ini, kiranya dapat membawa keberkahan untuk kita semua," ucapnya.

Sementara Ali Murthadho mengatakan, melalui kegiatan ini, ulama menjadi pelopor kolaborasi untuk menjaga akhlak, akidah, dan moral bangsa agar tetap terjaga. "Mewakili Pemerintah Kota Jakarta Selatan, saya mengucapkan terima kasih kepada MUI Provinsi DKI Jakarta dan MUI Kota Jakarta Selatan, dan seluruh pihak yang telah berperan dalam kegiatan Jakarta Islamic Festival, karena ini merupakan kegiatan yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan," tuturnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image