5 Makanan Penambah Darah yang Terbukti Mencegah Anemia

Image
Aji Lugito
Info Terkini | Wednesday, 08 Dec 2021, 17:37 WIB
sumber: pixabay

Pernahkah badan Anda terasa lemas dan lunglai? Merasa tidak bertenaga saat melakukan aktivitas? Atau Wajah Anda terlihat pucat dengan Kepala yang terasa pusing? Ya, Tanpa disadari kemungkinan besar Anda tengah mengidap penyakit Anemia jika gejala-gejala diatas dirasakan setiap harinya tanpa henti.

Apa itu Anemia?

Anemia merupakan penyakit yang berkaitan dengan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh organ tubuh. Anemia disebabkan oleh rapuhnya sel darah merah yang menyebabkan sistem imun dalam tubuh melemah.

Anemia bukanlah suatu penyakit genetik melainkan banyak faktor yang memicunya seperti ; Kekurangan gizi, Kekurangan vitamin C, kekurangan B12 serta Asam Folat. Namun sebagian orang juga mengidap penyakit kekurangan darah ini yang berasal dari faktor genetik, contohnya saja ; Anemia Sel Sabit.

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Anemia?

Anemia sejatinya tidak dapat dicegah jika berasal dari faktor genetik tetapi penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi sejumlah makanan penambah darah agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Apa saja Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia ?

1. Mengkonsumsi Makanan Laut

Makanan laut memiliki kandungan mineral dan zat besi yang baik untuk membangun sistem kekebalan, memproduksi hormon serta memiliki sifat antioksidan. Inilah alasan mengapa makanan laut sebagai pilihan tepat untuk mencegah anemia, misalnya saja pada ; Udang, Kepiting, Kerang dan Tiram.

2. Hati Ayam atau Sapi

Sebagian orang berpendapat bahwa hati ayam atau jeroan tidak baik untuk dikonsumsi karena mengandung kadar lemak jenuh yang sangat tinggi tentu ini dapat mengundang sejumlah penyakit mematikan seperti stroke akibat menumpuknya kolesterol jahat.

Namun tak banyak orang tahu ternyata hati ayam memiliki manfaat luar biasa untuk mencegah anemia karena hati ayam mengandung vitamin B12 dan zat besi yang menjadi faktor dalam pembentukan sel darah merah.

3. Buah Alpukat

Selain digunakan untuk masker kecantikan, Alpukat kaya akan zat besi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sel, kulit, rambut, dan kuku. Sedangkan asam folat yang terkandung dalam alpukat berperan aktif dalam pertumbuhan tulang dan sel-sel darah merah di dalam organ tubuh.

4. Mengkonsumsi Suplemen Penambah Darah

Selain makanan bernutrisi, Anda juga perlu mengkonsumsi suplemen sebagai asupan nutrisi tambahan untuk tubuh agar guna mencegah beragam jenis penyakit yang menyerang tubuh salah satunya adalah mencegah penyakit kekurangan darah agar tetap aktif dan produktif, misalnya saja ; Suplemen sangobion sebagai suplemen penambah darah.

5. Susu

Penyakit anemia bisa diakibatkan karena kurangnya konsumsi makanan dan minuman bergizi terutama jika Anda kekurangan vitamin B12. Dalam satu cangkir susu terdapat 1 mikrogram vitamin B12 yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, mencegah osteoporosis dan meningkatkan stamina.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Freelancer Blogger

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Dapat Sertifikat Vaksinasi Standar WHO untuk Perjalanan

Image

2 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Secara Mudah Lewat Sms dan Aplikasi

Image

GB WhatsApp Pro (Resmi) Apakah Aman?

Image

Penerapan Media Video Sebagai Perantara Pembelajaran Mawaris Di Kalangan Keluarga Islam

Image

Cara Download Lagu Mp3 Dari Youtube Secara Gratis

Image

Menambah Kecepatan Game, Apk X8 Speeder Versi Terbaru 2022 No Root

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image