Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aji Lugito

5 Makanan Penambah Darah yang Terbukti Mencegah Anemia

Info Terkini | Wednesday, 08 Dec 2021, 17:37 WIB
sumber: pixabay

Pernahkah badan Anda terasa lemas dan lunglai? Merasa tidak bertenaga saat melakukan aktivitas? Atau Wajah Anda terlihat pucat dengan Kepala yang terasa pusing? Ya, Tanpa disadari kemungkinan besar Anda tengah mengidap penyakit Anemia jika gejala-gejala diatas dirasakan setiap harinya tanpa henti.

Apa itu Anemia?

Anemia merupakan penyakit yang berkaitan dengan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh organ tubuh. Anemia disebabkan oleh rapuhnya sel darah merah yang menyebabkan sistem imun dalam tubuh melemah.

Anemia bukanlah suatu penyakit genetik melainkan banyak faktor yang memicunya seperti ; Kekurangan gizi, Kekurangan vitamin C, kekurangan B12 serta Asam Folat. Namun sebagian orang juga mengidap penyakit kekurangan darah ini yang berasal dari faktor genetik, contohnya saja ; Anemia Sel Sabit.

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Anemia?

Anemia sejatinya tidak dapat dicegah jika berasal dari faktor genetik tetapi penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi sejumlah makanan penambah darah agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Apa saja Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia ?

1. Mengkonsumsi Makanan Laut

Makanan laut memiliki kandungan mineral dan zat besi yang baik untuk membangun sistem kekebalan, memproduksi hormon serta memiliki sifat antioksidan. Inilah alasan mengapa makanan laut sebagai pilihan tepat untuk mencegah anemia, misalnya saja pada ; Udang, Kepiting, Kerang dan Tiram.

2. Hati Ayam atau Sapi

Sebagian orang berpendapat bahwa hati ayam atau jeroan tidak baik untuk dikonsumsi karena mengandung kadar lemak jenuh yang sangat tinggi tentu ini dapat mengundang sejumlah penyakit mematikan seperti stroke akibat menumpuknya kolesterol jahat.

Namun tak banyak orang tahu ternyata hati ayam memiliki manfaat luar biasa untuk mencegah anemia karena hati ayam mengandung vitamin B12 dan zat besi yang menjadi faktor dalam pembentukan sel darah merah.

3. Buah Alpukat

Selain digunakan untuk masker kecantikan, Alpukat kaya akan zat besi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sel, kulit, rambut, dan kuku. Sedangkan asam folat yang terkandung dalam alpukat berperan aktif dalam pertumbuhan tulang dan sel-sel darah merah di dalam organ tubuh.

4. Mengkonsumsi Suplemen Penambah Darah

Selain makanan bernutrisi, Anda juga perlu mengkonsumsi suplemen sebagai asupan nutrisi tambahan untuk tubuh agar guna mencegah beragam jenis penyakit yang menyerang tubuh salah satunya adalah mencegah penyakit kekurangan darah agar tetap aktif dan produktif, misalnya saja ; Suplemen sangobion sebagai suplemen penambah darah.

5. Susu

Penyakit anemia bisa diakibatkan karena kurangnya konsumsi makanan dan minuman bergizi terutama jika Anda kekurangan vitamin B12. Dalam satu cangkir susu terdapat 1 mikrogram vitamin B12 yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, mencegah osteoporosis dan meningkatkan stamina.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image