Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arrumy Marwa

Kondisi Peternakan Sapi di Kampung Cikoneng

Bisnis | Wednesday, 26 Oct 2022, 11:24 WIB

Bandung - Kampung Cikoneng memiliki jumlah peternak sapi perahlebih kurang 150 KK dimana salah satu kelompok peternakberanggota sebanyak 55 orang anggota dengan jumlah sapiyang dipelihara sebanyak 300 ekor. Dari satu kelompokkampung Cikoneng I dapat menghasilkan susu sebanyak 2500 liter/hari. Sementara itu, untuk limbah yang dihasilkan daripeternakan di kampung Cikoneng I, dalam satu kelompokpeternak Cikoneng I dapat diasumsikan berjumlah 7500 kg/hari atau setara dengan 7,5 ton/hari jika diasumsikanbahwa satu ekor sapi perah dewasa yang laktasi dengan bobotbadan 400-450 kg menghasilkan 25 kg manure.

Masyarakat kampung Cikoneng I sebagian besar berpofesisebagai peternak sapi perah namun ada beberapa orang juga mengembangkan ternak ruminansia kecil seperti domba. Daerah Cikoneng I yang berada di wilayah lereng gunungManglayang sangat mendukung potensi pengembangan sapiperah yang baik. Peternak di kampung Cikoneng I membentuk suatu kelompok peternak yang bernamaKelompok Peternak Sapi Perah Manglayang.

“Dalam satu hari, satu kelompok peternak dapatmengumpulkan susu ke tempat pengumpulan susu (TPS) sebanyak lebih kurang 3000 liter. Namun dari segi peralatanyang digunakan masyarakat masih menggunakan ember sebagai tempat penapungan susu dari kandang masing-masing. Bahkan untuk tempat pengumpulan susu sendirimasih menggunakan tong biru dan jerigen yang berbahanplastik” Kata Rini selaku ketua karang taruna

Menurut pendapat Rini “bahwa peralatan yang dipergunakanuntuk memerah dan penampungan susu harus terbuat daribahan-bahan yang tidak mudah bereaksi, kuat, tahan lama, dan mudah dibersihkan . Peralatan tersebut terbuat dari bahanantikarat atau stainless, aluminium maupun bahan lainnya, dan jangan sekalikali menggunakan bahan terbuat daritembaga atau besi”.

Kondisi usaha peternak di kampung Cikoneng I termasukskala usaha menengah dengan populasi sapi perah paling banyak sampai pada 60 ekor, namun beberapa peternak masihtermasuk dalam skala usaha kecil dengan kepemilikan kurangdari sepuluh ekor

Usaha peternakan rakyat mempunyai ciri antara lain skalausaha kecil atau rumah tangga dengan tipologi sebagai cabangusaha, teknologi sederahana, produktivitas rendah, mutuproduk kurang terjamin, belum sepenuhnya berorientasi pada pasar, dan belum peka terhadap berbagai perubahan.

“Peternakan yang ideal addalah peternakan yang sudahmenerapkan manajemen dari hulu hingga hilir produksi suatuusaha peternakan. Pada pelaksanaannya peternakan sapiperah di Cikoneng I merupakan salah satu sentra peternakanyang memiliki potensi baik dari segi produksi maupunpemasaran produk peternakan langsung. Salah satunya adalahpemasaran produk olahan peternakan dapat dilakukan di tempat dan di rumah warga yang berada di pinggir jalan, halini dikarenakan Cikoneng merupakan wilayah yang dilaluiwisatawan saat mengunjungi wisata alam batu kuda. Oleh karena itu, Cioneng sendiri menyimpan potensi pemasaranyang baik bagi usaha olahan produk susu”. Kata Rini

Reporter : Arrumy Marwa.P

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image