Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Republika News

Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kota Bogor Sukses Digelar

Edukasi | Saturday, 15 Oct 2022, 14:15 WIB

Oktober 15, 2022

CGP Angkatan 4 Kota Bogor.

Kota Bogor, - Guru Penggerak merupakan episode kelima dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) bersama seluruh UPT yang berada di bawahnya.

Demikian dijelaskan Penanggung Jawab PGP Angkatan 4 Kota, Sabtu siang (15/10/2022). Kegiatan PGP ini di bawah koordinasi atau penyelenggara Balai Besar Guru Penggerak (BBGP ) Jawa Barat

“Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik. Guru juga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, sehingan dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan satuan pendidikannya masing-masing,” Ungkap M. Hartono, S.H.,M.Ed., selaku kepala BBGP Jawa Barat.

Diungkapkan pula, rasa nyaman dan kebahagiaan murid ditunjukkan melalui sikap dan emosi positif terhadap sekolah, bersikap positif dan merasa senang mengikuti kegiatan di satuan pendidikan, terbebas dari keluhan kondisi fisik satuan pendidikan, dan tidak memiliki masalah sosial di satuan pendidikannya.

Salah satu rangkaian kegiatan PGP adalah Lokakarya. Tujuan dari kegiatan ini lokakarya antara lain meningkatkan keterampilan CGP untuk menjalankan perannya. Juga menjejaringkan CGP di tingkat kabupaten, menjadi ruang diskusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh CGP.

“Tujuan lokakarya juga untuk meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan di tingkat sekolah

Kesempatan kali ini, PGP Angkatan 4 sudah memasuki tahapan Lokakarya 7. Lokakarya ini merupakan Lokakarya yang paling besar dari sisi jumlah SDM yang terlibat, hal ini sesuai dengan temanya “Festival Panen Hasil Belajar” di gedung serbaguna SMKN3 Kota Bogor.

aksi nyata CGP

Dalam lokakarya ini para Calon Guru Penggerak (CGP) menampilkan dan berbagi hasil aksi nyatanya selama mengikuti program PGP yang sudah berjalan 6 bulan. Sehingga akan terlihat dampak dan perubahan positif apa yang sudah terjadi baik secara individu CGP maupun kelas atau sekolah tempat CGP bertugas.

Dalam Lokakarya 7 ini semua pemangku kepentingan yang terkait dihadirkan seperti Kepala Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru lain yang belum terlibat PGP serta Komunitas Praktisi yang ada di wilayah Kota Bogor.

Semua pihak yang dihadirkan tersebut diharapkan akan memberikan masukan serta dukungan untuk pengembangan program dan aksi nyata para CGP setelah selesai dalam mengikuti PGP.

Dalam lokakarya 7 dengan Festival Panen Hasil Belajar ini tampil para CGP memberikan informasi tentang program yang telah dijalankan dan capaian dari kegiatan tersebut.

Kepala sekolah bersama CPG angkatan 4
CPG angkatan 4 Kota Bogor
Kunjungan stand

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image