Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung Koroner

Eduaksi | Thursday, 03 Nov 2022, 22:05 WIB

Solo – Jantung memiliki fungsi yang sangat vital bagi manusia dikarenakan melalui jantung maka nutrisi serta darah diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung merupakan organ tubuh manusia yang tidak akan istirahat seumur hidup dan terus berdetak. Jantung akan istirahat apabila manusia telah meninggal dunia. Makanan merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Pada penderita jantung koroner pada fungsi jantung mengalami gangguan dikarenakan pembuluh darah jantung tersebut mengalami penyumbatan sehingga bisa menyebabkan kegagalan jantung ataupun kematian mendadak. Maka dari itu para penderita jantung koroner harus mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk menjaga jantung supaya tetap sehat.

Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika menjelaskan tentang makanan sehat bagi jantung

Ada 10 makanan sehat bagi jantung yang bisa memberikan nutrisi serta menjaga jantung tetap sehat serta berdetak. Makanan yang pertama adalah sayuran hijau dimana pada sayuran hijau mengandung vitamin C, folat, kalium, kalsium, vitamin E dan serat yang bisa mencegah penyumbatan pada jantung. Sehingga apabila rutin mengkonsumsi makanan ini maka fungsi jantung akan berjalan dengan baik.

Makanan yang kedua adalah Ikan salmon dan tuna, dimana makanan ini sangat bagus bagi penderita jantung koroner dikarenakan tinggi akan kandungan omega 3 dan asam lemak yang memiliki fungsi mencegah peradangan pada pembuluh darah jantung. Penyakit yang ditimbulkan oleh peradangan sangat efektif apabila mengkonsumsi rutin ikan salmon dan tuna setiap hari.

Makanan yang ketiga yang baik untuk kesehatan jantung adalah Oatmeal dimana oatmeal mengandung senyawa anti peradangan dan anti oksidan yang bisa menurunkan kolesterol didalam tubuh manusia. Selain itu Oatmeal juga efektif mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung.

Selanjutnya makanan kacang juga bagus untuk kesehatan jantung dikarenakan memiliki kandungan nitronutrein yang tinggi dimana akan membuat tubuh menjadi kenyang sehingga mengurangi kadar kalori didalam tubuh.

Anggur memiliki kandungan yang bagus untuk jantung dimana dalam kandungan anggur bisa mengurangi ketegangan pada pembuluh arteri pada jantung. Selain itu pada kulit anggur putih bisa melindungi epitel pada pembuluh darah jantung dimana endotel merupakan kulit pada pembuluh darah.

Buah selanjutnya yang bagus untuk kesehatan jantung adalah buah Alpukat dimana buah ini mengandung seperti polifenol, pitosterol, karotenoid, squalene, vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat efektif menurunkan kolesterol didalam tubuh manusia.

Buah beri dan buah apel juga baik untuk kesehatan jantung dimana buah ini dapat enangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan jantung manusia. Selain itu buah apel dan beri apabila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan bisa menurunkan kadar kolesterol didalam darah yang bisa menyebabkan plak pembuluh darah pada jantung.

Selanjutnya makanan sehari – hari yang sering kita konsumsi yaitu Tahu ternyata juga bisa menurunkan kolesterol didalam darah karena kandungan kedelai didalamnya yang dapat menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Yogurt juga sangat baik untuk kesehatan jantung berdasarkan penelitian terutama pada pasien hipertensi atau memiliki riwayat tekanan darah tinggi dimana kandungan didalam Yogurt membuat pembuluh darah mengalami vasodilatasi sehingga menurunkan tekanan darah.

Buah terakhir yang bisa menjaga kesehatan jantung adalah buah Tomat. Dimana buah Tomat ini memiliki kandungan karotenoid, kalsium, vitamin A dan asam gamma-aminobutyric yang apabila dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan kadar Trigliserida didalam darah manusia sehingga bisa mencegah terjadinya Plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa terjadinya penyakit jantung koroner salah satunya adalah disebabkan pola konsumsi yang tidak bagus dimana konsumsi makanan yang tinggi lemak, tinggi kolesterol dan Junkfood menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah. Sehingga kunci utama untuk bebas dari penyakit Jantung Koroner adalah pola hidup sehat dimana kita rutin mengkonsumsi makanan yang sehat bagi kesehatan jantung. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image