Tragedi Pintu 13 Kanjuruhan

Image
Cece'Ciribony Cece'Ciribony
Politik | Friday, 07 Oct 2022, 08:53 WIB

Oleh: Mariyam Sundari (Reporter/Penulis)

Berdasarkan kesaksian Eko Arianto Aremania dari distrik Dau, yang sempat hadir sebagai saksi dalam konferensi pers Federasi Komisi untuk orang hilang dan korban tindak kekerasan. Terkait kejadian dalam Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu 1 Oktober lalu. Ia mengatakan, “Di lantai dekat pintu 13, banyak perempuan dan anak-anak tergeletak bertumpukan – lemas, meregang nyawa.” (suara.com, Senin (3/10/2022).

Ini disebabkan karena pintu keluar 13 terkunci rapat-rapat. Sedangkan dari arah lapangan, gas air mata terus ditembakkan oleh aparat keamanan. Di pintu 13 itu banyak perempuan, laki-laki, juga termasuk anak-anak Aremania yang terperangkap sehingga berdesakan untuk keluar.

Ketika keadaan darurat, aparat yang ada di luar tidak mau memberikan pertolongan kepada Aremania yang terjebak di pintu 13. Kesaksian ini juga, dialami oleh Eko sebagai saksi yang berada di luar Stadion. Ia berusaha mencari pertolongan, ketika ia bertemu aparat meminta tolong untuk membukakan gerbang 13, namun aparat itu bertindak kasar dan hendak melakukan pemukulan. Aparat menganggap bahwa temannya (sesama aparat), lebih layak diselamatkan.

Inilah wajah kapitalis di negeri ini, yang mengedepankan keuntungan pribadi atau golongannya sendiri, tanpa mempedulikan nasib orang lain. Oleh sebab itu, negeri ini membutuhkan para pemimpin dan tindak keamanan yang peduli terhadap nyawa orang lain. Supaya tidak terjadi lagi peristiwa kematian massal ini. Tidak lain, aturan itu hanya ada dalam Islam. Wallahualam. []

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

MUSLIMAH BERPOLITIK WUJUD KETAATAN

Perjuangan Hakiki Berbuah Kemenangan Hakiki

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mahasiswi Prodi Bidan Unisa Yogya Raih Juara 1 Puisi Tingkat Nasional

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image