JANGAN BERKATA SEMBARANGAN PADA PASIEN KOMA

Image
Aris Nur Ramdhani
Agama | Saturday, 04 Dec 2021, 13:26 WIB

Barangkali ada yang pernah dengar pasien yang dirawat di ruang intensid (ICU) dalam keadaan koma bisa mendengar suara disekitarnya? Pernyataan itu benar sekali. Seseorang yang berada diakhir fase hidupnya biasanya akan ada dlm kondisi tidur lebih lama. Dalam pemeriksaan elektroensepalogram (EEG) gelombang otak pasien itu menggambarkan bahwa indera pendengaran adalah indera yang paling akhir menghilang (Clark, 2006).

Seorang pasien di Inggris menuturkan pengalamannya yg tidak terlupakan saat dia sembuh dari ICU, dia bisa mendengar secara jelas suara disekitarnya. Tenaga kesehatan saya yakin pernah menjadi saksinya atau bahkan keluarga yang menemani pasien. Bagi tenaga kesehatan terutama Ners memiliki peranan yg sangat vital pada pasien menjelang ajal (dying phase).

Intervensi keperawatan yg dapat dilakukan diantaranya menciptakan kenyamanan (memberikan terapi penghilang rasa nyeri, menghentikan intervensi yang tidak perlu), kemampuan berkomunikasi dengan keluarga, memberikan kebutuhan spiritual, memberikan kesiapan koping pada keluarga, dan bersikap empati (Ellershaw, 2003; Vanoba, 2017). Maka ketika ada pasien menjelang ajal berikan sikap empati, berikan respon yang sesuai, dan bimbinglah sesuai keyakinan dan agamanya

Dalam agama Islam, Rasulullah SAW menganjurkan untuk men-talqin pasien tsb.
"Tuntunlah seseorang yang akan meninggal dunia untuk mengucapkan kalimat: Laa ilaaha illa Allah" (H.R. Muslim).

Kesimpulannya pasien menjelang ajal meskipun tidak sadar dapat mendengar lingkungannya oleh karena itu katakanlah perkataan yang baik dan komunikasi yg baik, tidak menceritakan dan membahas sesuatu yang kurang baik disekitar pasien yang tengah koma.

Foto: jakarta.bisnis.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Ners, relawan, senang berbagi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image