Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Selamat, Prodi Pendidikan Agama Islam FAI Unismuh Pertahankan Akreditasi Unggul

Info Terkini | Thursday, 03 Nov 2022, 16:19 WIB
Assesmen Lapangan Secara Luring yang digelar oleh Fakultas Agama Islam Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam Unismuh Makassar

REPUBLIKA, MAKASSAR – Hal yang luar biasa, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dapat pertahankan akreditasi unggulan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Berita gembira tersebut disampaikan Nurhidayah Muchtar MPdI selaku Ketua Prodi (Kaprodi) PAI pada Kamis, 03 November 2022 di Lantai 4 gedung Iqra Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin.

Akreditasi unggul Prodi PAI tertuang dalam SK LAMDIK Nomor 628/SK/LAMDIK/Ak/XI/2022. Menurut Nurhidayah, dari pencapaian tersebut ada beberapa pihak yang berperan penting yaitu, Pimpinan Universitas, Pimpinan FAI, Kaprodi, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Pimpinan Komisariat (PIKOM) IMM.

“Akreditasi kali ini tidak bisa tercapai tanpa kerja sama tim, mahasiswa, lembaga, pimpinan fakultas dan Universitas, demikian pula dosen-dosen. Mereka sangat berperan penting dari bulan Mei sampai proses visitasi,” ungkap Nurhidayah.

“Akreditasi yang dicapai sesuai dengan apa yang diharapkan, karena sebelumnya Prodi PAI telah mencapai akreditasi unggul,” lanjutnya.

Ia juga menceritakan bahwa pengumpulan dokumen akredisi PAI telah dikumpul pada awal tahun 2022.

Nurhidayah menegaskan untuk meraih akreditasi unggul sangat susah karena ada beberapa hal yang akan akan dipertimbangkan, seperti kegiatan di dalam atau kegiatan akademik serta kegiatan mahasiswa diluar kampus atau non-akademik.

“HMJ sangat berperang penting dalam menanggulangi kegiatan mahasiswa non-akademik. Kami sangat berterimakasih atas kontribusi mereka,” tutur Nurhidayah.

Dalam proses meraih akreditasi unggul tersebut, tidak sedikit kendala maupun hambatan yang terjadi. “Kendala pasti ada, tetapi dengan kerja sama tim yang kompak, kendala tersebut tidak ada artinya bagi kami,” ungkap Kaprodi PAI tersebut.

Harapan Nurhidayah selaku Kaprodi PAI kedepannya adalah mampu meningkatkan kualitas layanan mahasiswa dan menarik minat mahasiswa untuk memilih Prodi ini serta membentuk kelas internasional PAI.

Kelas internasional ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswa menggunakan Bahasa inggris dan juga Bahasa arab.

“Untuk program yang akan dibuat dalam kelas ini masih kami susun karena kami mengharapkan yang terbaik untuk kelas ini kedepannya,” ucap Nurhidayah.

Apresiasi Rektor

Selain Prodi PAI, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Magister Pendidikan Islam (MPI) Unismuh juga memeroleh kabar gembira LAMDIK. PBI meraih akreditasi Unggul, sedangkan MPI memeroleh akreditasi Baik Sekali.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse memberi apresiasi atas pencapaian ketiga prodi tersebut. “Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dengan segala kesungguhan, kesabaran, dan keikhlasan untuk mendapatkan akreditasi maksimal,” ungkapnya.

Nakhoda Unismuh ini juga memberi motivasi kepada prodi yang akan mengikuti reakreditasi. “Semoga yang menghadapi reakreditasi juga memasang niat dan melakukan persiapan dengan baik,” ujar Ambo Asse.

Selain itu, ia optimis menghadapi reakreditasi institusi Unismuh tahun 2023, sebagai upaya mencapai akreditasi Unggul tahun 2024.

(Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image