Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Desti Putri Meysinta

Pendidikan Sebagai Garda Terdepan Sebuah Bangsa

Pendidikan dan Literasi | 2022-11-11 07:49:02
Oleh : Desti Putri Meysinta, mahasiswi Politeknik Kutaraja, Banda AcehPendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam memajukan sebuah negara. Menjadi sebuah negara yang maju dan bermartabat merupakan cita-cita yang sangat ingin dicapai oleh semua negara. Pasti sudah menjadi rahasia umum, bahwa jika negara ingin maju maka pendidikan di negara tersebut harus sangat diperhatikan.Pendidikan merupakan sebuah proses menghasilkan orang-orang yang berkualitas tinggi generasi penerus bangsa. Tentu saja pendidikan disini kita melihat nya dalam dua hal pendidikan, pendidikan karakter dan pendidikan formal. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang masih mempunyai masalah dalam hal pendidikan.Indonesia mempunyai tujuan bernegara "mencerdaskan generasi bangsa" yang merupakan sumbu perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia dapat menghambat sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan dalam mewujudkan Indonesia emas.Salah satu faktor yang menyebabkan terhambat nya pendidikan di Indonesia adalah rendahnya kesempatan dalam pemerataan pendidikan. Perhatian yang diberikan pemerintah dalam dunia pendidikan kepada penduduk didesa berbeda dengan yang berada dikota. Pemerintah yang selalu memfokuskan pendidikan diperkotaan membuat perbedaan yang sangat jauh dengan pendidikan didesa. Sebagai contoh nya adalah dalam hal fasilitas, gaji guru dan akses untuk menempuh perjalanan ke tempat pendidikan. Fasilitas sekolah didesa sangatlah memprihatinkan, sehingga generasi-generasi yang ada didesa takut untuk menghadiri tempat pendidikan tersebut. Kemudian dalam hal gaji guru, gaji guru didesa sangat lah berbeda dengan para guru diperkotaan. Hal inilah yang membuat guru lebih memilih bekerja dikota dari pada harus tinggal didesa nya. Maka tidak heran apabila kualitas pendidikan di desa sangat lah memprihatinkan dan masih belum merata, sebagaimana pendidikan dikota lebih efektif daripada pendidikan didesa.Adapun solusi yang dapat saya tawarkan terkait permasalahan yang ada didunia pendidikan Indonesia adalah dengan cara merubah sistem sosial dalam dunia pendidikan. Pemerintah harus peka terhadap pendidikan-pendidikan yang ada diperdesaan, karena tidak semua orang didesa dapat merantau ke kota. Oleh sebab itu, banyak pemuda-pemudi didesa setelah selesai Sekolah Menengah Atas (SMA) langsung mencari kerja dikarenakan harapan yang pesimis yang didapatkan dari pemerintah. Pemerintah harus mengambil langkah yang pasti untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada didesa dan sesuai kondisi daerah masing-masing. Dalam hal ini pun masyarakat harus saling bahu membahu dan membantu pemerintah untuk merealisasikan program-program pemerintah dalam hal dunia pendidikan.

Perkembangan dunia saat ini memang banyak menuntut perubahan dalam setiap sistem pendidikan nasional menjadi lebih baik dan efisien yang mampu bersaing dalam kancah internasional. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia berarti sumber daya manusia yang terlahir akan semakin baik mutu nya dan mampu bersaing dalam segala bidang baik di tingkat nasional bahkan internasional.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image