Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santika Dewi

Pendampingan dan Pelatihan Pembaruan Kemasan Kripik Pisang dan Singkong Serta Pemasaran

Bisnis | 2022-10-08 19:46:08

Siapa sih yang tidak suka dengan kripik? Apalagi kripik pisang dan singkong? Penulis pastikan dari semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai kripik pisang dan singkong. Kripik pisang dan singkong mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah sehingga cocok untuk dijadikan cemilan.

Buah pisang dan singkong sendiri memiliki manfaat loh untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari buah pisang dan singkong.

Manfaat buah pisang :

1. Sumber karbohidrat dan vitamin A

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

3. Melancarkan aliran oksigen ke otak

4. Mengatasi anemia

5. Menurunkan berat badan dan

6. Menyehatkan tulang

Manfaat singkong :

1. Menambah energi

2. Sumber serat dan karbohidrat kompleks

3. Membantu mengontrol gula darah

4. Memiliki antioksidan yang baik

Kripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang di iris tipis kemudian di goreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Sedangkan keripik pisang adalah produk makanan ringan yang dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng menggunakan minyak goreng. Biasanya ada berbagai rasa keripik pisang, rasa original, rasa manis. Rasa manis yang di hasilkan bisa dari berbagai rasa misalnya rasa coklat.

Kripik pisang ini juga biasanya memakai pisang kepok, raja, tanduk, kapas, nangka, atau pisang ambon yang setengah matang sebagai bahan utama pembuatannya. Sedangkan untuk kripik singkong adalah jenis umbi-umbian yang dimana daunnya pun bisa dimanfaatkan sebagai makanan.

Selain dari cita rasa yang gurih dan renyah serta manfaat dari buah pisang dan singkong, agar lebih disukai dan diminati oleh pembeli, sebuah produk harus mempunyai kemasan yang menarik. Karena yang dilihat pertama kali oleh pembeli adalah dari kemasan nya.

Dalam kegiatan kkn, kelompok 7 menemukan sebuah usaha rumahan yang memproduksi kripik pisang dan singkong yang bertempat di Rw. 02 Desa Mekarmulya kecamatan Telukjambe Barat. Meskipun usaha kripik pisang dan singkong ini sudah banyak, tetapi cita rasa yang diciptakan tentu berbeda. Perbedaan nya dapat dilihat dari cita rasa, tekstur, kualitas dan harga yang terjangkau.

Selama kegiatan berlangsung kelompok 7 melakukan pendampingan dan pelatihan dan ikut serta dalam produksi kripik, mulai dari mengiris buah pisang dan singkong lalu menggoreng sampai dengan pengemasan.

Berikut proses produksi kripik pisang dan singkong :

Pertama-tama pisahkan buah pisang dan singkong dari kulitnya lalu dicuci hingga bersih dari getah nya

Gambar 1.0 kegiatan mengupas kulit singkong 
Gambar 1.0 kegiatan mengupas kulit singkong

Setelah dicuci pisang dan singkong tadi diiris menggunakan pisau khusus, perlu kehati-hatian dalam menggunakan pisau nya ya, pisang dan singkong yang telah diiris lalu digoreng

Gambar 1.1 kegiatan mengiris singkong 
Gambar 1.1 kegiatan mengiris singkong
Gambar 1.2 kegiatan menggoreng kripik 
Gambar 1.2 kegiatan menggoreng kripik

Setelah digoreng tiriskan sebentar agar minyak tidak menempel lalu yang terakhir yaitu pengemasan

Gambar 1.3 kegiatan pengemasan kripik
Gambar 1.3 kegiatan pengemasan kripik

Dalam proses pengemasan kelompok 7 melakukan pendampingan serta pelatihan kepada pemilik usaha kripik pisang dan singkong, pendampingan dan pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan produk yang ada agar lebih menarik minat pembeli yaitu adanya proses perubahan pada kemasan produk, yang mana sebelumnya kemasan pada kripik pisang dan singkong menggunakan plastik yang akhirnya dilakukan pendampingan dan pelatihan ini dengan menghasilkan kemasan baru yaitu kripik pisang dan singkong dikemas menggunakan standing pouch serta pemberian label.

Selain pembaruan kemasan serta pemberian label adanya penambahan rasa pada keripik pisang sehingga bisa menambah citra rasa yang berbeda dari sebelumnya yang mana sebelumnya rasa dari keripik pisang tersebut hanya rasa asin gurih dan manis dari gula yang akhirnya kami sebagai mahasiswa kkn kelompok 7 menambahkan citra rasa yang berbeda yaitu rasa manis yang ditambah dengan rasa coklat.

Gambar 1.4 produk kripik pisang dan singkong 
Gambar 1.4 produk kripik pisang dan singkong

Setelah melakukan pendampingan dan pelatihan pembaruan kemasan, kelompok 7 melakukan bimbingan pemasaran secara online kepada pemilik usaha kripik pisang dan singkong di tempat produksi kripik pisang dan singkong, dengan membuatkan akun media facebook dengan nama ‘Keripik Krj’.

Pembuatan akun media facebook ini bertujuan agar bisa masuk ke aplikasi facebook sehingga dapat digunakan sebagai proses mempromosikan produk yang akan di jual dan dengan tujuan agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas, bahkan produk kripik pisang dan singkong ini bisa untuk dijadikan oleh-oleh karena memiliki harga yang ramah di kantong.

Gambar 1.5 kegiatan bimbingan pemasaran secara online 
Gambar 1.5 kegiatan bimbingan pemasaran secara online

Besar harapan kami dengan bimbingan tersebut dapat membantu penjualan kripik pisang dan singkong di Rw. 02 Desa Mekarmulya kecamatan Telukjambe Barat dalam pemasaran dan penjualan online agar usaha kripik pisang dan singkong tersebut terus berjalan dan dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Penulis : Darmawan, Santika Dewi, Trini Octaviani, Eni Suhaeni

Dpl : Gina Kania, S. Pd., M. I. Kom

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image