Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dimas Rahmat Naufal Wardhana

Administrasi Publik, yang Perlu Kita Ketahui

Eduaksi | Tuesday, 25 Oct 2022, 16:58 WIB
From: Canva

Para mahasiswa baru terutama mereka yang berada atau menjadi mahasiswa Administrasi Publik, di sana mereka bertanya-tanya mengenai administrasi sendiri apa yang dilakukannya, mengapa pelajaran ini ada, dan sebagainya.

Cukup menarik sebenarnya membahas jurusan yang satu ini, karena karakteristik yang tersedia menjadi bukti ilmu administrasi perlu diterapkan dalam kehidupan. Baik kehidupan negara, kehidupan organisasi, dan yang terpenting kehidupan pribadi.

Adanya administrasi berawal dengan melalui analisis sejarah dapat dilacak dan diketahui bahwa pada kira-kira tahun 1300 SM, bangsa Mesir telah mengenal Administrasi. Max Webber, seorang sosiolog berkebangsaan Jerman yang terkemuka pada zamannya, meyakini Mesir sebagai satu-satunya Negara yang paling tua yang memiliki administrasi birokratik.

Demikian juga di Tiongkok kuno, dapat diketahui tentang konstitusi Chow yang dipengaruhi oleh ajaran Confucius dalam “Administrasi Pemerintahan”. Dari Yunani (430 SM) dengan susunan kepengurusan Negara yang demokratis, Romawi dengan “De Officiis dan “De Legibus”nya Marcus Tullius Cicero; dan abad 17 di Prusia, Austria, Jerman, dan Prancis dengan kameralis, yang mengembangkan ilmu Administrasi Negara, misalnya sistim pembukuan dalam hal Administrasi Keuangan Negara, Merkanitilis (sentralisasi ekonomi dan politik) dan kaum Fisiokrat yang berpengaruh selama kurun waktu 1550-1700-an.

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan ilmu administrasi pun mengikuti arusnya waktu yang semakin di modernisasi dan sesuai dengan gaya hidup masyarakat di setiap zaman. Kembali lagi kepada apa yang didapat, kerja atau kehidupan seperti apa dan lainnya. Tentu Adminsitrasi bisa kita terapkan ke diri kita masing-masing.

Terutama jadwal kita dalam mengeluarkan biaya yang tepat. Seperti tidak sampai uang kita habis begitu saja, dengan pengelolaan yang baik, dan cermat pasti akan menghemat. Bagi kalian yang tinggal di kost sebagai ajang latihan kalian, karena jika kita melatih diri dan berpikiran untuk berhemat suatu saat akan membuahkan hasil. Di mulai dari kalian bisa mengelola uang dengan baik, bahkan beradministrasi dengan waktu yaitu mengelola waktu yang baik berdasar kehidupan sehari-hari.

Ketika kita sudah masuk ke ruang lingkup Administrasi, kalian akan diajarkan di saat kelas berlangsung, seperti halnya melatih kehidupan administrasi di keseharian kita. Lalu Administrasi bisa kita lihat di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Kita tahu bahwa dinas ini merupakan salah satu unsur pelaksana pemerintah daerah yang dipimpin kepala dinas dan bertanggung jawab penuh pada bupati melalui sekretaris daerah.

Selain itu di dalam lingkup administrasi ada kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang mencakupi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan secara teratur untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan. Semua orang, semua organisasi, perusahaan, instansi, bahkan negara pasti memiliki tujuan dan ingin mencapainya. Untuk mencapai tujuan tersebut harus bisa mengatur dan mengelola dengan rapi segala urusan yang ada di dalamnya.

Oleh sebab itulah dalam sebuah organisasi atau bahkan cakupan yang lebih besar misalnya negara butuh yang namanya administrasi, karena tugas-tugas seperti menyusun agenda, mengurus persuratan, penjadwalan, dll itu dilakukan oleh seorang administrator. Administrasi bukan hanya suatu jenis kegiatan, aktivitas pekerjaan perbuatan, tindakan ataupun usaha. Tetapi kegiatan yang dilakukan tidak hanya satu macam melainkan merupakan suatu rangkaian kegiatan.

Peran administrasi sangat besar sebab semua yang berkelompok dan memerlukan manajemen pasti terdapat pemimpin didalamnya, sedangkan inti dari manajemen adalah kepemimpinan dan untuk menciptakan kepemimpinan yang baik proses administrasi didalamnya harus efektif dan efisien.

Lantas seberapa besar pentingnya administrasi itu? administrasi berperan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti meningkatkan keteraturan baik dari segi pemikiran, perilaku dan juga masyarakat. Sehingga terdapat hal yang lebih dahulu dikerjakan dan dalam administrasi berusaha untuk membantu, melayani, mengarahkan dan mengatur untuk mencapai tujuan yang lebih efektif dan efisien. Sebab tanpa administrasi yang baik, maka kegiatan tersebut akan terhambat atau berjalan lambat.

Memang belajar beradministrasi diperlukan untuk lebih disiplin dalam setiap manajamen, selain belajar untuk individu, organisasi, perusahaan, tidak lupa juga administrasi sudah jelas berhubungan dengan negara, makanya ada nama administrasi negara lalu diubah ke administrasi publik, karena administrasi kembali lagi kepada pelayanan masyarakat. Jadi kata publik mengacu pada masyarakat itu sendiri.

Apa yang dilakukan di masa depan dalam administrasi, kita bukan hanya bekerja di lingkup pemerintah, tapi kita bisa menciptakan organisais itu sendiri dengan pemahaman administrasi yang tentu tidak di luarnya tapi belajar mengenai pengelolaan, beradministrasi, faktor SDM, dan banyak lainnya.

Begitulah mengenai Administrasi secara kasarnya atau awalan untuk memberitahu kepada kalian, administrasi ternyata seperti ini, prospek kerjanya juga luas, bisa bermanfaat bagi diri sendiri. Berharap kalian tidak ada kata salah jurusan, justru kalian harus menikmatinya car akita menjadi administrator yang baik demi pemerintah yang baik pula.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image