Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nuril khomsiyati

Visitasi Akreditasi SD Muhammadiyah Kedundang Diwarnai Rasa Ceria

Sekolah | Saturday, 24 Sep 2022, 22:52 WIB

Akreditasi sekolah merupakan proses evaluasi serta penilaian kualitas sebuah institusi yang dilakukan oleh tim ahli (asesor) berdasarkan pada standar mutu yang telah ditetapkan. Mutu tersebut memuat 4 komponen utama yaitu mutu lulusan, manajemen sekolah, proses pembelajaran dan mutu sekolah. Komponen tersebut dijabarkan menjadi 36 indikator utama. Setiap indikator terdapat beberapa butir indikator yang akan dinilai. Proses akreditasi sekolah terdapat dua tahap. Tahap pertama adalah mengunggah dokumen. Setiap institusi wajib mengupload dokumen yang diperlukan dengan format dokumen berupa pdf dan maksimal ukurannya 2 MB. Dokumen tersebut diupload melalui website sispena. Adapun tahap kedua yaitu visitasi akreditasi. Tim asesor dari BAN-SM secara acak menunjuk sekolah/madrasah yang akan dikunjungi.

Senin, 5 September merupakan hari pertama visitasi akreditasi. Tim asesor berasal dari BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional)-Sekolah/Madrasah. Seperti biasanya kami melaksanakan aktivitas di lingkungan sekolah seperti biasanya. Tanpa ada yang dikurangi atau ditambah sedikitpun. Senin, 5 September adalah hari Senin maka seperti biasanya kami melaksanakan upacara bendera. Upacara bendera dimulai tepat pukul 06.45 WIB. Dugaan kami salah, ternyata saat upacara bendera berlangsung tim asesor belum datang. Akan tetapi, kami sudah didampingi oleh bapak pengawas sekolah dasar Kapanewon Temon.

Sekitar pukul 07.52 WIB tim asesor telah datang ke sekolah kami. Kedatangan mereka disambut meriah dengan alunan musik angklung yang ditampilkan oleh siswa kelas 1 dan 2. Tepuk tangan riuh mengakhiri penyambutan tim asesor. Agenda selanjutnya adalah perkenalan semua guru dan tenaga kependidikan dari sekolah kami. Masing-masing memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, jurusan kuliah, gelar, asal kampus dan tugasnya di sekolah. Disusul dengan wawancara kepada kepala sekolah dan orang tua siswa. Sekitar pukul 13.00 WIB kami diwawancarai oleh tim asesor. Perasaan sedikit tegang menyelimuti wajah kita. Kita sangat berharap agar pertanyaan yang dilontarkan kepada kami tidak terlalu sulit. Akhirnya, harapan kami benar-benar terkabul. Tim asesor bertanya kepada kami tentang tata tertib, MoU dengan pihak masyarakat, prestasi yang diraih oleh sekolah. Kira-kira pukul 14.41 WIB wawancara tersebut sudah selesai.

Selasa, 6 September 2022 merupakan hari kedua sekolah kami divisitasi akreditasi. Kali ini tim asesor akan mengamati secara langsung proses pembelajaran di dalam kelas. Kelas yang diamati adalah kelas 2 dan 4. Guru kelas 2 dan 4 memberikan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada tim asesor sebelum pembelajaran dimulai. Tim asesor mengamati proses pembelajaran sekitar 2 × 35 menit atau selama 2 jam pembelajaran.

Sesi selanjutnya adalah mengisi survei dan tanya jawab tentang bullying. Namun, kali ini narasumbernya adalah para siswa yang jumlahnya kurang lebih 15 siswa. Mereka harus mengisi survei menggunakan smartphone selama 15 menit. Setelah itu mereka akan diwawancarai. Sesi terakhir, tim asesor memberikan saran, masukan dan rekomendasi smeentara untuk kemajuan SD Muhamamdiyah Kredundang. Kegiatan akreditasi pada hari kedua berakhir kira-kira pada pukul 15.06 WIB. Kami tersenyum dengan lega. Kegiatan perpisahan ditutup mdengan foto bersama di depan sekolah. Aura bahagia terpancar jelas dari wajah kami.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image