Wali Siswa Matsanaba Ikut Berbagi Ratusan Bungkus Nasi Makah

Image
Ely Widayati
Eduaksi | Friday, 23 Sep 2022, 11:07 WIB

Menukil potongan ayat yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al Baqarah 2 ayat 254). Berangkat dari dasar inilah sejak beberapa bulan yang lalu, MTsN 6 Bantul mulai menggalakkan gerak sedekah Jumat berkah. Hari istimewa itu juga digelar mujahadah rutin yang diikuti oleh para guru, pegawai dan siswa MTsN 6 Bantul.

Kali ini sebanyak 220 nasi bungkus ludes terbagikan kepada para siswa MTsN 6 Bantul pada Jumat 23/09/2022. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari hari biasanya. Sebanyak 120 bungkus nasi makah berupakan sedekah dari guru MTsN 6 Bantul, tujuh puluh bungkus berasal dari sedekah mantan pegawai MTsN 6 Bantul dan sisanya berasal dari unsur orang tua wali siswa.

Petugas membagikan nasi makah untuk para siswa yang datang lebih awal

“Ini bukan kali pertama madrasah melaksanakan kegiatan sosial keagamaan dalam bentuk sedekah makanan pagi berupa nasi bungkus yang dinamakan dengan nasi Makah yang merupakan akronim dari nasi gratis tiap hari Jum’at berkah”, tambah kepala Madrasah Mafrudah.

Petugas yang piket pada hari Jumat juga menempatkan diri dan harus berangkat lebih pagi dari hari biasanya. Yang biasanya jam 06.30 maka untuk hari jumat petugas yang berjumlah sekitar tujuh orang dari unsur guru dan pegawai bertugas lebih pagi sekitar jam 06.45 WIB. Mereka yang datang awal menata dan menyiapkan sedekah jumat pagi berupa nasi Makah.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan sarapan pagi, lumayan untuk mengganjal perut. Biasanya kalua di pondok tidak sempat sarapan. Belum lagi antrian mandi pagi yang cukup menguras waktu”, ujar Khoirunnisa, salah seorang siswa yang merupakan santri dari Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendidik dan pemerhati sosial

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kalapas Batang Ikuti Kursus Orientasi Sedang Pramuka

Image

Tingkatkan Kedisiplinan CPNS Lapas Brebes Melaksanakan Apel Malam

Image

Etika Jurnalistik: Pelanggaran Privasi

Image

Plt Kalapas Purwokerto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Administrasi dan Fungsional

Image

Meningkatkan Kualitas Kinerja, Karutan Purworejo Menerima Pengarahan Kakanwil Kemenkumham Jateng

Image

Kanjuruhan 1 Oktober 2022 Tragedi Paling Kelam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image