Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bu Karwati

Pembakaran kapur

Info Terkini | Saturday, 10 Sep 2022, 18:41 WIB

Karawanng selatan terkenal dengan daerah wisata,dan sebelum sampai ke daerah tempat wisata mungkin yang sering ke sana udah tau yang nama nya kp Pekapuran tempatnya di Desa Taman sari Kec pangkalan Kab Karawang .

Pembakaran kapur ini bahan bakunya adalah batu kapur dan batu kapur ini di bakar,setiap proses pembakaran selalu mengeluarkan asap hitam yang membungbung tingggi ke udara bahkan amenyelimuti ke jalan raya,dan masuk ke pemukiman rumah warga dan asap tersebut akan menimbulkan penyakit dampak penyakit seperti gangguan pernapasan dan penyakit kulit tetapi warga di sekitar tidak mempermasalahkan karena itu,hanya itulah tmpat perusahaan bagi mereka bahkan para pekerja punbukan hanya daari masyarakat pakapuran saja ada juga dari luar daerah.

Pembakaran kapur tersebut dapat mensejahtrakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kampung pakapuran

Bahan umum yang di gunakan untuk membuat semen adalah batu kapur cangkang, dan kapur napal yang di kombinasikan untuk serpih, tanah liat, kaput tulis, terak tanur sembur, pasir silika dan biji besi, bahan bahan ini, bila di panaskan pada suhu tinggi membentuk zat seperti batu yang di giling menjadi bubuk halus yang kita sebut semen

Proses pembakaran batu kapur di masukan ke dalam lubangyang cukup besar minimal masuk 50 ton batu dan selanjutnya batu itu di timbun oleh limbah karet minimal satu ton limbah kaaret, lalu di bakar dan pembakaran ini memakan waktu cukup lama sampai dua hari dua malam proses pengambilan batu kapur ini di ambil dari penggalian tambang yang terbuka.

Jenis jenis batu gamping atau batu kapur, ada banyak nama berbeda di gunakan untuk batu gamping nama nama itu di dasarkan pada bagian batu gamping terbentuk, penampilan nya [ tektur] , komposisi mineral penyusunnan nya dan beberapa factor lain nya berikut ini adaalah beberapa jenis batu gamping atau batu kapur yang nama nya lebih umum di gunakan.

Chalk.Merupakan sebuah batu kapur lembut dengn tektur yang sangat halus, biasanya berwarna putih dan abu abu, batu ini terbentuk ter utama dari cangkang berkapur organisme laut, mikrokopis seperti foraminifera atau berbagai jenis gangguan laut

Coquina. Merupakan sebuah batu kapur kasar yang tersemenkan yang tersusun oleh sisa sisa cangkang organisme ,batuan ini sering terbentuk pada daerah pantai di mana terjadi pemisahan frgmen cangkang dengan ukuran yang sama dengan gelmbang laut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image