Teknik Mikrostruktur Dari Perbedaan SEM dan TEM

Image
Mhd Ali
Edukasi | Friday, 30 Sep 2022, 09:26 WIB

Pada kali ini kita akan membahas mengenai pengujian sifat fisik dari suatu produk pangan yang mana kita akan fokus mengenai teknik mikrostruktur. Teknik mikrostruktur itu apa sih? Jadi teknik mikrostruktur merupakan teknik yang bisa kita lakukan apabila kita ingin melihat struktur dari suatu bahan pangan dengan skala kecil.

Kita bisa menggunakan mikroskop elektron yang memiliki perbesaran hingga satu juta kali, sehingga pada pembahasan kali ini kita akan membahas karakteristik tentang mikroskop elektron seperti apa.

Ada dua jenis mikroskop elektron yang umum dilakukan dalam pengujian produk pangan yang pertama adalah SEM atau scanning electron microscopy dan yang kedua adalah TEM atau transmission electron microscopy.

Apa sih perbedaan dari mikroskop elektron dengan mikroskop yang lainnya? Sesuai dengan namanya mikroskop elektron pasti menggunakan elektron sebagai imaging agents atau sumber untuk menghasilkan gambar.

Teknik ini bisa memisahkan masing-masing atom dan menggunakan teknik ini bisa dilakukan perbesaran antara 20 hingga 1.000.000 kali. Adapun hasil yang dikeluarkan dari kedua mikroskop ini itu tidak kontras jadi warnanya itu antara hitam, puti,h abu-abu jadi tidak kontras seperti pada mikroskop cahaya.

Yang menarik pada mikroskop elektron diperlukan kondisi yang sangat vakum karena apabila kondisinya tidak vakum maka elektron yaitu susah untuk diarahkan, jadi tidak bisa untuk diarahkan supaya fokus mengenai spesimen atau sampel kita.

SEM (Scanning Electron Microscope)

Pada mikroskop SEM ada electron gun yang digunakan untuk menembakkan elektron yang akan diarahkan kepada sampel. Pada SEM elektron ini akan ditumpukkan kepada permukaan sampel dan kemudian elektron itu akan dihamburkan.

Hamburan elektron dari permukaan sampel ini itulah yang akan dibaca alat dan ditranformasikan menjadi gambar, sehingga output dari SEM ini adalah gambar 3 dimensi.

TEM (Transmission Electron Microscope)

Apabila dibandingkan dengan SEM, pembesaran dari TEM ini adalah jauh lebih besar bila dibandingkan dengan SEM. Apa yang membedakan? TEM ini bila diibaratkan dia seperti projector karena elektron yang dikeluarkan dari elektron gun itu akan ditembakkan menembus spesimen.

Jadi kalau tadi pada SEM elektron itu tidak menembus tetapi dihamburkan oleh permukaannya. Tetapi kalau pada TEM elektron ini akan menembus spesimen, sampel untuk TEM harus tipis supaya bisa ditembus.

Kemudian ada beberapa yang sifatnya itu seperti projector sehingga akan menampilkan gambar yang lebih besar, sehingga hasil gambar atau output dari TEM ini adalah gambar 2 dimensi dan warnanya sama hitam putih.

Sekian penjelasan singkat mengenai teknik mikrostruktur dan perbedaan antara SEM dan TEM.

sumber: https://www.lemariasam.id/mikroskop/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Digital Marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mahasiswi Prodi Bidan Unisa Yogya Raih Juara 1 Puisi Tingkat Nasional

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image