Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sabrina Malika Hasyim

Pentingnya Ekonomi Syariah di Indonesia

Eduaksi | Thursday, 09 Dec 2021, 15:34 WIB

Mengapa Ekonomi Syariah Penting?

Ekonomi Syariah adalah sebuah sistem ekonomi yang memberikan manfaat kepada semua manusia.Pada dasarnya sistem ekonomi syariah adalah sistem ekonomi yang mensyaratkan adanya pengendalian harta di masyarakat sesuai dengan prinsip dan nilai yang menjunjung tinggi keadilan, kenapa harus dikendalikan? karna pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan sifat untuk menyukai dan mengumpulkan harta, tidak adanya upaya pengendalian akan mengakibatkan penimbunan harta yang berlebih.Harta yang mengendap dan tidak mengalir ke perekonomian akan menurunkan produktivitas sektorial yang berujung pada tertahannya akselerasi pertumbuhan ekonomi, oleh karenanya ketika pengendalian harta dilakukan secara efektif, harta akan mengalir optimal menuju investasi dan partisipasi sosial yang pada gilirannya akan mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Alasan Ekonomi Syariah Itu Penting?

1. Mewujudkan Integritas Seorang Muslim

Mewujudkan integritas sebagai muslim yang kaffah sehingga keislamannya tidak diragukan lagi. Mempelajari ekonomi syariah membuat anda sebagai mahasiswa muslim tak lagi bergelut pada ekonomi konvensional.

2. Menambah Nilai Ibadah

Mengamalkan ilmu ekonomi syariah dalam prakteknya sehari-hari tentu menambah nilai ibadah sebagai seorang muslim. Ekonomi syariah merupakan syariat Islam yang memang harus ada di kehidupan setiap muslim.

3. Mendukung Kemajuan Ekonomi Islam

Mempelajari ekonomi syariah bagi mahasiswa berarti membantu mendukung kemajuan lembaga ekonomi umat Islam. Ekonomi syariah bisa diterapkan pada berbagai lembaga seperti bank, pegadaian, asuransi, dan juga Baitul Mal wat Tamwil.

4. Mendukung gerakan Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Mengamalkan ekonomi syariah dengan cara mempelajarinya berarti anda mendukung gerakan Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Dana yang terkumpul pada lembaga keuangan syariah tentu hanya boleh digunakan untuk kebaikan dan tentunya setiap proyek yang menggunakan dana ini harus bersifat halal. Ini tentu juga mampu mendongkrak perkembangan ekonomi Islam.

5. Belajar Ekonomi Syariah Untuk Memperkuat Pengamanan Sosial

Pentingnya belajar ekonomi syariah adalah diharapkan generasi unggul mampu memperkuat pengamanan sosial. Hal ini berdasarkan dana-dana syariah yang bersumber dari zakat, sedekah dan infaq. Dana ini harus bisa dimanfaatkan dengan bijak untuk rakyat yang benar-benar membutuhkan.

Sistem ekonomi syariah awal kehadirannya di Indonesia hanya dijadikan sebagai alternatif solusi krisis moneter, namun saat ini ekonomi syariah tidak lagi hanya sekadar menjadi alternatif, tetapi ekonomi syariah menjadi solusi dalam berbagai persoalan umat manusia. Kita semestinya kita menerapkan sistem ekonomi syariah ini dalam perbankan syariah dengan sungguh-sungguh. Karena sistem ekonomi konvensional yang sudah banyak diterapkan di dunia saat ini yang diuntungkan hanya kelompok tertentu, sehingga cenderung merugikan.Dengan sistem ekonomi syariah dapat membawa perbaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Sistem ekonomi syariah akan otomatis menjadikan rakyat sebagai prioritas, dan pemerintah berkewajiban memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar rakyatnya.

Dengan semakin sadarnya masyarakat akan manfaat ekonomi syariah dalam hal ini mengenai aspek perbankan syariah akan memberikan efek positif dan makin memajukan perekonomian Indonesia. Dan dari data perkembangan perbankan syariah, saya optimis perbankan syariah akan terus maju dan berkembang yang kemudian menjadi dengan menerapkan ekonomi syariah, maka akan menjadi solusi bukan alternatif dalam perekonomian

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image