Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aji Lugito

Cocok Untuk Diet! 5 Rekomendasi Makanan Rendah Lemak Bebas Kolestrol Jahat

Info Terkini | Thursday, 09 Dec 2021, 19:42 WIB
pixabay

Menjaga pola asupan makanan sangat dianjurkan bagi sebagian orang terutama yang sedang menjalani diet khusus. Kalori juga sangat penting guna memberikan energi agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tetapi terlalu banyak kalori di dalam tubuh sangatlah tidak baik terhadap kesehatan misalnya saja dapat terkena penyakit kolestrol dan obesitas akibat lemak berlebih.

Menurut penelitian di tahun 2017, Jika Anda mengganti 5% karbohidrat dengan jumlah kalori dari lemak jenuh maka dapat menurunkan resiko stroke, hal ini bisa dipastikan Anda harus mengetahui apa saja makanan yang memiliki kandungan lemak yang rendah khususnya bagi mereka yang ingin menerapkan pola gaya hidup sehat ataupun tengah melakukan diet ketat.

Berikut dibawah ini, 5 Makanan Rendah Lemak Ampuh Hindari Kolestrol Jahat :

1. Gandum

Gandum merupakan jenis makanan yang berasal dari biji-bijian yang mengandung banyak serat dengan kandungan protein berbentuk gluten. Makanan dengan biji gandum utuh dapat memperoleh manfaat yang lebih nyata dengan nilai kandunganyang setara dengan mengkonsumsi beras.

Gandum memiliki jumlah kalori sebesar 340 kkAl yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti, kue kering, kerupuk, tepung dan sebagai bahan pembuatan pasta makanan pada spagetti.

2. Beras Merah

Beras merah sebagai salah satu pilihan tepat sebagai makanan sehat rendah lemak yang cocok untuk dikonsumsi oleh siapapun termasuk mereka yang sedang melakukan diet ketat.

Beras merah adalah beras yang memiliki pengelupasan lapisan luar tanpa proses penggilingan. Atas hal ini beras merah mengalami perubahan dari tekstur asalnya yang semula berwarna putih kemudian menjadi warna merah. Beras merah memiliki kandungan vitamin, kalsium, seng, zat besi, serat dan tentunya karbohidrat sebanyak 45.8 gram dari beras biasanya.

3. Sayuran Hijau

Brokoli, Bayam, Timun, Pok Choy, Kale, Selada, Seledri, Mint, Asparagus, Zuchini merupakan jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolestrol dan mengurangi lemak jahat. Selain itu sayuran hijau juga baik untuk pencernaan, kesehatan mata dan sayuran hijau sangat tepat dimasukkan ke dalam daftar menu diet.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan dijuluki sebagai makanan rendah lemak dengan karbohidrat yang tinggi. Harga dari ubi jalar sendiri cukup murah berkisar 5 hingga 7 ribu perkilo dengan memiliki manfaat, antara lain ;

· Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

· Mencegah penyakit diabetes

· Menjaga kesehatan mata.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan pilihan terakhir untuk Anda yang sedang mencari makanan yang memiliki kandungan rendah lemak. Kacang-kacangan memiliki total 347 kalori yang mengandung protein tinggi dan sangat baik untuk Anda yang tengah melakukan diet. Kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan jantung, menurunkan resiko obesitas serta melancarkan pencernaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image