Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apron IDN

Keren...Ibu-Ibu di Bandara Datah Dawai Ikut Lestarikan Hudoq Pekayang

Info Terkini | Friday, 21 Oct 2022, 11:40 WIB

MAHAKAM ULU ( apron-idn ) : Beberapa hari lalu, persisnya Jumat (14/10/2022) sore hingga Sabtu (15/10/2022) dini hari, ratusan warga dari 10 kampung di Kecamatan Long Pahangai memadati lapangan di Kampung Data Naha, Kecamatan Long Pahangai.

Ada apa?

DWP UPBU Datah Dawai antusias sambut Festival Hudoq Pekayang 2022. Foto: @datahdawaiairport

Ada Festival Hudoq Pekayang 2022. Festival dibuka dengan tetabuhan Tuvung diiringi Tawak oleh Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh bersama wakilnya Yohanes Avun.

Saat itu Bupati Bonifasius Belawan Geh mengajak masyarakat untuk bersyukur karena bisa membuka acara adat Hudoq Pekayang 2022 yang sudah tertunda hampir tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Masyarakat menyambutnya dengan tepuk tangan meriah.

Beginilah aksi ibu-ibu DWP Bandara Datah Dawai. Foto: @datahdawaiairport

Setiap tahunnya, Hudoq Pekayang digelar bergantian oleh 13 kampung di Kecamatan Long Pahangai. Gelaran ini diisi dengan berbagai tarian dan musik khas Suku Dayak seperti Tari Hudoq diselingi petikan Sapeq.

Bupati Bonifasius menjelaskan, Festival Hudoq diadakan menjelang musim menuggal – menanam padi dalam istilah lokal pada bulan September – Oktober. Maknanya, memohon berkat tuhan agar padi yang ditanam menghasilkan bulir yang berlipat hingga membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Pesona Hudoq Pekayang. Foto @datahdawaiairport

Nah, terkait festival tersebut Dharma Wanita Persatuan (DWP) UPBU Datah Dawai menyambut antusias Festival Hudoq Pekayang.

Antusias itu bisa dilihat di laman instagram Bandara Datah Dawai. Ibi-ibu dengan pakaian adat ikut memeriahkan Hudoq Pekayang. Ibu-ibu pun betharap memohon berkat Tuhan. Setidaknya bandara pun bisa membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Ajakan mereka, "Yuk kita lestarikan kebudayaan lokal yang merupakan identitas bangsa agar terus dikenal generasi".

Mantap. ( apron-idn )

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image