Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mhd Ali

Teknik Mikrostruktur Dari Perbedaan SEM dan TEM

Edukasi | Friday, 30 Sep 2022, 09:26 WIB

Pada kali ini kita akan membahas mengenai pengujian sifat fisik dari suatu produk pangan yang mana kita akan fokus mengenai teknik mikrostruktur. Teknik mikrostruktur itu apa sih? Jadi teknik mikrostruktur merupakan teknik yang bisa kita lakukan apabila kita ingin melihat struktur dari suatu bahan pangan dengan skala kecil.

Kita bisa menggunakan mikroskop elektron yang memiliki perbesaran hingga satu juta kali, sehingga pada pembahasan kali ini kita akan membahas karakteristik tentang mikroskop elektron seperti apa.

Ada dua jenis mikroskop elektron yang umum dilakukan dalam pengujian produk pangan yang pertama adalah SEM atau scanning electron microscopy dan yang kedua adalah TEM atau transmission electron microscopy.

Apa sih perbedaan dari mikroskop elektron dengan mikroskop yang lainnya? Sesuai dengan namanya mikroskop elektron pasti menggunakan elektron sebagai imaging agents atau sumber untuk menghasilkan gambar.

Teknik ini bisa memisahkan masing-masing atom dan menggunakan teknik ini bisa dilakukan perbesaran antara 20 hingga 1.000.000 kali. Adapun hasil yang dikeluarkan dari kedua mikroskop ini itu tidak kontras jadi warnanya itu antara hitam, puti,h abu-abu jadi tidak kontras seperti pada mikroskop cahaya.

Yang menarik pada mikroskop elektron diperlukan kondisi yang sangat vakum karena apabila kondisinya tidak vakum maka elektron yaitu susah untuk diarahkan, jadi tidak bisa untuk diarahkan supaya fokus mengenai spesimen atau sampel kita.

SEM (Scanning Electron Microscope)

Pada mikroskop SEM ada electron gun yang digunakan untuk menembakkan elektron yang akan diarahkan kepada sampel. Pada SEM elektron ini akan ditumpukkan kepada permukaan sampel dan kemudian elektron itu akan dihamburkan.

Hamburan elektron dari permukaan sampel ini itulah yang akan dibaca alat dan ditranformasikan menjadi gambar, sehingga output dari SEM ini adalah gambar 3 dimensi.

TEM (Transmission Electron Microscope)

Apabila dibandingkan dengan SEM, pembesaran dari TEM ini adalah jauh lebih besar bila dibandingkan dengan SEM. Apa yang membedakan? TEM ini bila diibaratkan dia seperti projector karena elektron yang dikeluarkan dari elektron gun itu akan ditembakkan menembus spesimen.

Jadi kalau tadi pada SEM elektron itu tidak menembus tetapi dihamburkan oleh permukaannya. Tetapi kalau pada TEM elektron ini akan menembus spesimen, sampel untuk TEM harus tipis supaya bisa ditembus.

Kemudian ada beberapa yang sifatnya itu seperti projector sehingga akan menampilkan gambar yang lebih besar, sehingga hasil gambar atau output dari TEM ini adalah gambar 2 dimensi dan warnanya sama hitam putih.

Sekian penjelasan singkat mengenai teknik mikrostruktur dan perbedaan antara SEM dan TEM.

sumber: https://www.lemariasam.id/mikroskop/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image