KARAKTERISTIK MEDIA AUDIO, VISUAL, DAN AUDIOVISUAL

Image
Tiara Dwi Damayanti
Eduaksi | Tuesday, 30 Nov 2021, 11:54 WIB

Pengertian Media

Kata media berasal dari bahasa Latin, yakni medius yang secara harfiahnya berarti tengah, pengantar, atau perantara. Dalam bahasa Arab, media disebut wasail bentuk jama dari wasilah yakni sinonim al-wasth yang artinya juga tengah. Kata tengah itu sendiri berarti berada di antara dua sisi, maka disebut juga sebagai perantara atau yang mengantarai kedua sisi tersebut.

Menurut Wina Sanjaya (2014, hlm. 73) media berlaku untuk berbagai kegiatan atau usaha, seperti media dalam penyampaian pesan, media pengantar magnet atau panas dalam bidang teknik. Media digunakan dalam bidang pendidikan sehingga istilahnya menjadi media pendidikan.

1. Media Audio

Menurut Sadiman (2010:49) Media audio pembelajaran berkaitan dengan indera pendengaran, pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (ke dalam kata-kata/bahasa lisan) maupun non verbal.

Menurut Hamdani dalam Arum (2015: 55) Media audio merupakan media yang mengandung pesan bentuk auditif (hanya dapat didengar). Program kaset suara adalah dalam bentuk media audio. Penggunaan media audio ini dapat digunakan dalam pembelajaran pada umumnya.

Media audio dalam pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan media audio adalah :

1) Mampu mengatasi keterbatasan ruang dan memungkinkan menjangkau sasaran yang luas

2) Mampu mengembangkan daya imajinasi pendengar.

3) Mampu memusatkan perhatian siswa pada penggunaan kata, bunyi dan arti dari kata/bunyi itu.

4) Sangat tepat untuk mengajarkan musik dan bahasa, laboratorium bahasa tidak lepas dari media ini terutama untuk melatih listening.

5) Mampu mempengaruhi suasana dan perilaku siswa melalui musik latar dan efek suara.

6) Dapat menyajikan program pendalaman materi yang dibawakan oleh guru atau orang yang memiliki keahlian dibidang tertentu sehingga tema yang dibahas memiliki mutu yang baik dilihat dari segi ilmiah, karena selalu dilengkapi hasil-hasil obervasi dan penelitian.

7) Dapat mengerjakan hal-hal tertentu yang sulit dikerjakan oleh guru, yakni menyajikan pengalaman -pengalaman dunia luar, ke dalam kelas sehingga media audio memungkinkan untuk menghadirkan hal-hal yang aktual dan dengan demikian dapat memberikan suasana kesegaran pada sebagian topik yang dibahas.

2. Media Visual

Media visual yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Yang termasuk ke dalam media ini adalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis.

Media visual menurut Kusnadi dan Sutjipto (2011), tak jauh berbeda dengan media berbasis cetak atau gambar. Media gambar itu merupakan alat peraga yang termasuk alat media visual. Penggunaan media visual ini dirancang dengan keterampilan sendiri yang harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan pembelajaran.

Penggunaan media visual memiliki kelebihan seperti halnya :

1) Membantu siswa dalam memahami materi

2) Membuat siswa untuk berpikir lebih kritis

3) Efisiensi materi pembelajaran

4) Menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa

5) Meningkatkan daya tarik siswa atas materi pembelajaran

6) Lebih mudah diaplikasikan.

3. Media Audiovisual

Media audio visual merupakan salah satu-satunya jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut Arsyad (2016) media audio visual adalah media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam suatu kegiatan atau proses. Pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media ini dapat berupa pesan verbal dan nonverbal yang mengandalkan baik penglihatan maupun pendengaran. Beberapa contoh media audio visual adalah film, video, program TV dan lain-lain. visual yaitu media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar, seperti film bersuara, video, televisi, dan sound slide.

Arsyad (2011, hlm. 31) mengemukakan bahwa media audio visual memiliki karakteristik sebagai berikut.

1) Mereka biasanya bersifat linear.

2) Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis.

3) Mereka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya.

4) Mereka merupakan gambaran fisik dari gagasan real atau abstrak.

5) Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif.

6) Umumnya mereka berorientasi pada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.

Menurut Suryani dalam (Listiana, 2019) terdapat beberapa kelebihan dalam media audiovisual yaitu :

1) Lebih efektif digunakan dalam proses belajar karena mampu memberikan pelayanan secara auditif maupun visual.

2) Mampu memberikan pengalaman yang lebih nyata dibandingkan jika melalui media audio maupun visual.

3) Cepat dalam memahami informasi yang diberikan karena siswa tidak hanya mendengarkan tetapi melihat langsung, tidak hanya diangan-angan.

4) Lebih menarik dan menyenangkan.

Disusun oleh : Tiara Dwi Damayanti

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image