Semarak Harum Menguning Bunga Angsana

Image
Yupiter Sulifan
Info Terkini | Tuesday, 04 Oct 2022, 11:41 WIB

Mungkin, banyak orang yang tidak memerhatikan kalau pohon angsana atau sonokembang ini memiliki bunga yang cantik lagi harum. Pohon angsana yang biasa ditanam di pinggir jalan ini dianggap sebagai peneduh saja dari terik matahari. Wajar, karena batang, ranting dan daunnya memayung dari pohon yang tinggi menjulang hingga 15 meter.

Pohon angsana disamping pintu keluar terminal Purabaya Bungurasih (4/10) memperlihatkan bunganya, kuning lagi harum. (foto : Yupiter S)

Angsana yang memiliki nama latin Pterocarpus indicus ini sebenarnya salah satu dari sekian pohon yang digunakan pada proyek pengembangan hutan kota. Walau asli tanaman Indonesia, tapi angsana ini jarang dikenali karena memiliki nama yang berbeda di tiap daerah.

Kayu batangnya biasa digunakan sebagai bahan meubel karena kepadatan seratnya. Dan yang tak kalah uniknya yakni bunga angsana yang memiliki bau harum semerbak ketika mekar.

Pertengahan bulan September hingga Oktober, untaian bunga angsana ini bermekaran sembari mengeluarkan bau harum. Bila saat ini Anda berkesempatan singgah di kota Sidoarjo, terutama tatkala melewati jalan raya A. Yani yang membentang dari daerah Waru hingga alun-alun kota maka akan menemui bunga angsana.

Bunga yang memiliki kelamin ganda ini berwarna kuning dan berbau harum. Sesaat setelah mekar, helai mahkotanya akan luruh dan menghiasi tanah sekitarnya. Praktis, bila kita melewati bawah pohon angsana maka akan mendapati tanah yang menguning serta berbau harum.

Ya, disepanjang jalan raya Waru hingga ALun-alun kota Sidoarjo akan didapati pohon angsana yang berbunga kuning menebar bau harum. Sungguh suatu hal yang sia-sia bila kita tidak memerhatikan angsana ini. Kita lebih mengagungkan tanaman dari luar negeri ketimbang tanaman asli Indonesia hanya karena keindahan bunganya.

Apakah menunggu kepunahan angsana untuk lebih giat memerhatikan nasibnya? Semoga saja tidak terjadi hal demikian.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggemar berkebun, fotografi, kesehatan dan segala hal yang berkaitan dengan sejarah

Pantun Suka Cita

Dalam KurMer, Guru BK Muter-muter

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ledakan Disforia Gender Anak di Barat

Image

Mahasiswi Prodi Bidan Unisa Yogya Raih Juara 1 Puisi Tingkat Nasional

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image