Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Imigrasi Muara Enim

Imigrasi Muara Enim Gelar Operasi Gabungan Tim PORA di Musi Rawas

Info Terkini | Tuesday, 13 Sep 2022, 15:41 WIB

Musi Rawas - Untuk mencegah dampak negatif akibat keberadaan dan kegiatan orang asing, Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel menyelenggarakan Operasi Gabungan Tim PORA di Kabupaten Musi Rawas, Selasa (13/9/2022).

Tim PORA Musi Rawas melaksanakan operasi gabungan (Dok. Humas Imigrasi Muara Enim)

Operasi gabungan ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel beserta jajaran, Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Kepala Seksi Inteldakim Kanim Muara Enim serta perwakilan instansi anggota Tim PORA Kabupaten Musi Rawas yang terdiri dari Kesbangpol, BNN, BIN, Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti, Disnaker, Disdukcapil, Kejari, Kemenag, Polres, Kodim, Kaposbinda dan Koordinator pengawas Ketenagakerjaan Kabupaten Musi Rawas.

Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha mengatakan operasi gabungan ini digelar untuk menjaga keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing.

"Kita tetap mengacu kepada kebijakan pemerintah di bidang keimigrasian serta aturan dari instansi yang lain yang mempunyai kewenangan dalam orang asing menurut aturan tugas dan fungsinya secara humanis dan mengedepankan sinergitas," ujarnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Herdaus memimpin langsung rapat persiapan Operasi Gabungan di Unit Kerja Keimigrasian Kabupaten Musi Rawas. Herdaus menjelaskan operasi gabungan merupakan salah satu kegiatan Tim PORA Provinsi Sumatera Selatan sebagai bentuk pembinaan humanis terhadap perusahaan yang mempekerjakan orang asing.

"Dengan demikian diharapkan terjalin kerja sama dan sinergitas yang baik antara instansi terkait, perusahaan dan orang asing di Kabupaten Musi Rawas," ungkapnya.

Pada operasi gabungan di wilayah Kabupaten Musi Rawas ini, target perusahaan yang dituju ialah PT. Agro Kati Lama yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit. Untuk mencapai lokasi perusahaan tersebut, Imigrasi Muara Enim bersama anggota Tim PORA Musi Rawas harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan roda empat.

Damanik selaku perwakilan dari PT. Agro Kati Lama memaparkan profil perusahaan dan melaporkan 1orang TKA berkewarganegaraan Malaysia pemegang ITAS yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim.

Anggota Tim PORA selanjutnya melakukan pengecekan lapangan berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing. Hasil pemeriksaan tim tidak menemukan pelanggaran keimigrasian terhadap dokumen keimigrasian Tenaga Kerja Asing di perusahaan tersebut.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto mengapresiasi jalannya kegiatan operasi gabungan di Musi Rawas sebagai salah satu bentuk pengawasan terhadap WNA.

Harun Sulianto menjelaskan bahwa kehadiran imigrasi diharapkan mendukung iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Sumatra Selatan, pungkasnya.

Sumber: kanimmuaraenim.kemenkumham.go.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image