Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Ropikoh Adawiyah

Yuk Kenali Macam Gizi Buruk yang Menyerang Anak

Gaya Hidup | Sunday, 11 Sep 2022, 18:35 WIB

Menurut data yang tercatat pada tahun 2021 sebanyak 24,4 % anak di indonesia terkena stunting , faktor yang berdampak lebih besar di karenakan kurangnya kesejahteraan di keluarga yang terkena gizi buruk. Sehingga gizi buruk banyak ditemukann di negara berkembang ataupun yang terkena dampak perang sehingga kesejah teraan rakyatnya tidak terjamin. Macam-macam gizi buruk :

1. Busung lapar (Kwashiorkor)

Anak yang terkena kwashiorkor biasanya menunjukan ciri yang khas seperti

Terdapat endenma atau bengkak pada seluruh tubuh, berwajah bulat dan sembab (Moon Face), munculnya bercak merah yang berubah menjadi coklat yang akan terkelupas, tidak memeliki nafsu makan, dan rambut yang menifis serta berwarna merah.

Cara untuk menagani jenis gizi buruk ini adalah dengan rutin menimbang berat badan balita dan jika anak memiliki berat badan yang kurang atau jauh dari berat badan anak seusianya maka di lakuakan pemberian makanan yang bergizi baik untuk tumbuh kembangnya.

2. Marasmus

Hampir sama dengan kwashiokor tapi menyerang anak umur 0-2 tahun. dimana berat badan dari anak yang terkena marasmus 60% lebih rendah dari berat badan anak seuisanya, kulit yang longgar sehingga terlihat seperi tulang berbalut kulit, serta anak yang terkenam marasmus akan terlihat tua dan memiliki diare yang kronis. Cara untuk menobati marasmus adalah dengan rutin memberi asupan nutrisi seperti

· Pemberian susu hangat

· Mengonsumsi minyak nabati seperti minyak wijen,gula dan kasien

· Pemberian antibiotik untuk mengobati infeksi penyakit

· Penyuntikan cairan makanan ke darah dan lambung

· Perawatan Kesehatan mental apabila terkena gangguan makan.

3. Stunting

Stunting merupakan gagal tumbuh pada anak balita di karenakan kurangnya asupan gizi anak dari 1000 hari pertama kehidupan anak Sehingga anak terlalu pendek untuk anak usianya. Cara menanggulanginya dengan:

· Penuhi nutrisi selama kehamilan

· Penuhi nutrisi anak dengan maksimal

· Mengatasi anak yang sulit makan

· Berkonsultasi dengan tim pelayanan kesehatan

4. Marasmik-kwashiokor

Balita yang terkena gizi buruk jenis ini memiliki kondisi yang cukup serius dikarenakan menyerang kondisi tubuh anak yang lebih lanjut akan mengakibatkan penurunan kecerdasan , rabun senja, serta anak akan lebih mudah terinfeksi penyakit. Cara mengobatinya:

· Pemberian susu hangat

· Mengonsumsi minyak nabati seperti minyak wijen,gula dan kasien

· Pemberian antibiotik untuk mengobati infeksi penyakit

· Penyuntikan cairan makanan ke darah dan lambung

· Perawatan Kesehatan mental apabila terkena gangguan makan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image