Cara Memblokir Aplikasi Tertentu Di Play Store Terbaru 2022

Image
Hafsah Eliya Farah
Teknologi | Wednesday, 13 Apr 2022, 05:58 WIB

Demi kemanan anak anak dalam menggunakan smartphone, ada baiknya apabila orang tua mengontrol penuh dalam penggunaannya. Sebab, tidak sedikit konten atau fitur handphone, yang dibuat tidak untuk digunakan oleh anak anak. Nah, salah satu cara mengontrol penggunaan smartphone adalah dengan melakukan pemblokiran pada aplikasi tertentu di play store.

Tujuannya, jelas untuk membatasi anak mengakses aplikasi palikasi yang dibuat tidak untuk mereka. Bagaimana cara memblokir aplikasi terntentu di PlayStore? Berikut admin androidponsel.id rangkum bagaimana cara memblokir aplikasi tertentu di Play Store terbaru 2022.

Cara Memblokir Aplikasi di Play Store

Mengakses Aplikasi Play Store

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi yang telah terpasang dalam perangkat. Langkah tersebut bisa Anda lakukan dengan menekan ikon Play Store di layar utama ponsel atau di Home.

Mengaktifkan Fitur Kontrol Orang Tua

Setelah Anda membuka aplikasi tersebut, tekan profil yang biasanya ditandai dengan tiga garis horizontal yang sejajar di pojok kiri atas. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan fitur, tekan Pengaturan atau Setelan. Lalu akan muncul beberapa fitur tambahan meliputi bagian Umum dan Kontrol Pengguna.

Pada bagian Kontrol Pengguna, akan ada fitur lanjutan Kontrol Orang Tua yang bisa Anda tekan untuk mengaktifkan fitur tersebut. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang terdiri dari empat digit dan tekan Oke. Konfirmasi PIN akan diminta setelah memasukkan PIN tersebut.

Menyimpan Perizinan Aplikasi

Setelah melakukan konfirmasi PIN, tekan Aplikasi & game dan sesuaikan ratingnya dengan kebutuhan anak Anda. Pemilihan rating tersebut akan memunculkan notifikasi sebuah pernyataan yang bisa Anda setujui dengan menekan Oke untuk melanjutkan prosesnya.

Untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda setel bisa dengan cara menekan tombol Simpan.

Mengecek Aplikasi Setelah Penetapan Rating

Setelah melakukan pengaturan dan menetapkan jenis rating yang sesuai dengan usia buah hati Anda, pengecekan aplikasi yang memiliki batasan usia bisa dilakukan. Cara untuk mengeceknya adalah dengan menuliskan aplikasi misalnya Tiktok pada kolom pencarian di bagian atas.

Akan ada perbedaan aplikasi yang muncul baik yang sebelum dan setelah disetting dengan cara memblokir aplikasi tertentu di Play Store terbaru 2022. Ketika Anda melakukan pencarian aplikasi Tiktok sebelum penyetelan rating 3+, semua aplikasi Tiktok akan muncul baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Namun, setelah Anda melakukan penyetelan ranting tersebut, hanya aplikasi Tiktok khusus untuk anak-anak yang muncul dalam pencarian. Sedangkan aplikasi Tiktok dengan rating di atas 3+ tidak akan muncul lagi.

Memahami Keterangan Rating dalam Sebuah Aplikasi di Play Store

Terdapat beberapa rating yang harus Anda pahami untuk bisa menyetel rating yang sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut adalah uraian dari beberapa macam rating mulai dari 3+ hingga 18+.

Rating 3+

Rating ini memiliki arti bahwa aplikasi tersebut dapat diakses dan cocok untuk semua usia. Ketika Anda memilih rating ini, aplikasi yang mengandung kekerasan dan bahasa yang buruk tidak akan mendapatkan izin. Sedangkan aplikasi yang mengandung konten fantasi masih mendapatkan izin.

Rating 7+

Aplikasi dan Game yang memiliki rating ini mengandung adegan dan suara yang hanya menakutkan bagi anak. Adanya konten kekerasan yang masih ringan dan tersirat masih diizinkan.

Rating 12+

Rating 12+ pada beberapa aplikasi media sosial maupun game mengandung kekerasan yang melibatkan karakter non grafis serta fantasi (hewan dan manusia) masih diizinkan.

Rating 16+

Aplikasi yang memiliki rating 16+ menunjukkan bahwa aplikasi tersebut mengandung pembullyan, kekerasan ralistus, seksual, penggunaan obat, hingga gambaran kriminal diizinkan.

Rating 18+

Arti dari rating ini adalah aplikasi yang mengandung kekerasan seksual dan grafis, konten seksual grafis, penggunaan obat terlarang, dan perbuatan diskriminasi diizinkan.

Memahami macam-macam rating sangat penting saat mempelajari dan menerapkan cara memblokir aplikasi tertentu di Play Store terbaru 2022. Jadi, perhatikan dengan baik ya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Berbagi ceria dalam bentuk tulisan itu sangat mengasikkan, apalagi jika banyak dibaca orang. Teruslah berbagi walau dalam sebuah kata.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Banjarnegara Terima Arahan dan Penguatan Tusi dari Sekjen Kumham

Image

Bicara Buah Hati di Bukit Obelix

Image

Desentralisasi dalam Konsep Tata Kepemerintahan

Image

Bukan Hanya Skill, Warga Binaan Rutan Majene Juga Dapat Upah Panen Sayuran

Image

Dukung Pemberantasan Narkoba, Imigrasi Palembang Gelar Pengecekan Urine Rutin

Image

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Penggunaan Spanduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image