Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image cs sundaexplorer

10 Tips Jualan Online di Media Sosial Agar Cepat Laku

Bisnis | Monday, 05 Sep 2022, 15:36 WIB

Seperti yang kita ketahui, salah satu part time yang cocok untuk anak kuliahan adalah berjualan online di media sosial. Pekerjaan ini bisa juga disebut bisnis online shop. Oh iya, media sosial yang berpotensi besar untuk berjualan adalah Instagram.

Karena, di Instagram kamu bisa memposting produk, review produk bahkan kamu bisa menaruh swipe up Instagram untuk langsung menuju aplikasi chatting maupun situs jualan online yang kamu gunakan untuk jualan online.

Eits, sebelum memulai jualan online, kamu harus mengikuti tips jualan online di media sosial berikut ini. Tujuannya agar online shop kamu tidak sepi dan banyak yang order. Jadi, disimak baik-baik ya gaes!

Online Shop Kamu Sepi? Coba Terapkan Tips Jualan Online di Media Sosial Berikut Ini!

Oh iya, jangan lupa juga untuk membaca artikel cara jualan online untuk pemula ya. Tujuannya agar, online shop kamu menjadi sukses. Jadi untuk sukses di online shop, kamu nggak hanya menerapkan tips berikut ini aja gaes!

1. Buat Akun Bisnis di Instagram

Tips jualan online shop di media sosial yang pertama adalah dengan membuat akun bisnis di Instagram. Gunanya adalah untuk mempermudah pelanggan mengetahui kontak, alamat dan email dari online shop kamu.

Dengan mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis, maka bisa loh mengetahui jumlah orang yang menyimpan foto Instagram kamu dengan mudah.

Selain itu, dengan merubah akun Instgaram ke bisnis kamu bisa menyambungkannya ke Facebook Fanspage dan juga bisa melihat aktivitas data dari followers kamu.

Nah, berikut ini cara merubah akun bisnis Instagram:

* Buka aplikasi Instagram, kemudian tap ‘Pengaturan‘ dan tap ‘b‘.

* Lalu tap tombol ‘Lanjutkan‘ dan tap ‘Pilih Halaman‘.

* Setelah itu login akun Facebook kamu dan buat Facebook Fanpages.

* Jika sudah selesai, masukkin deh semua kontak, alamat dan email kamu.

* Selanjutnya akun Instagram kamu akan berubah menjadi akun bisnis deh gaes.

2. Posting Foto Produk yang Menarik dan Unik

Tips berjualan online shop kedua adalah dengan memposting foto produk kamu secara menarik dan unik. Hal ini penting banget yaa gaes! Mengapa demikian? Karena, jika kamu tidak memposting foto produk, maka tidak akan ada orang yang percaya kamu sedang berjualan.

Sedangkan, jika kamu ingin banyak orderan yang masuk. kamu harus membuat pelanggan tertarik dengan foto produk kamu terlebih dahulu. Nah, kamu bisa membuat postingan foto dengan warna yang senada, sehingga akan membuat postingan Instagram kamu lebih menarik.

Adapun untuk membuat postingan dengan warna yang senada atau feed yang rapih dan bagus, kamu harus mengeditnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi edit foto Instagrammable yang kamu bisa.

3. Gunakan Caption yang Jelas

Tips berjualan di media sosial yang ketiga adalah dengan menggunakan caption yang jelas. Mengapa? Karena, kamu harus membuat si pelanggan mengerti dengan produk yang kamu jual.

Selain itu, mempermudah pelanggan mengetahui produk yang kamu jual itu terbuat dari apa, namanya apa, ukurannya berapa dan warnanya apa saja.

Jadi, buatlah caption atau deskripsi yang jelas yaa gaes! Dengan begitu maka kamu akan mendapatkan banyak followers di Instagram dan lebih hokinya lagi akan banyak orderan yang masuk. Oleh sebab itu, kamu harus membuat caption yang jelas atau mudah dimengerti.

4. Gunakan Hastag yang Revelan dengan Produk

Tips berjualan online shop yang keempat adalah buatlah hastag yang relevan dengan produk. Mengapa demikian? Karena, ini akan mempermudah pelanggan lain untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Sehingga, akun Instagram kamu akan mudah ditemukan jika pelanggan mencari produk menggunakan hashtag. Apalagi hashtag yang kamu gunakan merupakan salah satu hashtag yang relevan dengan produk yang kamu jual.

Nah, penting juga nih! Jangan sekali-sekali kamu menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan produk yang kamu jual. Hal ini akan membuat reputasi online shop kamu buruk dan bisa saja online shop kamu dibilang spam oleh pihak Instagram.

Bahkan parahnya lagi akun Instagram kamu bisa saja di-banned sepihak oleh Instagram langsung. Kalau sudah seperti itu, akan sangat sulit untuk kamu mengembalikan akun Instagram yang di-banned.

5. Masukkan Kontak dan Keterangan Online Shop di Bio Instagram

Tips jualan di media sosial yang kelima adalah dengan menaruh kontak admin online shop kamu. Jangan sampai kamu tidak menaruhnya yang gaes, hal ini berguna untuk membuktikan bahwa online shop kamu bukan online shop penipuan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat keterangan online shop di bio Instagram. Seperti keterangan jasa ekspedisi atau pengiriman yang kamu gunakan dan juga metode pembayaran yang kamu gunakan.

Jika kamu tidak menggunakan bio maka kamu akan dianggap penipu gaes. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel modus penipuan online shop. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan bio sebaik mungkin ya!

6. Jual Produk yang Sedang Trend di Media Sosial

Tips berjualan online shop di media sosial yang keenam adalah dengan menjual produk yang sedang trends di media sosial. Mengapa? Karena, hal ini akan menjadikan online shop kamu selalu up to date dan pastinya nggak ketinggalan zaman.

Sama seperti hashtag, hal ini juga berguna untuk mempermudah pelanggan menemukan akun online shop kamu. Karena, online shop yang berjualan mengikuti trends akan lebih sering dicari oleh pelanggan.

Trends ini juga nggak hanya berlaku untuk produk aja loh. Tapi, berlaku juga buat kamu yang ingin menjadi Selebgram terkenal. Karena, dengan adanya trends kamu akan mudah ditemukan gaes.

7. Sesekali Adakan Giveaway atau Sale

Tips jualan online shop yang ketujuh adalah dengan mengadakan giveaway atau sale. Siapa sih yang nggak suka sale atau diskon? Pasti semua orang pada suka kan dengan hal tersebut?

Nah, kamu bisa nih memanfaatkan event tersebut untuk membuat pelanggan tertarik membeli produk kamu dan tentunya akan mengikuti akun Instagram online shop milik kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan persyaratan seperti harus mengikuti akun online shop kamu, tag akun Instagram teman-teman yang lainnya atau harus membeli salah satu produk dari online shop kamu.

Tips ini juga termasuk salah satu cara menjadi YouTuber pemula. Karena, dengan adanya giveaway orang-orang akan mudah tertarik. Selain itu, mereka pasti akan memberitahu temannya kalau online shop kamu sedang mengadakan giveaway. Anggap saja giveaway ini merupakan rewards untuk pelanggan setia kamu gaes.

8. Bersikap Ramah dan Cepat Respon

Tips berjualan di media sosial yang kedelapan adalah kamu harus menjadi online shop yang cepat respon. Maksudnya adalah jika ada yang bertanya tentang produk, kamu harus segera menjawabnya.

Jangan lupa juga untuk bersikap ramah kepada pelanggan. Karena, jika kamu bersikap ramah ini akan membuat pelanggan akan terus membeli produk dari online shop kamu.

Ingat ya gaes! Pembeli adalah Raja. Jadi bersikap ramah dan juga cepat respon. Hal ini juga berlaku jika kamu sedang melakukan interview dan mendapatkan pertanyaan saat interview, kamu harus memberikan jawaban yang bisa memuaskan pelanggan atau HRD.

9. Lakukan Endorsement dengan Selebgram atau Artis

Tips berjualan online shop di media sosial yang kesembilan adalah dengan melalukan endorsement atau paid promote dengan Selebgram atau artis yang kamu inginkan.

Cara ini memang sedikit menguras keuangan kamu. Akan tetapi hasilnya bisa sangat memuaskan. Karena, kemungkinan besar pelanggan akan melihat dan tertarik dengan apa yang digunakan si Selebgram atau si Artis gunakan.

Saran lainnya jika ingin melakukan endorse adalah pilih Selebgram dan Artis yang memiliki engangement terbagus di Instagram. Selain itu, memiliki jumlah followers terbanyak dan memiliki konten foto yang berkualitas.

Oh iya, kalau kamu tertarik ingin endorse Selebgram, kamu bisa cek daftar harganya di artikel berikut ini:

10. Pasang Iklan di Instagram

Tips jualan online shop di media sosial yang kesepuluh adalah dengan memasang iklan di Instagram. Jika kamu mengiklankan produk online shop, kemungkinan besar akan banyak akun yang follow Instagram online shop dan membeli produk kamu secara cepat.

Nah, salah satu fitur bisnis Instagram adalah kamu bisa memasang iklan sendiri. Jika kamu punya uang lebih, kamu bisa manfaatkan fitur ini loh gaes! Dengan begitu, kamu akan mendapatkan uang dari media sosial dengan hanya berjualan saja.

Berikut cara iklan produk online shop di Instagram:

* Buka aplikasi Instagram, kemudian pilih foto yang ingin kamu iklankan.

* Kemudian tap tombol ‘Promosikan‘ dan tap ‘Local Awareness‘.

* Setelah itu kamu masukkan data-data dan anggaran yang kamu ingin iklankan.

* Selanjutnya tap tombol ‘Buat Promosi‘.

Itulah, 10 Tips Jualan Online Di Media Sosial Agar Cepat Laku dari kami mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat sekalian. Terima kasih

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image