Empat Guru MTsN 6 Bantul Peserta Terundang Bimtek Aplikasi Pembelajaran Online

Image
Rina Harwati
Eduaksi | Monday, 06 Dec 2021, 07:23 WIB
Empat Guru Berfoto Bersama Usai Bimtek

Bantul - Empat guru MTs Negeri 6 Bantul terundang mengikuti bimtek aplikasi pembelajaran online terpadu yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Komunikasi dan Informatika di hotel Harper Jalan Mangkubumi Yogyakarta (22-26/11). Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu didominasi praktik. Para peserta dengan dibimbing instruktur dari Kementerian Kominfo melakukan praktik lima aplikasi e-learning yaitu pendaftaran peserta didik baru (PPDB), sitem informasi siswa (SIS), learning management system (LMS), fitur komunitas, dan pusat pembelajaran online.

“Saya sangat senang guru-guru MTsN 6 Bantul menjadi salah satu madrasah piloting pelaksanaan pembelajaran online terpadu. Ada empat guru kami yang diundang untuk mengikuti bimtek dengan instruktur langsung dari Kementerian Kominfo. Rahmat Supriyadi selaku koordinator IT, Rina Harwati selaku wakil kepala urusan kurikulum, dan dua orang guru, Galih Bekti Nugroho dan Putri Pamungkas Cahyaneng Tyas mengikuti kegiatan ini mulai dari pukul 07.30-16.30 setiap harinya,” ujar Mafrudah Kepala MTsN 6 Bantul.

Secara terpisah, Putri Pamungkas Cahyaneng Tyas yang sehari-hari dijuluki masternya poster pun berujar bahwa penunjukan madrasah piloting pembelajaran online terpadu ini memicu semangat para guru untuk terus mengakrabi IT. “Menu-menu yang ditawarkan saat bimtek sangat menarik. Merupakan sebuah kebahagiaan saya yang baru memasuki tahun pertama ini menjadi guru PNS. Saya bisa langsung memperoleh ilmu dari para pakar,” paparnya.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada bimtek aplikasi pembelajaran online terpadu ini memiliki beberapa kelebihan. Pada fitur aplikasi PPDB sudah memfasilitasi kolaborasi antarmadrasah dalah menerima peserta didik sehingga calon pendaftar bisa memilih lebih dari satu. SIS atau sistem informasi siswa berisi segala sesuatu terkait data diri siswa, guru, dan kelengkapan mata pelajaran. LMS atau managemen pembelajaran memuat keseluruhan kegiatan pembelajaran. Fitur komunitas yang memfasilitasi semua anggota untuk berkomunikasi dengan fasilitas chat dan forum madrasah. Terakhir, pusat pembelajaran online isinya semua hal tentang materi yang ingin kita berikan ke siswa.

Penulis: Rina Harwati, Wakil Kepala Urusan Kurikulum MTsN 6 Bantul

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image