Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

AKSI NYATA GURU PENGGERAK, Antologi Karya Para Guru Bandung Barat

Kabar | Wednesday, 21 Sep 2022, 20:07 WIB
Buku Aksi Nyata Guru Penggerak. dok.pribadi

Bandung Barat- Para calon guru penggerak dari Kab.Bandung Barat kembali menerbitkan buku antologi. Buku dengan judul Aksi Nyata Guru Penggerak ini merupakan antologi sejumlah parktik baik, dan aksi nyata para penulis selama mengikuti program calon guru penggerak (CGP) angkatan keempat yang diselenggarakan Kemendikbudristek.

Plt. Sekdisdik KBB, Dadang A. Sapardan, M.Pd. dok.pribadi

Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat, Dadang A.Sapardan, dalam sambutannya menyampaikan buku kumpulan aksi nyata para penulis ini menggambarkan sejumlah inovasi mereka dalam mendokumentasikan hasil pembelajaran selama mengikuti program CGP.

Ditambahkan Dadang A. Sapardan, para penulis berhasil menuangkan ide dan gagasan sesuai dengan apa yang diterima selama mengikuti program CGP. Selain itu, gaya bahasa dan tulisan yang mudah dicerna memberikan kesempatan para pembaca untuk menelaah maksud dan tujuan dari program CGP yang diluncurkan pemerintah selama ini secara utuh dan bermakna.

"Mereka (para penulis) berhasil menuangkan ide dan gagasan sesuai dengan apa yang diterima selama mengikuti program CGP. Selain itu, gaya bahasa dan tulisan yang mudah dicerna memberikan kesempatan para pembaca untuk menelaah maksud dan tujuan dari program CGP yang diluncurkan pemerintah selama ini secara utuh dan bermakna," ujar Dadang.

Lebih jauh disampaikannya, keseriusan para penulis dalam menyusun karya tersebut, menunjukkan keinginan kuat mereka untuk mempublikasikan hasil pembelajaran program CGP kepada para guru dan insan pendidikan.

Selain itu, masih menurut Dadang A. sapardan, para penulis memberikan salah satu contoh pemimpin pembelajaran yang mandiri, kreatif, dan inovatif, sesuai dengan peran dan nilai guru penggerak. Tentu pengalaman yang para penulis peroleh selama menjadi guru telah melatih mereka untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang diikuti dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di Web resmi Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat.

Karya yang terangkum pada buku Aksi Nyata Guru Penggerak merupakan antologi dari aksi nyata yang penulis susun saat mengikuti program Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kab. Bandung Barat yang diselenggarakan P4TK TK dan PLB (sekarang Balai Besar Guru Pengerak) Kemendikbudristek 2021. Semuanya telah dipublikasikan di sejumlah media resmi milik Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, dan nasional.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik KBB, Rustiyana, dalam testimoninya menyampaikan aksi nyata yang dituangkan dalam karya antologi ini, menjadi salah satu upaya para calon guru penggerak Kab.Bandung Barat untuk berbagi praktik baik kepada para guru seluruh Indonesia.

Kabid PSMP Disdik KBB, DR. Rustiyana. dok.pribadi

Menurutnya, buku tersebut dikemas sederhana, namun cukup kaya dengan pemikiran dan karya nyata para penulis di lingkungan satuan pendidikan masing-masing. Hal tersebut, semoga menjadi stimulus bagi guru lainnya untuk mendokumentasikan aksi nyata yang diperoleh selama mengikuti program calon guru penggerak untuk menjadi referensi perbaikan pendidikan di sekolah masing-masing.

Tokoh Pendidikan KBB, Drs. Moh.Ma'mun Hidayat. dok.pribadi

Senada dengan Moh.Ma'mun Hidayat, tokoh pendidikan Bandung Barat, menambahkan karya para guru tersebut diharapkan dapat menambah wawasan para pembaca, baik dari guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, komite sekolah, serta stakeholder pendidikan lainnya. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan ke depan sesuai dengan harapan semua pihak. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image