Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Djoko Soegiyanto, S.Pi, S.Pd, M.Pd.I

Yayasan Ukhuwah Bersinergi Memulihkan Pendidikan dengan Tetap Mengedepankan Penerapan Protokol Keseh

Guru Menulis | Sunday, 23 Oct 2022, 05:46 WIB

Rekam jejak pendidikan dapat dilihat dari seberapa besar sebuah yayasan memberikan kontribusi positip kepada masyarakat sekitar. Banjarmasin dikenal dengan kota seribu sungai merupakan saksi sejarah bahwa ada sebuah lembaga pendidikan yang secara istiqomah dan terus menerus memberikan kontribusi positipnya dalam hal pendidikan yaitu Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan. Keberadaan Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan merupakan ujung tombak dunia pendidikan yang memang dirintis dengan usaha yang tidak mudah. Banyak pengorbanan baik waktu, tenaga dan pikiran hingga beberapa pendiri dan guru ada yang sudah meninggal dunia dalam proses membangun dan mengokohkan Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan agar tetap eksis hingga sekarang. Semoga mereka mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah swt .aaamiiin.

Dari bangunan yang hanya meminjam, kemudian ada orangtua murid yang menghibahkan tanah beliau untuk dijadikan sebagai bangunan sekolah sampai berkembang pesat hingga sekarang. Bahkan sekarang Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan memiliki gedung baru dimana mampu memfasilitasi siswa yang ingin belajar, menunut ilmu dan menjadi generasi yang berakhlak, berprestasi, mandiri dan berwawasan lingkungan terdiri dari PAUD Islam Terpadu Ukhuwah, SD Islam Terpadu Ukhuwah dan SD Islam Terpadu Ukhuwah 2, SMPIT Ukhuwah, SMAIT Ukhuwah Banjarmasin (baik yang fullday dan boarding) serta SMPIT HQBS Banjarbaru. Siswanya pun dapat dikategorikan sebagai siswa terbanyak di kota Banjarmasin.

Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan didirikan pada tanggal 26 Oktober 1993. Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan diawal kiprahnya bermula dari sekumpulan pemuda baik praktisi, pengajar maupun mahasiswa yang memiliki kekhawatiran untuk menentukan sekolah yang terbaik untuk anak mereka, dimana mereka menginginkan selain siswa mendapatkan pengetahuan secara kognitif namun mereka juga diberikan pengetahuan agama bermuatan keIslaman. Akhirnya dengan bermodalkan tekad, semangat dan kemauan yang kuat mereka pun mulai merintis untuk mendirikan sebuah sekolah Islam Terpadu dimana mereka sendiri yang menjadi pengajar dan gurunya.

Perjuangan yang ikhlas tidak akan mengkhiati hasil karena sekarang Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan sudah sangat berkembang pesat. Baik dari sisi jumlah ruangan kelas, jumlah siswanya, maupun kondisi bangunan yang semakin lengkap dengan sarana dan prasarananya. Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan beralamat di jalan. Lingkar Dalam Selatan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70249.

Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan memiliki visi yang sangat inovatif dan dinamis yaitu menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan mandiri. Karena kondisi pendidikan sekarang juga akan semakin berkembang demikian pula kurikulum yang akan diterapkan dalam bidang pendidikan masing-masing. Di tahun 2022 Pemerintah mengharapkan agar semua satuan pendidikan dapat menerapkan Kurikulum Merdeka dalam setiap aktivitas pembelajaran di sekolah. Selain itu adanya program guru penggerak yang bisa dijadikan sebagai motor dan role model dalam berkolaborasi untuk memajukan dunia pendidkan banua. Karena untuk memajukan dunia pendidikan diperlukan sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah, Dinas Pendidikan Kota setempat serta stakeholder lainnya untuk memastikan bahwa pendidikan di banua khususnya akan semakin baik dan berkualitas.

Sampai pada suatu titik bangsa Indonesia mengalami Pandemi Covid-19 yang hampir melumpuhkan semua bidang kehidupan baik sosial, ekonomi, budaya dan dunia pendidikan itu sendiri. Dampaknya pun sangat dirasakan oleh Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan. Hampir 2 tahun lebih pihak Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan mengatur strategi dan menyusun alternatif pemecahan agar dapat tetap bertahan di masa-masa sulit itu. Alhamdulilla berkat pertolongan Allah swt dan kerjasama serta kolaborasi yang baik antara pihak sekolah, dinas pendidikan kota, siswa, guru dan orangtua alhamdulillah semua tahapan tersebut dapat dilalui dengan baik oleh Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan. Proses yang memang harus dilalui oleh Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan insya Allah, Alah swt akan memberikan kekuatan semoga Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan tetap eksis dan berkontribusi positip dalam dunia pendidikan banua khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.

Proses peralihan pandemi ke endemi jangan sampai melalaikan kita untuk terus menerapkan protokol kesehatan 5M karena disaat kondisi peralihan ini yang justru perlu kewaspadaan yang tinggi. Alhamdulillah Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan telah melengkapi fasilitas kesehatan seperti wastafel cuci tangan di semua unit pendidikan yang dimiliki. Tentunya dengan sarana dan prasarana yang lengkap harus diimbangi dengan kesadaran yang baik dari siswa, guru dan orangtua untuk tetap mendukung agar senantiasa menjaga kesehatan.

Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan selalu berinovasi dari waktu ke waktu, karena pihak Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan sangat menyadari bahwa perkembangan zaman selalu dinamis demikian pula dengan kurikulum pendidikan yang digunakan dalam sebuah sekolah. Untuk itu Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan membuat program In House Training, Pelatihan Guru, Pendidikan dan Latihan Guru, Seminar dan Pelatihan kepada guru dan tenaga pengajar yang ada di lingkungan Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengupgrade dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar karena kompetensi dan kemampuan guru diharapkan untuk selalu diasah dan ditingkatkan agar dapat menjadi seorang guru yang professional di bidangnya artinya guru yang mampu menginspirasi dan bertanggung jawab terhadap profesi yang digelutinya. Selain itu poin pentingnya adalah bagaimana seorang guru (baca:pendidik) mampu menjadi teladan terbaik bagi siswa kita maupun bagi diri kita sendiri.

Keteladanan merupakan hal yang langka dewasa ini karena dengan hal tersebut diharapkan siswa mampu mencontoh semua aktivitas yang dilakukan oleh guru. Sehingga ada peribahasa menyatakan bahwa apabila guru kencing berdiri maka murid akan kencing berlari. Hal ini mengandung makna bahwa besarnya peran dan keteladanan seorang guru dalam memastikan keberhasilan dalam pencapaian tujuan pendidikan.

Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan menyadari betul bahwa keteladanan menjadi kunci utama dalam keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan meluncurkan program Kiswah (Kajian Islam Ukhuwah) dimana sebagai pengisi acaranya adalah pendiri Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan yaitu ustadz Husaini Suni, Lc. Selain itu Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan melalui unitnya masing-masing juga memprogramkan supervisi yang dilakukan oleh masing-masing Kepala Sekolah terhadap semua guru dengan tujuan agar guru mampu menemukan kekuatannya dalam mengajar dan meningkatkan kualitas mengajar guru agar semakin baik ke depannya. Selain itu ada pula supervisi rekan sejawat yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan belajar menerima masukan dari orang lain atas kemampuan mengajar kita. Sehingga apabila ditemukan nilai positip silahkan untuk dikuatkan, dan apabila ditemukan sesuatu hal yang perlu diperbaiki maka guru akan senang hari untuk berubah dan belajar.

Selain itu Yayasan Ukhuwah juga mengikutsertakan semua guru yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi Guru penggerak dan menjadikan semua unit pendidikan baik PAUD, SD, SMP dan SMA menjadi sekolah penggerak. Sehingga akan lahir guru-guru dan pengajar praktik yang mampu berbagi ilmu kepada sekolah lain untuk memberikan pencerahan pendidikan kepada sekolah-sekolah baik swasta maupun sekolah negeri.

Program lainnya antara lain Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan melakukan studi banding ke sekolah-sekolah yang dianggap mampu menjadi role model positip sehingga akan mampu memberikan nilai positip bagi perkembangan dunia pendidikan serta Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan akan mampu mencetak lulusan siswa yang berakhlak, berprestasi, mandiri dan berwawasan lingkungan.

Selain itu Yayasan Ukhuwah Kalimantan juga biasanya diminta mengirimkan trainer pendidikan oelh sekolah lain untuk memberikan materi pelatihan-pelatihan dengan tema pendidikan, misalnya bagaimana seorang guru memanajemen kelas dalam Pelatihan Classroom Management di suatu daerah. Pernah juga Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan melalui salah seorang gurunya yang dikirim untuk mengisi pelatihan Classroom Management di SD Islam Terpadu Darul Fikri di Balangan.

Menjadi seorang guru merupakan panggilan jiwa karena hanya dengan mindset seperti inilah seorang guru akan mampu terus belajar meningkatkan kemampuan mengajar dari waktu ke waktu. Terus mengasah kompetensi diri baik dilakukan secara pribadi maupun kelompok agar kualitas pembelaajran yang kita hasilkan akan benar-benar memberikan makna dan nilai yang sangat berarti dalam setiap perkembangan siswa kita di sekolah kita yang dinaungi oleh Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan.

Karena dahulu menjadi seorang guru mungkin hanya sekedar menjadi batu loncatan karena mereka belum diterima menjadi seorang pegawai negeri sipil. Namun sekarang mindset itu perlahan-perlahan berubah dengan semakin berkembangnya Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan menjadi lembaga pendidikan yang disegani dan dinilai memiliki kualitas yang baik dalam mendidik siswa. Sebagian besar orangtua pun sudah sering memberikan testimoni bahwa lembaga pendidikan Yayasan Ukhuwah mampu memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka bahkan orangtua yang memiliki anak tiga orang semuanya masuk di Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan. Mereka sangat bangga dan bersyukur dengan hadirnya lembaga pendidikan Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan mampu memfasilitasi akan mereka dalam belajar dan berkembang.

Akhirnya dengan mengharapkan doa dari Allah swt semoga Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan yang merayakan milad yang ke-29 tahun tetap berkiprah di dunia pendidikan, senantiasa terus melakukan inovasi pembelajara agar lulusan peserta didik yang akan dihasilkan akan semakin berkualitas dan mampu siap bersaing di masa yang akan datang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image