SMPN 1 BULUKUMBA, PTS TINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR

Image
Darma Wati
Eduaksi | Tuesday, 27 Sep 2022, 12:57 WIB

Penilaian pada satuan pendidikan terdiri dari penilaian oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian oleh pendidik dilaksanakan pada saat PBM sesuai dengan program masing-masing

Penilaian oleh satuan pendidikan terdiri dari PTS dan PAS/PAT. Penjadwalan PTS sangat tergantung dari Kalender pendidikan dan rincian alokasi waktu yang telah dirancang di awal semester. Pelaksanakaan penilaian tengah semester yang disingkat PTS merupakan salah satu jenis asesmen untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik. PTS ini biasanya dilaksanakan pekan ke 9 semester berjalan.

Demikian pula halnya di SMPN 1 Bulukumba, sekolah yang terletak di jantung Kota Bulukumba, Prov. Provinsi Sulawesi Selatan. Penilaian tengah semester di sekolah ini dilaksanakan secara blok dan berlangsung dari tanggal 21 s.d 27 September 2022. PTS yang diikuti oleh seluruh siswa kecuali yang sakit. Siswa yang sakit akan diberikan ujian susulan yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Mengenai pelaksanaan PTS ini, Ansar Langnge, S.Pd.,M.M., selaku kepala sekolah di satuan pendidikan ini mengatakan," Untuk PTS kali ini, dari hasil pemantauan sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Hal ini sejalan dengan pendapat ketua panitia ujian tengah semester, Hj. Hasmiati, M.Pd., menyatakan bahwa pelaksanaan PTS ini sangat tertib berkat kolaborasi panitia dan seluruh pengawas yang ditugaskan pada PTS ini.

Hasil dari pelaksanaan PTS ini kelak akan memberikan deskripsi mengenai capaian hasil belajar murid setengah semester berjalan.

Adapun tujuan dari PTS, antara lain:

Bentuk evaluasi untuk mengetahui capaian siswaTentunya berfungsi sebagai pendorong peningkatan mutu belajarSebagai alat pengendali mutu pendidikan secara umum

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang guru. Menulis adalah salah satu hobi saya, dan Belajar sepanjang hayat adalah prinsip hidup saya.

SELENDANG PERKASA

Bentuk Karakter Anak Melalui Puasa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Image

Unisa Yogyakarta Tandatangani Kerjasama dengan Pemkab Kapuas Hulu

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image