Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Empat Guru MTsN 6 Bantul Peserta Terundang Bimtek Aplikasi Pembelajaran Online

Eduaksi | Monday, 06 Dec 2021, 07:23 WIB
Empat Guru Berfoto Bersama Usai Bimtek

Bantul - Empat guru MTs Negeri 6 Bantul terundang mengikuti bimtek aplikasi pembelajaran online terpadu yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Komunikasi dan Informatika di hotel Harper Jalan Mangkubumi Yogyakarta (22-26/11). Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu didominasi praktik. Para peserta dengan dibimbing instruktur dari Kementerian Kominfo melakukan praktik lima aplikasi e-learning yaitu pendaftaran peserta didik baru (PPDB), sitem informasi siswa (SIS), learning management system (LMS), fitur komunitas, dan pusat pembelajaran online.

“Saya sangat senang guru-guru MTsN 6 Bantul menjadi salah satu madrasah piloting pelaksanaan pembelajaran online terpadu. Ada empat guru kami yang diundang untuk mengikuti bimtek dengan instruktur langsung dari Kementerian Kominfo. Rahmat Supriyadi selaku koordinator IT, Rina Harwati selaku wakil kepala urusan kurikulum, dan dua orang guru, Galih Bekti Nugroho dan Putri Pamungkas Cahyaneng Tyas mengikuti kegiatan ini mulai dari pukul 07.30-16.30 setiap harinya,” ujar Mafrudah Kepala MTsN 6 Bantul.

Secara terpisah, Putri Pamungkas Cahyaneng Tyas yang sehari-hari dijuluki masternya poster pun berujar bahwa penunjukan madrasah piloting pembelajaran online terpadu ini memicu semangat para guru untuk terus mengakrabi IT. “Menu-menu yang ditawarkan saat bimtek sangat menarik. Merupakan sebuah kebahagiaan saya yang baru memasuki tahun pertama ini menjadi guru PNS. Saya bisa langsung memperoleh ilmu dari para pakar,” paparnya.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada bimtek aplikasi pembelajaran online terpadu ini memiliki beberapa kelebihan. Pada fitur aplikasi PPDB sudah memfasilitasi kolaborasi antarmadrasah dalah menerima peserta didik sehingga calon pendaftar bisa memilih lebih dari satu. SIS atau sistem informasi siswa berisi segala sesuatu terkait data diri siswa, guru, dan kelengkapan mata pelajaran. LMS atau managemen pembelajaran memuat keseluruhan kegiatan pembelajaran. Fitur komunitas yang memfasilitasi semua anggota untuk berkomunikasi dengan fasilitas chat dan forum madrasah. Terakhir, pusat pembelajaran online isinya semua hal tentang materi yang ingin kita berikan ke siswa.

Penulis: Rina Harwati, Wakil Kepala Urusan Kurikulum MTsN 6 Bantul

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image