Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Juwita Fajar Hari

Resep Keripik Bayam Renyah

Kuliner | Monday, 17 Oct 2022, 08:16 WIB

Siapa yang tidak suka dengan keripik bayam yang renyah dan bercita rasa gurih. Menu ini sangat cocok sebagai camilan dan juga teman makan nasi. Rasanya benar-benar juara. Enak, renyah, gurih dan bikin nagih. Nggak percaya? Coba aja sendiri.

Jika punya banyak tanaman bayam yang sudah meninggi dan daunnya sudah membesar, atau bosan dengan menu bayam yang biasa saja. Keripik bayam bisa jadi ide berikutnya. Lo

Membuatnya juga sangat mudah sekali lho! Menu ini bisa jadi solusi anak-anak yang tidak suka dengan bayam dan tentu saja jadi ide bisnis menggiurkan. Mau tahu?

Bayam dan Kandungannya

Bayam dikenal sebagai sayuran rendah kalori dan kaya serat. Selain itu, bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti:Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E. Magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, kalium.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung beragam jenis antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Masya Allah ya, inilah yang jadi alasan tanaman satu ini jadi pilihan menu diet juga lho. Biasanya pejuang diet mengolahnya menjadi minuman segar.

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

Dilansir laman alodokter, berikut manfaat bayam bagi kesehatan:

1. Meredakan peradangan

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

3. Menjaga kesehatan mata

4. Mencegah anemia

5. Menjaga kesehatan kulit

6. Memperkuat otot

Dan tentu banyak lagi manfaat tanaman satu ini. Sehingga sering direkomendasikan untuk ditanam sendiri di pekarangan kita.

Kreasi Masakan Berbahan Bayam

Banyak sekali kreasi dari si daun hijau satu ini. Mulai dari kudapan hingga camilan. Diantara kreasi dari bayam yang bisa kita olah di rumah diantaranya sayur bening, bobor, sayur urap, pecel, tumis, keripik bayam, bakwan, dadar dan keripik bayam.

Tentu saja banyak lagi kreasi yang bisa dibuat dari tanaman berdaun hijau ini.

Tidak hanya itu, daun hijau ini juga sering dijadikan smoothies. Caranya daun bayam diblender bersama dengan buah dan sayuran lainnya.

Tapi kali ini saya akan sharing cara membuat keripik bayam renyah dan gurih. Sangat mudah membuatnya.

Berikut Resep Keripik Bayam Renyah

Bahan:

30 lembar daun Bayam berukuran besar dan lebar

Bahan Pelapis:

5 sdm tepung beras

bawang putih halus

secukupnya garam dan kaldu bubuk

1/2 sdt ketumbar bubuk

8 sdm air matang

Minyak goreng (pastikan menggunakan minyak goreng baru dan berkualitas bagus ya)

Cara Membuat Keripik Bayam Renyah:

1. Bersihkan daun bayam dan tiriskan

2. Campur semua bahan pelapis dan aduk. Jika kurang encer tambahkan air hingga adonan sedikit mengental dan berjejak. Koreksi rasa jika kurang tambahkan sedikit garam dan kaldu.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang sedikit besar. Pastikan minyaknya banyak.

4. Ambil daun bayam dan masukkan ke adonan pencelup menggunakan penjapit. Kemudian masukkan satu per satu ke dalam minyak panas dengan api sedang cenderung kecil.

5. Tidak perlu waktu lama dan balik. Jika sudah kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

6. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam toples kedap udara agar tetap renyah.

Rasanya dijamin enak dan bikin nagih. Kami saja kalau buat ini langsung habis sekali duduk.

Selain untuk camilan, olahan ini juga bisa dijadikan ide jualan lho. Untungnya juga sangat banyak. Hanya saja jika ingin membuka bisnis ini, harus siap-siap di depan kompor selama berjam-jam.

Selamat mencoba membuat Keripik Bayam Renyah ya. []

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image