Pemikiran Fikih Ekonomi Syariah Ahmad Azhar Basyir

Image
Januariansyah Arfaizar
Ekonomi Syariah | Wednesday, 05 Oct 2022, 22:02 WIB

Fikih ekonomi syariah didasarkan atas berbagai sumber, diantaranya dari sumber agama yang sifatnya primer, yaitu Alquran dan Sunnah, sebagian lagi dari sumber sekunder yang disepakati oleh sebagian besar ulama fikih, yaitu ijma’ dan qiyas.

Fikih dalam pandangan masyarakat muslim dapat dipahami bukan hanya sebatas aturan-aturan formal yang mengatur tentang ibadah seperti shalat, puasa, haji, dan bukan hanya mengatur interaksi antar manusia saja.

Namun fikih memiliki pengertian yang sangat luas, sebagaimana fikih yang berkembang khususnya di Indonesia menjadi pondasi utama bagi masyarakat, sebagai mana tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Kontribusi cendekiawan dan ulama muslim di Indonesia terhadap perkembangan ekonomi syariah mencetuskan pemikiran-pemikiran yang identik dengan keIndonesiaan tanpa keluar dari koridor syariat.

Akan tetapi pemikiran-pemikiran cendekiawan muslim Indonesia masih belum begitu dikenal di dunia karena kurangnya karya yang diterjemahkan ke bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Ulama memiliki peran penting dalam perkembangan hukum Islam dan ekonomi syariah khususnya di Indonesia, salah satu tokoh yang diakui yaitu Ahmad Azhar Basyir. Beliau merupakan tokoh penting pembaharuan hukum Islam di Indonesia, diantaranya adalah dalam konteks fikih ekonomi syariah yang saat ini menjadi pedoman di Indonesia.

Menurut Ahmad Azhar Basyir, Indonesia saat ini sedang memasuki fase permulaan, fase munculnya kesadaran muslim akan prinsip-prinsip Islam, salah satunya pada sektor ekonomi syariah. Hal ini dapat diamati dengan menjamurnya layanan perbankan syariah dan berbagai produk keuangan dengan label syariah.

Pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip Islam di Indonesia masih belum tersebar secara merata, hanya berada di suatu golongan atau satu tempat saja. Meski begitu masih ada harapan untuk ke depanya bahwa nilai-nilai ekonomi syariah dapat diterapkan secara keseluruhan bagi umat muslim di Indonesia.

Ahmad Azhar Basyir mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak beliau menjadi dosen di fakultas Filsafat Universitas Gajah Mada tahun 1980-an. Keterlibatan beliau dalam pengurus pusat Muhammadiyah semakin dikenal sebagai ulama yang memiliki kecerdasan intelektual.

Ahmad Azhar Basyir seringkali memunculkan dua konsep pemikiran dalam mengulas keilmuan dalam bidang fikih yaitu pentingnya tajdid dalam berbagai persoalan kontemporer dan gagasan tentang aturan-aturan tegas dalam ekonomi syariah yang selaras dengan waktu dan tempat.

Kerangka berfikir Ahmad Azhar Basyir dalam fikih ekonomi syariah di Indonesia tersebut diatas telah banyak digunakan dan dijadikan pedoman dalam berbagai praktik-praktik ekonomi syariah. Selanjutnya menjadi tugas kita sebagai umat muslim untuk melanggengkan prinsip-prinsip syariah yang telah disyiarkan oleh ulama dan menjadikanya pedoman hidup.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dosen STAI Yogyakarta - Kandidat Doktor Prodi Hukum Islam Program Doktor FIAI UII

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

INDONESIA MASUK DALAM DAFTAR WISATA HALAL TERBAIK DIDUNIA

Image

Download Video YouTube ke Lagu MP3 Gratis 2022 YTMP3

Image

Karutan Prabumulih Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022

Image

Jadi Negara Arab yang Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022, Begini Fakta The Lion Atlas

Image

Kebijakan Fiskal Dalam Perspektif Islam

Image

UMKM SEBAGAI SOLUSI DALAM MENGHADAPI RESESI GLOBAL 2023

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image