Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image HUMAS LPN Purwokerto

Hidupkan Kembali Rencana Relokasi Lapas Pekalongan, Kakanwil Jateng Audensi Dengan Bupati Pekalongan

Info Terkini | Wednesday, 19 Oct 2022, 08:30 WIB

PEKALONGAN- Sempat tertunda, rencana relokasi Lapas Kelas IIA Pekalongan kembali digulirkan.

Sebagai langkah "permulaan", Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng DR A Yuspahruddin bersama Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Budhiarso Widhyarsono serta Kepala Lapas Pekalongan Imam Purwanto melakukan audiensi dengan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan M.Yulian Akbar, Selasa (18/10).

Pertemuan di ruang rapat Kantor Bupati itu membahas komitmen kedua belah pihak untuk menghidupkan kembali rencana relokasi Lapas Pekalongan.

Diketahui, sebelumnya Pemda Kabupaten Pekalongan telah menyediakan lahan guna relokasi, namun karena lokasi dimaksud kurang representatif, akhirnya rencana pembangunan Lapas Pekalongan Baru terhambat.

Pada pertemuan itu, Bupati dan Sekda Pekalongan memastikan bahwa Pemda Kabupaten Pekalongan tetap memberikan dukungan penuh atas rencana tersebut.

Prinsipnya, Pemda Kabupaten Pekalongan kembali bersedia untuk menyediakan lahan yang sesuai kriteria.

"Kami (Pemda Kabupaten Pekalongan) memberikan support full, karena memang kami juga prihatin Lapas Pekalongan yang sering terkena musibah banjir musiman," ujarnya Sekda menyampaikan pandangan.

Sebagai penunjang, Yulian mengharapkan adanya surat resmi terkait permohonan pengadaan lahan tersebut.

Sependapat dengan Sekdanya, Bupati Pekalongan juga memberikan pendapat yang sama.

Sebagai catatan, Fadia mengharapkan kepastian dalam bentuk tertulis, bahwa ketika lahan telah disediakan, Lapas Pekalongan dapat segera dibangun.

Atas tanggapan yang baik, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng menyampaikan rasa terima kasihnya.

Yuspahruddin memastikan, Kanwil Kemenkumham Jateng akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan ini dengan menyampaikan permohonan resmi dan berkoordinasi langsung dengan pusat.

"Kami segera tindaklanjuti. Kami akan berproses dengan cepat. Dan mudah-mudahan kami bisa segera melihat lahan yang diproyeksikan tersebut sebagai bahan pendukung koordinasi kami dengan pusat," ujar Yuspahruddin menanggapi.

Pada kesempatan itu juga, selepas pertemuan, Tim Kanwil Kemenkumham Jateng langsung meninjau lahan calon Lapas Pekalongan Baru yang berada di Desa Kutorejo.

Turut juga bergabung para Kepala UPT se Eks Karesidenan Pekalongan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image