Satu Dasawarsa UUK: Masyarakat Yogyakarta Menggelar Doa Bersama di Tugu Pal Putih

Image
Jogja Terkini
Sejarah | Sunday, 04 Sep 2022, 19:37 WIB
Satu Dasawarsa UUK: Masyarakat Yogyakarta Menggelar Doa Bersama di Tugu Pal Putih (Mas We)

YOGYAKARTA - Masyarakat Ngayogyakarta Hadiningrat yang tergabung dalam Masyarakat Tradisi Yogyakarta (Matra) menggelar doa bersama untuk Ganjar Pranowo, Minggu 4 September 2022 sore, di Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Dikatakan Koordinator acara, Totok Ispurwanto doa bersama untuk Ganjar Pranowo ini dipanjatkan memohon supaya orang nomor satu di Jawa Tengah itu selalu diberi kesehatan, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin.

"Matra menaikan doa bersama untuk Mas Ganjar agar selalu diberi kesehatan, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai seorang pemimpin," ujarnya disela kegiatan doa bersama.

Acara yang dikemas dalam bentuk ritual budaya serta melibatkan sedikitnya 300 bergada dan abdi dalem ini juga dalam rangka peringatan satu dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Diakui atau tidak, nama Ganjar Pronowo adalah salah satu tokoh PDI Perjuangan yang memiliki andil besar bagi lahirnya Undang-undang Keistimewaan (UUK) DIY pada saat itu," katanya.

Karena nama Ganjar tercatat, melalui perjuangan panjang saat dia berada di Komisi II DPR RI, yang turut mengadvokasi, mendampingi, dan memperjuangkan agar Keistimewaan Yogyakarta tetap dipertahankan.

"Ditengah pro dan kontra tentang keistimewaan Yogyakarta, Ganjar kala itu tetap kekeuh turut memperjuangkannya," katanya.

Ditambahkan Totok perjuangan mempertahankan keistimewaan Yogyakarta melalui proses yang panjang dan berliku pada masa rezim SBY. Sehingga harus ditempuh melalui dua jalur, yaitu diplomasi dan kerakyatan.

"Jalur diplomasi didalamnya didukung oleh PDI Perjuangan, dimana ada Mas Ganjar Pranowo yang duduk di Komisi II berjuang secara diplomasi. Sementara jalur gerakan kerakyatan melalui aksi-aksi turun ke jalan," jelasnya.

"Dan, akhirnya setelah melalui perjalanan panjang yang tak kenal lelah, lahirlah UUK Nomor 13 tahun 2012," imbuhnya. (Mas We)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Image

SOLUSI EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM SAAT SAAT PANDEMI COVID 19

Image

Dosen Pascasarjana Uhamka Berhasil Terpilih dalam Program DRIVEN 2022 BRIN dari 374 Proposal

Image

MASINDO Ajak Seluruh Stakeholder Gaungkan Budaya Sadar Risiko

Image

Pegawai Bapas Semarang Antusias Menjaga Kebersihan Kantor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image