Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umsida Menyapa

IMEI Umsida Raih Juara 3 Tingkat Asia Shell Eco-Marathon di Sirkuit Mandalika

Info Terkini | Monday, 17 Oct 2022, 14:38 WIB

“Kita sangat senang dan bangga bisa menjadi juara di Shell Eco Marathon Asia 2022 yang diadakan di Mandalika, kita sangat bersyukur bisa bersaing dengan tim-tim kampus besar yang ada di Indonesia maupun tim dari negara lain di Asia,” ujar Arga Bayu Nugraha, ketua Tim IMEI, saat diwawancarai Jurnalis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Senin (17/10).

Tim IMEI Umsida berhasil menyabet juara 3 kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dengan kategori Prototype Battery-Electric pada Sabtu lalu. Dikategori tersebut, tim ini mampu bersaing di kancah internasional dengan beberapa kampus ternama seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Menurut Indah Sulistyowati ST MT selaku Dosen Pembimbing, peserta lomba Shel Eco Marathon 2022 terdiri dari 49 mahasiswa dari 9 negara; India, Malaysia, Vietnam, Singapura, Indonesia, Filipina, Nepal, Korea Selatan, Kazakhstan.

Tim IMEI beranggotakan Arga Bayu Nugraha, Moh Imam Muchyiddin, Shinta Carolina Stevi Yanti, , Cholilurrohman, Faim Ardian Syah, Mohammad Tetuko Putra Maulana Riu, Yunardhika Wahyu Pratama, Sahrul Romadhoni, dan Muchammad Aliffudin.

Arga, sapaan akrabnya, mengaku banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh tim sebelum memulai bertempur di area pertandingan, mulai dari segi teknis maupun non teknis, dari segi mental maupun spiritual, semua dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Lebih Lanjut, mahasiswa Prodi Teknik Elektro tersebut bercerita dalam perlombaan terdapat beberapa proses sebelum bisa berada di area sirkuit, salah satunya adalah technical inspection. “Ini dilakukan untuk mengetahui apakah mobil kita sudah aman dan layak mengikuti race atau belum, setelah lolos inspection kita diberikan 4 kesempatan race dan di ambil nilai yang terbaik,” ungkapnya. Arga juga mengaku, dengan persiapan yang matang, tim bisa menyelesaikan beberapa hambatan dengan cepat.

Di bawah bimbingan Indah Sulistyowati ST MT, tim menduduki peringkat ke 3 setelah sebelumnya di peringkat ke-1 adalah tim SEMAR (Universitas Gajah Mada dan diurutan ke-2 diraih oleh tim BATAVIA (Universitas Negeri Jakarta). Saat disinggung terkait perolehan ini, Arga mengaku hasil tersebut belum mencapai target. “Kalau berbicara target, IMEI team menargetkan juara 1, akan tetapi kami bersyukur bisa mendapatkan juara 3 dan itu adalah sebuah sejarah baru bagi kita, semoga itu dapat menjadikan semangat untuk kedepannya demi mencapai target tersebut,” sambungnya.

Terakhir, ketua Tim IMEI tersebut meminta doa restu agar bisa mengkuti kompetisi ini di tahun-tahun berikutanya. “Insya allah di bulan Juli tahun 2023 kita akan mengikuti event Shell Eco Marathon Asia lagi dan semoga bisa juara lagi,” tandasnya.

*Humas Umsida

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image