Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Al Dard Iansyah

Stasiun Cuaca Otomatis Untuk Solusi Tepat Pemantauan Cuaca

Teknologi | Thursday, 13 Oct 2022, 14:16 WIB

Stasiun cuaca otomatis atau Automatic Weather Station dapat mengukur atau cuaca secara otomatis, sehingga tidak memerlukan operator yang berkualifikasi untuk mengoperasikannya, dan biasanya biayanya operasionalnya lebih efisien daripada stasiun cuaca versi tradisional.

AWS juga dirancang untuk mengukur cuaca secara otomatis, stasiun cuaca otomatis ini melacak dan menampilkan suhu, kelembaban, dan tekanan barometrik.

Parameter Cuaca Yang Dideteksi Oleh Stasiun Cuaca Otomatis

Stasiun cuaca otomatis adalah instrumen yang kaya fitur dan mudah digunakan yang dapat mengukur berbagai macam parameter cuaca. Contohnya berfungsi sebagai pengukur parameter:

- Suhu

- Kelembaban Udara

- Curah hujan (dalam milimeter per jam)

- Kecepatan angin (dalam mil per jam atau kilometer per jam)

- Radiasi matahari

Banyaknya parameter di atas membuktikan bahwa instrumen stasiun cuaca otomatis ini menjadi alat yang ideal untuk pemantauan cuaca yang tepat dan akurat.

Bagian-bagian Stasiun Cuaca Otomatis

Automatic Weather Station atau Station Cuaca Otomatis terdiri atas sensor-sensor seperti sensor suhu, sensor tekanan, sensor kecepatan dan arah angin, dll. Sensor-sensor ini mengukur dan mengirim data langsung ke data logger yang tersedia dan terhubung dengan instrumen tersebut. Nantinya data tersebut akan diproses dan dapat diakses dari jarak jauh dengan internet. Dan data ini dapat diakses melalui browser web apapun dan dimanapun.

Dengan layar LCD berkualitas tinggi, teknologi canggih ini dapat mengukur tekanan udara, suhu dan kelembaban secara andal, yang kokoh terhadap setiap kondisi cuaca di luar.

Prinsip Kerja Automatic Weather Station

Automatic Weather Station atau Stasiun Cuaca Otomatis" />
Automatic Weather Station atau Stasiun Cuaca Otomatis

Anda dapat menggunakan sistem transmisi data secara nirkabel untuk memastikan bahwa stasiun cuaca Anda akan selalu dapat mengirimkan datanya ke data logger yang sudah terhubung. Hal ini penting, karena untuk memastikan Anda untuk mengakses data cuaca Anda dari jarak jauh melalui internet dan menggunakan browser web apapun.

AWS juga ditempatkan pada ketinggian dan lokasi yang berbeda atau sedikit lebih tinggi di sekitar lokasi Anda. Hal tersebut agar memberikan pembacaan yang lebih akurat mengenai kecepatan angin, tingkat kelembapan, suhu, dan sebagainya.

Stasiun cuaca otomatis dapat mengukur suhu saat ini, lalu membandingkannya dengan suhu minimum dan maksimum, serta kelembaban dan kecepatan angin.

Keuntungan Menggunakan Instrumen AWS

Stasiun cuaca otomatis atau AWS menyediakan pengukuran yang akurat dan andal sehingga Anda dapat merencanakannya dengan tepat. Mudah dipasang, tanpa perlu kabel listrik. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana mengganti baterai, karena instrumen ini dapat menggunakan solar panel yang telah tersedia.

Stasiun Cuaca Otomatis dapat mengumpulkan banyak data yang dapat digunakan untuk tujuan penelitian dan prakiraan. Data ini juga dapat digunakan oleh otoritas manajemen bencana sebagai bentuk persiapan sebelum bencana alam melanda suatu wilayah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image