Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Terbuka Kendal

Ciptakan Sinergitas, Sat Binmas Polres Kendal Gelar Binkorpolsus di Lapas Terbuka Kendal

Info Terkini | Monday, 19 Sep 2022, 15:09 WIB

Kendal- Satuan Binmas Polres Kendal melaksanakan kegiatan pembinaan dan koordinasi terhadap Kepolisian Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas II B Kendal, Senin(19/09).

Kegiatan yang dikemas dalam Pembinaan dan Koordinasi Polisi Khusus (Binkorpolsus) dipimpin langsung oleh KBO Binmas Polres Kendal, Ipda Agus Sutopo, SH bertempat di Gedung Serba Guna Lapas Terbuka II B Kendal dengan jumlah peserta kegiatan 20 petugas Lapas.

“Kegiatan Binkorpolsus ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Polres Kendal setiap tahunnya”, ucap Agus mengawali sambutan.

Polsuspas atau Kepolisian Khusus Pemasyarakatan mempunyai tugas pokok untuk mengemban sebagian fungsi kepolisian baik secara Preemtif, Preventif dan Represif dalam rangka penegakan peraturan perundang-undangan. Dengan adanya kegiatan Binkorpolsus ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan kekompakan antara Lapas dan Kepolisian.

“Selain itu juga sebagi bentuk sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya terkhususnya di wilayah Kabupaten Kendal”, lanjut Agus.

Tugas Polsuspas di Lembaga Pemasyarakatan memang memerlukan kekhususan yang berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil biasa. Untuk itu diperlukan keterampilan dan kemampuan yang “lebih”. Sebagaimana fungsi Lembaga Pemasyarakatan, tidak lagi semata-mata untuk menghukum orang-orang yang melakukan kejahatan tetapi lebih kepada upaya pemasyarakatan terpidana.

Artinya tempat terpidana sungguh-sungguh dipersiapkan dengan baik agar kelak setelah masa hukumannya selesai akan kembali ke masyarakat dengan keterampilan tertentu yang sudah dilatih di Lapas/Rutan.

Dihadapan personil Polsuspas Lapas Terbuka Kendal, Aipda DR. Anwar Sodiq, SH, MA, MH (Kanit Bimkamsa) menyampaikan materi terkait Peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 tentang Kepolisian Khusus dan persyaratan pembuatan KTA Polsus.

Kalapas Terbuka Kendal melalui Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Jonet Darmawan Adi menyampaikan, “Dengan adanya penguatan Binkorpolsus bagi satuan Polsuspas di Lapas Terbuka II B Kendal ini dapat memberikan semangat dan edukasi bagi para petugas”, ucap Jonet.

Pihaknya berharap kegiatan positif seperti ini dapat rutin dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama dan sinergi Lapas Terbuka Kendal dan Polres Kendal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image