Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image syifa nurul zahra

Pengelolahan Singkong Menjadi Kripik Aneka Rasa di Yayasan AL-JUMHURIYAH Desa karangmulya

Kuliner | Saturday, 08 Oct 2022, 19:28 WIB

PENGOLAHAN SINGKONG MENJADI KRIPIK SINGKONG ANEKA RASA DI YAYASAN AL-JUMHURIYAH DESA KARANGMULYA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang berbentuk pengabdian mahasiswa pada masyarakat yang dilaksanakan secara interdisipliner, institusional, dan kemandirian sebagaimana amanat dari Tri Dharma Pergutuan Tinggi yang sudah diprogramkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Hal ini juga dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang Provinsi Jawa Parat yang berlokasi di Desa Karangmulya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat oleh mahasiswa Angkatan ke-4 program studi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iah selama dua bulan terhitung sejak tanggal 01 Agustus 2022 sampai 30 September 2022 yang terdiri dari Farhan Fauzi Heka P, Lilik Ari S, Syifa Nurul Zahra M, Yulia Rahmawati dan dibimbing oleh dosen Ade Ismail Fahmi, S. Ag., M.Pd.

Program kerja (proker) yang terdapat pada kegiatan KKN ini memiliki dua sub program yaitu Progam Ekonomi dan Program Pendidikan. Program-program tersebut merupakan sebuah kegiatan yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa KKN. Salah satu Program Kerja (Proker) rutin dalam bidang program Ekonomi yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Kelompok 5 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke 4 STIT RAKEYAN SANTANG KARAWANG yaitu " Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Desa Karangmulya di PAUD Al-Jamhuriyah ", Desa Karangmulya

Kegiatan KKN diawali dengan Observasi Lingkungan yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang Provinis Jawa Barat untuk memahami potensi yang terdapat di desa Karangmulya dan focus group discussion (FGD) bersama masyarakat desa karangmulya di PAUD Al-Jamhuriyah. Kemudian diputuskanlah program kerja yang dilakukan mahasiswa selama KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) 2 bulan terhitung sejak tanggal 01 Agustus 2022 sampai 30 September 2022.

Selanjutnya kami mendiskusikan dan merencanakan bersama Pihak yayasan PAUD Al-Jamhuriyah Desa Karangmulya dan Kader setempat perihal program ekonomi dan hari yang di tentukan untuk sosialisasi pada hari Jumat 9 september 2022 dengan tema “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Desa Karangmulya di PAUD Al-Jamhuriyah” bersama Kader setempat.

Dipilihlah Keripik Singkong sebagai program unggulan desa karena wilayah ini banyak yang menanam tumbuhan singkong yang melimpah dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan, salah satunya adalah Keripik Singkong.

"Makanan ringan yang banyak digemari di masyarakat karena harga yang terjangkau dan mudah dibawa kemana-mana dan dapat dimakan dimanapun dan diwaktu kapanpun”

Adapun program yang kami rencanakan yaitu Sosialisasi tentang pembuatan kripik singkong, dan pengemasannya.

Alat dan Bahan yang digunakan dalam pembuatan kripik singkong :

Ø Alat :

- Kompor

- Gas

- Wajan

- Selokan

- Parutan Singkong

Ø Bahan :

- Singkong

- Kapur sirih

- Bumbu Balado

o Bawang Putih

o Bawang Merah

o Cabe Merah Kriting

o Cabe Merah Besar

o Cabe Rawit

- Gula Jawa

- Gula Pasir

- Asam Jawa

- Garam

- Masako

Langkah-langkahnya yaitu :

1. Sosialisasi pembuatan kripik singkong

(Sumber : Dokumen Pribadi)
(Sumber : Dokumen Pribadi)

3. Proses Pengemasan Kripik Singkong

Dengan terlaksanakannya Sosialisasi Keripik Singkong ini dapat memberikan peluang bagi Kader setempat untuk membuka usaha kecil-kecil untuk mengisi waktu luang dan memanfaatkan potensi desa yang memiliki bahan baku singkong yang melimpah dan mudah didapat.

Adanya sosialisasi ini memberikan inovasi rasa yang berbeda dari yang lainnya, seperti Keripik Singkong Bumbu Jagung Manis, Kripik Singkong Bumbu BBQ dan Keripik Singkong Bumbu Basah Pedas bahan-bahannya juga mudah didapatkan dan sangat sederhana, keripik singkong ini dapat bertahan selama 1 minggu.

(Sumber : Dokumen Pribadi)

Harapan kami dengan adanya program ini adalah dapat memberikan peluang usaha bagi para Kader sekitar Desa Karangmulya RW.05 dan menjadikan Produk unggulan.

Penulis : Farhan Fauzi Heka Perdana, Lilik Ari S, Syifa Nurul Zahra M, Yulia Rahmawati

Dosen Pembimbing : Ade Ismail Fahmi, S.Ag., M.Pd

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image