100 Beasiswa Mahasiswa Baru Yang Diberikan Oleh Anggota DPR RI Komisi X kepada Unimuda Sorong

Image
Humas Unimuda Sorong
Eduaksi | Tuesday, 13 Sep 2022, 12:29 WIB

Pada Kamis, (8/9) lalu Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menggelar Pembukaan Masa Ta’aruf (MATRAS) dalam rangka menyambut mahasiswa baru di UNIMUDA Sorong yang digelar di Gedung Prof. Zamroni, Ph.D. selama tiga hari.

UNIMUDA Sorong yang pada tahun ini menerima sebanyak 1.512 mahasiswa baru mengadirkan Pejabat Bupati Sorong, Pejabat LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Pasmar III Sorong, Yonzipur Sorong, Koarmada III, Polres Kabupaten Sorong, Rektor, Wakil Rektor, Jajaran Pejabat Struktural dan Panitia.

Pada pembukaan Matras tersebut Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada seluruh orang tua/wali dan mahasiswa baru karena telah memilih UNIMUDA SOorng sebagai pilihan fanatik.

Adapun pada pembukaan yang ditandai dengan pemukulan Tifa tersebut, Rustamadji mengundang jajaran tamu VVIP diantaranya Pejabat Bupati Sorong, Anggota DPR RI Komisi X, Komandan Pasmar, dan Polres Kabupaten Sorong untuk naik ke atas panggung dan membuka Bersama kegiatan tersebut dengan memukul Tifa sebanyak tiga kali.

Setelah Pembukaan tersebut kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Robert Joppy Kardinal, S.A.B., atau yang kerap disebut RJK ini memberikan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) kepada sebanyak 100 mahasiswa baru di UNIMUDA Sorong.

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) merupakan aspirasi dari Anggopta DPR RI Komisi X dan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pemberian Beasiswa KIP-Kuliah ini bukan yang pertama kalinya diberikan oleh RJK kepada UNIMUDA Sorong, yang mana pada tahun sebelumnya juga RJK pernah memberikan Beasiswa KIP dengan jumlah yang sama juga kepada mahasiswa di UNIMUDA Sorong.

Robert juga mengungkapkan bahwa tahun ini beasiswa yang dikeluarkan kepada mahasiswa baru naik dua kali lipat dibandingkan dari tahun anggaran 2021 lalu.

“Tahun ini bukan yang pertama saya memberikan beasiswa KIP ini kepada kampus yang dipimpin oleh pak Rektor, Rustamadji ini. Ini sudah yang kedua kalinya, dan tahun ini beasiswa yang dikeluarkan naik dua kali lipat dari sebelumnya. Ada beberapa kampus juga yang menerima beasiswa ini. Nanti juga kami akan membagikan kaos untuk mahasiswa para penerima beasiswa ini juga.” Ungkapnya.

RJK juga menuturkan bahwa beasiswa KIP-Kuliah tahun anggaran 2022 hingga saat ini masih berproses penginputan ususlan aspirasi ke dalam system penerimaan untuk diusulkan dan ditetapkan dalam Surat Keputusan Kementrian.

Tak hanya itu, RJK juga menegaskan bahwa pihaknya akan lebih selektif lagi dalam pendataan mahasiswa penerima beasiswa. Pasalnya beasiswa tersebut diharamkan bagi anak dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun TNI-Polri. Beasiswa tersebut ditargetkan bagi mahasiswa yang orang tuanya bekerja sebagai Petani, Nelayan, Pedagang, dan Buruh Lepas serta bagi mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan bagi anak-anak negeri dan meringankan beban mereka menimba ilmu di bangku perkuliahan. RJK juga menjelaskan bahwa tahun depan beliau berencana untuk menambah jumlah penerima beasiswadi UNIMUDA Sorong menjadi 200 kuota di UNIMUDA Sorong. (kdx)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Biro Humas dan Kerjasama UNIMUDA Sorong

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pastikan Dapur Dalam Keadaan Bersih, Lapas Purwokerto Lakukan Inspeksi Hygiene Sanitasi

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Menelaah lebih dalam mengenai Konsep dalam Bisnis Syar'iah

Image

Tambahan Pelunasan Utang Karena Ta'widh dalam Ekonomi Syariah apakah Termasuk Riba?

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image