Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tori tarkam

10 Tanda Kecakapan Khusus Pramuka yang Harus Pelajar Ketahui

Eduaksi | Saturday, 22 Oct 2022, 14:47 WIB

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti warga muda yang bekerja atau anak muda yang suka berkarya.

Setiap anggota Pramuka bisa dibagi menjadi beberapa tingkatan, seperti siaga, penggalang, penegak, dan pandega.

Salah satu hal yang menarik tentang Pramuka adalah apresiasi yang diberikan kepada anggota Pramuka. Apresiasi tersebut berupa pemberian Tanda Keahlian Khusus atau TKK.

Tanda ini merupakan bentuk apresiasi terhadap keterampilan atau kemampuan yang dimiliki seseorang dalam bidang tertentu.

Apa yang Dimaksud Tanda Kecakapan Khusus Pramuka?

Tanda Kecakapan Khusus Pramuka adalah tanda yang diberikan kepada anggota Pramuka yang sudah berhasil menunjukkan prestasi di bidang tertentu. Prestasi yang dimaksud, seperti keterampilan, kemampuan, sikap, dan ketangkasan.

Tanda-tanda Kecakapan Khusus yang dimiliki setiap anggota tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan setiap anggota mempunyai kemampuan, sikap, keterampilan, dan ketangkasan yang berbeda-beda.

Dalam tingkatan Pramuka siaga, penggalang dan penegak, ada beberapa Tanda Kecakapan Khusus yang bisa diperoleh yaitu:

Tanda Kecakapan Khusus Pramuka

1. Pertolongan Pertama TKK dalam Kecelakaan disingkat P3K

TKK pertama yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka ialah P3K TKK. TKK P3K merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh anggota Pramuka dalam hal memberikan pertolongan pertama kepada penderita yang sakit atau cedera.

Pertolongan pertama TKK merupakan TKK wajib pertama karena dalam kegiatan Pramuka setiap anggota bisa sakit dan terluka secara tiba-tiba sehingga untuk mengatasi masalah ini anggota Pramuka harus mengetahui dasar-dasar Pertolongan Pertama.

P3K TKK termasuk dalam SKK bidang sosial, kemanusiaan, gotong royong, ketertiban, perdamaian dunia, kemasyarakatan, dan lingkungan hidup. Hal ini karena pertolongan pertama bisa berupa sesuatu yang berhubungan dengan kemanusiaan dan dapat membantu orang yang sedang dalam kesulitan atau saling membantu.

2. TKK Pengatur Ruangan

TKK kedua yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka ialah TKK penyelenggara ruangan.

Penyelenggara ruangan TKK merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh anggota Pramuka dalam hal menata ruangan seperti dekorasi, tata letak.

Pada dasarnya TKK untuk pengelolaan ruangan hampir sama dengan TKK untuk pengelolaan rumah. Hal yang membedakan kedua TKK tersebut adalah tingkat Pramuka.

TKK pengelola ruangan untuk anggota Pramuka siaga, sedangkan TKK kontrol rumah untuk Pembina Pramuka, penegak, dan anggota Pandega.

3. TKK Pengamat

TKK ketiga yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka ialah TKK ppengamat. TKK pengamat merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan anggota Pramuka dalam menggunakan panca inderanya.

Seorang anggota Pramuka yang telah menerima TKK pengamat bisa mengamati, mengenali, dan mengingat sesuatu. Ketiga hal ini sangat penting dalam kegiatan Pramuka terutama saat berkemah karena bisa mengurangi resiko tersesat.

4. TKK Juru Masak

TKK selanjutnya yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka ialah TKK juru masak. TKK juru masak merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan anggota Pramuka dalam hal memasak.

Memasak yang dimaksud mulai dari menyiapkan air minum, mencuci piring, menyalakan api dengan kayu tanpa minyak, menyusun menu, hingga mengetahui nilai gizi yang terkandung dalam suatu makanan.

Dari segi keterampilan, memasak membuat seseorang terampil karena ia bisa melakukan berbagai hal dalam satu kegiatan. Sedangkan dari segi perkembangan, memasak dapat membangun rasa tolong-menolong.

5. TKK Berkemah

TKK berkemah merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan anggota Pramuka dalam hal berkemah atau bermalam di alam. Pemberian apresiasi ini wajib karena hampir kegiatan Pramuka selalu identik dengan kegiatan alam.

Seseorang yang sudah mendapatkan TKK Perkemahan berarti telah mempunyai keterampilan di bidang keterampilan dan pengembangan. Bidang keahlian, bisa membangun atau mendirikan tenda.

TKK berkemah merupakan salah satu yang termasuk dalam SKK bidang pengembangan keterampilan dan teknik.

6. TKK Penabung

Tkk penabung merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan anggota Pramuka dalam hal menabung. Kegiatan menabung perlu dilakukan karena uang yang ditabung akan berguna di masa yang akan datang.

Seorang anggota Pramuka yang telah menerima TKK penabung berarti telah mempunyai buku tabungan, dapat mengelola tabungan Pramuka, sehingga memahami beberapa istilah, seperti deposito, giro, cek, dan sebagainya.

7. TKK Menjahit

TKK menjahit merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan anggota Pramuka dalam hal menjahit.

Dalam kegiatan Pramuka menjahit merupakan salah satu hal yang perlu dimiliki. Oleh sebab itu, TKK menjahit merupakan bagian dari TKK yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka.

Kegiatan menjahit diperlukan untuk memperbaiki selimut yang sobek, baju yang sobek, bendera yang sobek, dan lain sebagainya.

Seorang anggota Pramuka yang telah menerima TKK menjahit bisa dikatakan bahwa anggota tersebut dapat membuat sapu tangan, dapat menambal kain yang sobek, dan dapat menjahit celana panjang.

Dengan demikian TKK menjahit untuk menunjukkan bahwa anggota tersebut memiliki keterampilan.

8. TKK Juru Kebun

TKK kedelapan yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka ialah TKK tukang kebun. TKK juru kebun merupakan bentuk apresiasi terhadap kemampuan yang dimiliki oleh anggota Pramuka dalam hal kegiatan berkebun atau bercocok tanam.

Kegiatan dalam Pramuka selalu identik dengan alam. Oleh sebab itu, TKK tukang kebun wajib dimiliki oleh setiap anggota Pramuka.

TKK juru kebun yang dimiliki oleh seorang anggota Pramuka berarti orang tersebut telah memahami minimal 2 jenis tanaman, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Bukan hanya itu, di tingkat tertinggi TKK juru kebun, anggota Pramuka sudah bisa mengetahui pentingnya bibit unggul dan tahu dimana mendapatkannya. TKK juru kebun termasuk dalam SKK pengembangan keterampilan dan teknik.

9. TKK Keamanan desa

TKK kesembilan yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka adalah TKK keamanan desa. TKK keamanan desa merupakan bentuk apresiasi atas kemampuan anggota Pramuka dalam membantu warga mengamankan desa.

Anggota yang sudah memperoleh TKK keamanan desa berarti telah membuat laporan atau melaporkan suatu peristiwa kejahatan atau kekerasan yang terjadi di desa dan segera melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

TKK keamanan desa termasuk dalam SKK bidang sosial dan kemanusiaan, gotong royong, ketertiban umum, perdamaian dunia, dan lingkungan hidup.

10. TKK gerak Jalan

TKK terakhir yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka adalah TKK berjalan. Hal yang paling mendasar untuk mendapatkan TKK ini adalah mampu melakukannya dengan baik, bangun dan berjalan dengan cepat atau lambat.

TKK berjalan sama dengan TKK pengamat, keduanya termasuk dalam TKK kelincahan dan kesehatan. Dalam kegiatan Pramuka jalan kaki ini sangat dibutuhkan terutama saat berkemah.

Dengan berjalan kaki, anggota Pramuka bisa menentukan tempo berjalan sesuai dengan kebutuhannya.

Dari segi ketangkasan, anggota Pramuka mampu berjalan dengan jarak yang cukup jauh. Sedangkan dari segi kesehatan, jalan kaki mampu menyehatkan tubuh anggota Pramuka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image