Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fanny Hadi Mustakhim

Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Inilah Rekomendasi Kampus Terbaik di Luar Negeri

Sekolah | Friday, 14 Oct 2022, 17:20 WIB
Sumber: istockphoto.com

Mempunyai mimpi untuk melanjutkan study atau kuliah di negara-negara maju memang sebuah cita-cita yang di inginkan banyak orang. Apalagi ketika kalian bisa masuk ke universitas atau institusi di luar negeri yang sangat baik, yang mana universitas atau institusi itu memang dinilai sebagai kampus yang sangat menjanjikan, baik itu dari segi akademisnya maupun peluang sekses di dunia kerja juga bisa dikatakan sangat menjanjikan.

Selain itu juga kalian bisa menjalin realasi pertemanan secara global, yang mana nantinya dapat membantu kalian dalam dunia karier ataupun usaha kalian di masa yang akan datang.

Banyak negara-negara maju seperti Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Kanada adalah sebuah contoh yang mana sistem dalam belajarnya yang sangat menyenangkan bagi para pelajar seluruh dunia, khususnya pelajar Indonesia. Mengapa demikian? Karena, rata-rata negera itu tadi memberi atau menaruh perhatian lebih dan untuk dananya yang mana bisa dibilang relatif beasar untuk bidang akademiknya.

Didukung dengan adanya itu tadi, institusi dan universitas pendididkan disana mampu mengeluarkan lulusan terbaiknya yang bisa menghasilkan berbagai riset dan karya keilmuan yang nantinya akan sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan modern saat ini. Seperti dalam dunia sains, teknologi, medis, industri, dan ekonomi yang akhirnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di dunia ini.

Jika kalian ingin melanjutkan kuliah disana, di negara-negara yang mimin sebutkan diatas tadi, maka kalian juga harus mempersiapkan skill bahasa Inggris kalian. Banyak cara sih sebenarnya untuk bisa kuliah atau kerja disana. Tapi salah satu yang utama adalah, di negara-negara yang sudah mimin sebutkan diatas tadi, maka kalian wajib bisa berbahasa Inggris. Karena memang untuk bahasa yang digunakan di negara itu tadi memakai bahasa Inggris.

Dengan kalian bisa berbahasa Inggris, maka peluang untuk bisa di terima kuliah atau kerja di negara-negara itu tadi sangatlah besar. Maka, sebelum kalian memutuskan untuk kuliah atau kerja disana sebaiknya kalian menguasai skill bahasa Inggris dahulu, caranya dengan mengikuti kursus atau lembaga-lembaga pendidikan bahasa Inggris terdekat di daerah kalian.

Banyak lembaga kursus bahasa Inggris di Indonesia yang saat ini terkenal bahkan bisa dibilang menjadi tempat terfavorit untuk mengasah skill bahasa Inggris. Seperti di, English First (EF), LIA, Wall Street English, TOEFL Kampung Inggris, British Council Indonesia Foundational, English Academy, dan masih banyak lagi lembaga kursus bahasa Inggris di Indonesia. Kalian bisa memilih lembaga kursus terdekat atau yang kalian sukai untuk bisa meningkatkan skill bahasa Inggris kalian.

Nah, sekarang mimin mau merekomendasikan ke kalian kampus terbaik di luar negeri. Yang mana nantinya jika kalian ingin melanjutkan study ke luar negeri sana bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kalian harus memilih kampus yang mana.

Kampus mana sajakah itu? Simak penjelasan artikel berikut dibawah ini!

Rekomendasi Kampus Terbaik di Luar Negeri

1. California Institute of Technology

Kampus yang pertama adalah Caltech singkatan dari (California Institute of Technology). Kampus ini adalah salah satu kampus yang terkenal di bidang Teknologi dan Sainsnya. Bahkan menurut U.S News Education, kampus Caltech ini menempati peringkat 1 di dunia di dalam bidang Geosciences dan Space Science lho. Sangat mengagumkan bukan?

Selain itu ada 6 divisi keilmuan yang bisa kalian pilih ataun pelajari di kampus satu ini. Beberapa dari 6 divisi keilmuan tersebut adalah Chemistry & Chemical Engineering, Biology & Biologicial Engineering, Geologival & Planetary Science, Engineering & Applied Science, Physics, Mathematics, & Astronomy dan Humanities & Social Sciences.

Kampus atau universitas ini terletak di Chicago, Amerika Serikat, dan ada beberapa tokoh terkenal lulusan atau alumni dari universitas satu ini, yaitu Frank Capra, Charlie Munger dan Howard Hughes.

2. Harvard University

Masih dengan universitas di Amerika Serikat. Kampus ini adalah kampus tertua di Amerika Serikat, yang mana kampus ini terletak di kota Cambridge.

Kampus Harvard University ini terdapat 15 sekolah dan 8 keunggulan di bidang Management, Economics, Law, Medicial Sciences, Education, Polotical Sciences, Psychology, danBiological Sciences.

Selain itu tidak menyangka, kalau alumni dari university ini ternyata menjadi kampus yang mana kampus ini banyak melahirkan presiden Amerika Serikat. Siapa sajakah orang-orang hebat itu? John Quincy Adams, Theodore Roosevelt, John Adams, Barack Obama, George W. Bush, John F. Kennedy, Franklin Roosevelt, dan Rutherford Hayes. Sangat menajubkan bukan, jika kalian bisa kuliah di sana. Di universitas tempat di mana para presiden Amerika Serikat menempuh pendidikannya.

3. University of Oxford

Kita masuk ke wilayah Inggris, yaitu University of Oxford. Kampus ini mempunyai 4 divisi utama, yang mana setiap divisi tersebut membawahi departemen dari kampus ini, yaitu Mathematicial, physicial & Life Sciences Division, Humanities Division, Social Sciences Division, dan Medical Sciences Division.

Selain itu, university of Oxford ini menempati peringkat 1, 3, 2, dan 2 untuk bidang-bidang tersebut secara berturut-turut, ini bedasarkan data dari QS WUR by subject. Tak hanya sampai dari situ, lulusan dari university ini juga melahirkan tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh di dunia seperti Bill Clinton, Indira Gandhi, dan Adam Smith.

4. University of Cambridge

University of Cambridge ini adalah universitas tertua ke empat dunia yang bertempat di Cambridge, dan kampus ini didirikan pada tahun 1209 di Inggris.

Terdapat 6 sekolah, 31 colleges, dan terdapat lebih dari 150 fakultas dan departemen yang ada di kampus ini.

Selain itu, seperti di bidang Art & Humanities, Natural Sciences, dan Klaster Engineering & Technology adalah salah satu yang terbaik di dunia. Universitas ini juga melahirkan lulusan terbaik dan menjadi tokoh penting dunia lho, seperti Charles Darwin, Stephen Hawking, dan Isaac Newton.

5. Stanford University

Kampus yang terakhir adalah Stanford University. Kampus ini terketak di wilayah San Francisco, Amerika Serikat. Tempat yang strategis, dimana kampus ini dikelilingi perusahaan-perusahaan besar dan ternama Sillicon Valley, Seperti Google, Netflix, Facebook, dan Apple. Bahkan perusahaan teknologi disana dipimpin dan didirikan oleh lulusan dari University Stanford lho. Siapa saja mereka? Jawed Karim pemimpin serta pendiri (Youtube), Reed Hastings (CEO Netflix), dan Brian Acton pemimpin serta pendiri (WhatsApp).

Karena kampus ini memiliki lulusan terbaik dan sukses dalam bidangnya, kampus ini sering dijuluki sebagai pabrik miliader. Selain itu juga, banyak jurusan-jurusan favorit di Stanford University ini, yaitu Ilmu Komputer, Seni, Akuntansi dan Keuangan, Matematika, Psikologi, dan Teknik.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi kampus terbaik di luar negeri. Kalian tidak harus memilih kampus yang mimin rekomendasikan diatas tadi. Ini hanyalah rekomendasi kampus yang menurut mimin terbaik di luar negeri. Jika kalian memang ingin melanjutkan study ke luar negeri, kalian bisa memilih kampus yang sesuai selera dan minat kalian.

Sekian dari artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian. Tunggu artikel selanjutnya yaa, yang mana tidak akan kalah menarik dan seru dari artikel-artikel sebelumnya juga lho. Byeee

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image