Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dede Junaedi Irawan, SE

Google Play Tiba-tiba Berhenti? Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasinya

Teknologi | Sunday, 09 Oct 2022, 02:39 WIB

Di era modern ini tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone. Untuk mengoperasikan smartphone khususnya android, tentu memerlukan layanan yang bernama Google Play. Layanan Google Play begitu penting bagi smartphone. Bagaimana tidak, layanan ini digunakan untuk mengunduh atau menginstal aplikasi pada smartphone.

Setiap pengembang aplikasi akan membuat pembaharuan pada aplikasi yang dibuatnya, dan tentunya aplikasi yang telah ter-install di smartphone kita pun harus melakukan pembangunan tersebut. Namun sayangnya dalam proses pembaharuan tersebut tak sedikit menjumpai kasus Google Play terhenti.

Penyebab Layanan Google Play Terhenti

Masalah layanan Google Play terhenti biasanya sering terjadi pada smartphone merk Samsung, terutama tipe tipe lama. Berikut beberapa penyebab bermasalahnya Google Play.

1. Kerusakan Pada Layanan Google Play. Masalah ini biasanya disebabkan oleh virus, file corrupt, penumpukan cache, dan lain sebagainya. Mamun paling sering adalah karena adanya penumpukan cache.

2. Service Outdate. Pada dasarnya Google Play service akan melakukan pembaharuan secara otomatis, namun jika pembaharuan tidak berjalan otomatis, kemungkinan disebabkan adanya pengaturan tertentu yang mengakibatkan pembaharuan otomatis tidak berfungsi.

3. Bug aplikasi. Masalah ini biasanya adalah efek dari menginstal aplikasi tertentu yang berhubungan langsung dengan sistem.

4. Memori RAM Penuh. Masalah ini sangat mengganggu kita dalam mengoperasikan smartphone, karena kurang maksimalnya kinerja smartphone kita.

5. Kerusakan pada sistem. Umumnya kerusakan pada sistem android jarang terjadi, namun kerusakan ini bisa saja ditemukan, jika kasus ini terjadi maka flashing ulang sistem adalah solusinya.

Cara Mengatasi Layanan Google Play yang Terhenti

Dari beberapa penyebab terjadinya masalah pada Google Play di atas, berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi masalah terhentinya layanan Google Play store.

1. Me-restart atau memulai ulang perangkat Android.

Ini merupakan langkah pertama yang di ambil saat terjadinya masalah pada Google Play kita, langkah ini adalah yang paling sederhana, namun tingkat keefektifannya sangat rendah. Sehingga jika langkah ini tidak berhasil, maka lakukan langkah berikutnya.

2. Hapus file cache.

Langkah berikutnya adalah dengan menghapus file cache. Caranya adalah :

· Buka setelan > kelola aplikasi > Google Play store

· Kelola aplikasi > hapus data > bersihkan cache > ok

Buka kembali aplikasi Google Play store pada hp/smartphone kita, jika masih belum teratasi, maka lakukan langkah selanjutnya.

Pada contoh gambar di atas saya menggunakan handphone Xiaomi.

3. Hapus Data Google Play Store

Hapus data Google Play store artinya akan mengembalikan Google Play store ke kondisi awal. Caranya sama seperti saat menghapus file cache, yaitu:

· Buka setelan > kelola aplikasi > Google Play store

· Kelola aplikasi > hapus data > hapus semua data > ok

Biasanya masalah error pada layanan Google Play dapat teratasi dengan efektif menggunakan cara ini. Basis data, data login, konfigurasi, history, dan sebagainya akan terhapus setelah melakukan langkah ini.

Pada contoh gambar di atas saya menggunakan handphone Xiaomi.

4. Force Stop Google Play / Hentikan Paksa Google Play

Cara ini cukup rawan, karena meghentikan Google Play secara paksa berarti kita menghentikan semua yang sedang dikerjakan oleh Google Play. Untuk menghentikan Google Play, caranya masih sama dengan menghapus data, namun berbeda di langkah akhirnya saja. Caranya yaitu:

· Kelola aplikasi > hapus data > hapus semua data > ok

5. Update / Perbaharui Otomatis Aplikasi Google Play

Update aplikasi Google Play ke versi yang lebih baru adalah cara yang sangat sederhana namun sering kita abaikan. Supaya kita tidak lupa untuk memperbarui aplikasi Google Play, kita bisa mengaktifkan fitur Auto Update, caranya adalah:

· Buka aplikasi Google Play Store > tap/tekan strip tiga yang tertera di pojok kiri atas > kemudian tap/tekan setelan.

· Tekan update aplikasi secara otomatis > pilih melalui jaringan apa pun atau melalui wi-fi saja > tap Selesai

6. Reset HP / Kembalikan Ke Setelan Pabrik

Jika error pada Google Play Store masih belum teratasi, cara pamungkas untuk mengatasi Google Play yang terhenti sendiri adalah dengan melakukan reset atau mengembalikan handphone kita ke setelan pabrik. Namun sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya kita mem-backup atau mencadangkan data data kita ke perangkat lain, atau bisa juga mencadangkan ke Google Drive. Karena sesuai dengan namanya, setelah melakukan langkah ini maka semua data dan setelan yang tersimpan di Hp kita akan hilang.

Demikianlah penyebab layanan Google Play yang terhenti dan cara mengatasi layanan Google Play yang terhenti. Semoga artikel ini mampu menjawab permasalahan teman teman sekalian. Bila ada cara lain untuk mengatasi Google Play yang error, teman teman bisa berbagi dengan cara menuliskan di kolom komentar.

Sekian dan terima kasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image