Macam-Macam Media Pembelajaran Bahasa Arab & Trik Memilihnya

Image
MUTIATURROHMA 2021
Eduaksi | Thursday, 02 Dec 2021, 23:55 WIB

Apa hal yang terlintas pertama kali di benak kalian ketika mendengar pelajaran Bahasa Arab? Susah? Sulit? Mumet? Ya, sampai detik ini masih banyak orang yang memandang bahwa Bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit untuk di pahami. Bahkan tak jarang orang yang memandang sebelah mata bahasa Arab.

Apa fungsi mempelajari bahasa Arab? Seperti yang kita ketahui, kitab suci umat Islam menggunakan bahasa Arab, maka dari itu kita sebagai umat islam harus menguasai bahasa Arab agar dapat mempelajari kitab suci kita, yaitu Al-Qur’an. Selain itu, kitab-kitab karangan ulama terdahulu juga menggunakan bahasa Arab, yang mana kitab-kita tersebut berisi tentang pengetahuan- pengetahuan agama Islam. Lalu bagaimana dengan yang non muslim? Apa fungsi nya mempelajari bahasa Arab? Bahasa Arab telah di tetapkan menjadi bahasa Internasional, Indonesia harus bisa bersaing di dunia Internasional dengan menguasai bahasa Arab. Maka dari itu, orang non islam juga harus menguasai bahasa Arab agar dapat memajukan Indonesia dan bersaing di dunia Internasional.

Tentu telah kita ketahui bahwa proses belajar mengajar merupakan suatu Komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Agar komunikasi tersebut dapat berjalan dengan baik, maka di butuhkan media. Dimana media pembelajaran tersebut yang dapat menunjang proses pembelajaran agar berjalan dengan baik. Pengertian Media pembelajaran sendiri adalah sarana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peranan strategis pada proses aktivitas pembelajaran. Selain berperan menarik minat atau perhatian anak didik, dia pula berperan mengungkapkan pesan yang ingin disampaikan pada setiap mata pelajaran. Media pembelajarn berperan penting dalam pembelajaran bahasa asing , termasuk untuk pembelajaran bahasa Arab. Media pembelajaran bukan saja baik untuk pembelajar anak-anak tetapi juga untuk pembelajar dewasa. Media pembelajaran memiliki beberapa macam, yang memiliki fungsi tersendiri

Adapun Macam- macam Media Pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut :

1. Media Pandang (Visual /Bashariyah)

Contoh dari Media Pandang ini diantaranya papan tulis, papan flanel, all chart, flash card dsb.

2. Media Dengar (Audio/ Sam’iyah)

Contoh dari Media Dengar ini diantaranya Radio, Tape recorder, laboratorium bahasa

3. Media Pandang dengar (Audio-visual/sam’iyah-bashariyah)

Contoh dari Media Pandang dengar diantaranya Televisi, Komputer

Sedangkan perincian untuk media pembelajaran keterampilan berbahasa Arab yaitu:

pertama, media pembelajaran istima’ (mendengar). Adapun yang termasuk ke dalam media ini adalah: compact disk (CD), casset recorder, peragaan, dan lain-lain.

Kedua, media pembelajaran kalam (berbicara). Berbicara merupakan kegiatan berbahasa yang aktif dari seorang pemakai bahasa

Ketiga, media pembelajaran qira’ah (membaca). Adapun media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran keterampilan membaca antara lain: teks bacaan, laboratorium baca, dan lain-lain.

Keempat, media pembelajaran kitabah (menulis). Adapun media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran kitabah antara lain adalah: kaset rekaman, foto dan gambar, lembar fotocopy tulisan.

Adapun tips dalam pemilihan Media Pembelajaran adalah sebagai berikut :

1) Pilihlah Media Pembelajaran yang sesuai dengan Tujuan pembelajaran

2) Pilihlah Media yang menarik bagi peserta didik

3) Pilihlah Media yang relevan dengan Kurikulum yang berlaku

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Image

Apa itu Swagbucks Apk? Situs Nonton Video Dibayar Uang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image