Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Al Dard Iansyah

Water Quality Monitoring System Untuk Solusi Pemantauan Kualitas Air

Teknologi | Tuesday, 27 Sep 2022, 13:48 WIB

Air merupakan sumber alam yang benar-benar berguna bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu sebaiknya kita menjaga mutu air yang sehari-hari kita gunakan. Belum lama ini bahkan ada satu studi yang memproyeksikan bahwa industri water quality monitoring system akan menempuh angka hingga $6,7 miliar pada tahun 2025, tumbuh dari $3,8 miliar yang diciptakan industri pada tahun 2017. Jadi, yuk mengetahui water quality monitoring system untuk solusi pemantauan kualitas air.

Hal hal yang demikian, membuat pemerintah dan organisasi meningkatkan pemantauan air, termasuk efek dari sejumlah besar bahan kimia yang kita pakai tiap hari. Sistem yang disarankan yaitu dengan memakai salah satu instrumen untuk Water Quality Analyzer, yakni HMA-2000 Series yang berfungsi memantau mutu air untuk menentukan air yang aman dan bebas dari kontaminan seperti logam berat.

HMA-2000 Series

Manfaat Solusi Pemantauan Kualitas Air

Seperti namanya Water Quality Monitoring System adalah solusi untuk memonitoring dan memantau mutu air. Biasanya metode ini dipasang pada instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Selain, menjadi salah satu upaya untuk menerima air yang bersih, water quality monitoring ini juga bertujuan untuk:

Mencari Keakuratan Data

Agar para pelaku di industri bisa mencari keakuratan data yang pasti, diperlukan instrumen serta sensor yang andal. HMA-2000 Series ini adalah instrumen yang mempunyai ketepatan sensor yang amat diperlukan untuk keperluan water quality monitoring.

Efisiensi Water Quality Monitoring

Memilih instrumen dan sensor untuk SPARING (Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus Dan Dalam Jaringan) lebih bagus jangan asal pilih, ada sebagian instrumen dan sensor yang murah namun tak cocok dengan keperluan dan fitur. Sebab nanti akan berakibat ketika pengoperasian WWTP (Wastewater Treatment Plant) yang menyebabkan tak tepat sasaran dan efisien.

Alat dan Perangkat Lunak Yang Digunakan Untuk Untuk Water Quality Monitoring System

Berikut sebagian alat dan perangkat lunak yang biasa diaplikasikan dikala pengerjaan Water Quality Monitoring System:

RTU (Remote Terminal Unit)

Alat pertama ada Remote Terminal Unit terdiri dari data logger, modem GSM, modul GPS dipakai pada device mobile) dengan menerapkan cara nirkabel dan bracket sensor (juga dipakai pada device mobile) merupakan metode dan kelengkapan yang dapat diaplikasikan mutu air secara real–time.

Multi Probe Sensor

Multi probe sensor ini berfungsi sebagai pengukur poin dari sebagian parameter air yang sedang dipantau pada spot tertentu. Pusat sensor ini dikontrol seketika oleh data logger yang menunggu instruksi untuk permintaan data.

Hasil pengevaluasiannya nanti akan terekam dan tersimpan di dalam memori data logger, yang akan akan dikirimkan segera ke pusat data melewati bagian komunikasi yakni modem GSM.

Data Logger

Fungsi alat ini adalah unit pengendali metode dan pemantauan air.

GPS Module

GPS Module menjadi salah satu alat yang menerima sinyal dari koordinat posisi pemantauan via komunikasi dengan memakai sebagian satelit GPS. Nantinya data yang diterima akan berupa streaming text yang direkam pada saat pengevaluasian dan pemantauan mutu air saja yang pantas dengan parameter operasi data logger.

Modem GSM

Modem GSM semestinya dipakai di tiap RTU, dan tiap RTU mempunyai satu unit dan satu unit lain untuk diletakkan di sentra data. Modem GSM juga dalam posisi siaga untuk mengirim dan mendapatkan pesan, dari data logger ataupun sentra data atau dapat sebaliknya.

Sentra Data & Online Monitoring

Data-data yang diterima akan masuk ke dalam sentra data, yang mana perangkat sentra data terdiri satu set komputer yang mempunyai spesifikasi seperti server dan akan terinstal perangkat lunak untuk memonitoring mutu air.

Server akan terhubung dengan tiap data logger secara terencana, hal tersebut merupakan proses pelaksanaan dimana pertukaran data yang akan didapat server seketika via data logger, berikutnya data yang diterima akan diproses oleh aplikasi database agar bisa ditampilkan ke dalam format angka kembali atau grafik dan laporan yang diperlukan.

Itulah penjelasan mengenai water quality monitoring system. Hubungi kami di Office: 021-2956-3045, : [email protected], Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri), 0822-5870-6420 (Anto) jikalau Anda berminat dengan cara monitoring mutu air kami.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image