Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Prodi Pendidikan Matematika Raih Akreditasi Unggul, Unismuh Optimis Capai Akreditasi Institusi Unggu

Info Terkini | Tuesday, 18 Oct 2022, 15:53 WIB
Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda MT IPM

REPUBLIKA, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar semakin optimis meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unggul. Optimisme itu semakin menguat, setelah program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh baru saja meraih predikat unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian Rektor (PHR) Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda, di Kampus Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Selasa siang, 18 Oktober 2022.

Pencapaian Pendidikan Matematika tersebut, menambah jumlah prodi yang meraih akreditasi A/ Unggul di Unismuh Makassar.

“Saat ini ada 16 dari 50 prodi di Unismuh yang terakreditasi A atau Unggul. Artinya telah mencapai 32%. Walaupun tidak menjadi syarat peringkat untuk mencapai AIPT unggul, namun tetap memperkuat peningkatan syarat unggul akreditasi institusi. Dengan demikian optimisme untuk mencapai AIPT unggul semakin menguat,” ungkap Rakhim Nanda, yang sehari-hari menjabat Wakil Rektor I Unismuh Makassar.

Ia berharap tim akreditasi AIPT Unismuh mempersiapkannya dengan cermat dan matang, sehingga pada saatnya nanti impian menjadi Unggul benar-benar dapat terwujud.

Oleh karena itu, lanjut Rakhim Nanda, atas nama Pimpinan Universitas ia menyampaikan apresiasi dan selamat kepada tim penyusun Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED), serta Pimpinan Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar.

Ia juga mengapresiasi kerja keras Pimpinan FKIP beserta tim persiapan akreditasi setiap prodi yang sementara berjalan saat ini. Selain Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia baru saja divisitasi secara luring, Senin 17 Oktober 2022. Pekan depan, giliran Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unismuh menerima tim asesor LAMDIK.

Bukan hanya di FKIP, proses akreditasi bulan ini juga dijalani Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Prodi S2 Pendidikan Islam Program Pascasarjana Unismuh.

Wakil Rektor I Unismuh ini tak lupa memberi apresiasi atas ketekunan dan kesungguhan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh dan Gugus Kendali Mutu (GKM) yang ada di tiap fakultas dalam mendampingi prodi yang sedang menjalani proses akreditasi.

Secara khusus, Rakhim Nanda juga memberikan terima kasih atas dorongan dan arahan dari Ketua Badan Pembina Harian dan Rektor Unismuh atas capaian ini.

Dorong Pendirian S2 Pendidikan Matematika

Selain Wakil Rektor I Unismuh, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri juga menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian Prodi Pendidikan Matematika Unismuh. Ia turut merasa berbahagia dan bersyukur untuk prestasi itu.

“Sungguh sebuah kerja keras dan kerja sama yang baik dari tim. Selaku salah satu pimpinan Universitas, mengucapkan terima kasih dan ucapan selamat atas capaian ini. Semoga Allah membalas budi baik segenap tim yang telah bekerja,” ungkap Prof Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh itu.

Prof Andis secara khusus menyebut, prestasi ini tidak bisa dipisahkan dari sosok motivator dan pengayom, yang juga merupakan Guru Besar Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. Sosok yang dimaksud adalah Prof Irwan Akib.

“Secara pribadi, saya banyak meneladani cara kerja Pak Prof Irwan Akib, yang senantiasa bekerja full dan selalu menyemangati teman teman, serta menggunakan prinsip-prinsip keteladanan. Beliau senantiasa menyemangati, mengarahkan, dan selalu bersikap empati dan bergembira. Saya yakin, sosok Prof Irwan takbisa dilepaskan dari pencapaian Prodi Matematika ini,” ungkap Mantan Dekan FKIP Unismuh Makassar ini.

Andis berharap prestasi ini menjadi momentum bagi segenap civitas akademika Unismuh agar senantiasa bergerak cepat, tepat, dan ikhlas dalam mencerahkan negeri.

“Ini momentum yang tepat untuk segera membuka Prodi S2 Pendidikan Matematika. Saya lihat, SDM yang kita miliki sudah sangat siap untuk itu,” jelas Andis.

(Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image