Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

Optimalisasi Branding Produk, Dosen UM Bandung Adakan Pendampingan UMKM di Cijerah

Eduaksi | Thursday, 01 Sep 2022, 14:44 WIB
Dosen UM Bandung melakukan pengamatan terhadap proses pembuatan RotiYu pada Senin (15/8/2022).

BANDUNGMU.COM -- Dalam mengoptimalkan branding suatu produk, dosen UM Bandung adakan pendampingan UMKM di tempat produksi Rotiyu Jalan Cijerah Nomor 99 Kota Bandung pada Senin (15/8/2022).

Pendampingan tersebut merupakan bagian dari pengabdian dosen UM Bandung kepada masyarakat.

Adapun UMKM yang menjadi objek pendampingan dosen UM Bandung ialah mitra Afgandi Food dengan produknya Rotiyu sebagai pangan sehat yang terbuat dari bahan baku hanjeli.

Pemilik Rotiyu sekaligus mitra Afgandi Food, Iis Nuraeni, menjelaskan bahwa masih terdapat kekuarangan dalam pemanfaatan branding pada usahanya.

"Meskipun telah memanfaatkan branding dalam meningkatkan pemasaran, masih terdapat beberapa hambatan," ucap Iis Nuraeni.

Ia menjelaskan beberapa hambatan itu di antaranya seperti kurangnya penggunaan media sosial dan pengolahan produksi.

"Hambatan itu pula terjadi karena beberapa faktor seperti kurangya SDM dan pengetahuan terkait alur pengolahan produk yang baik," tuturnya.

Iis Nuraeni juga mengatakan lingkungan produksi mulai dari tempat hingga peralatan masih belum sesuai dengan prosedur.

"Saya berharap semoga ke depannya UMKM kami ini bisa sampai internasional dengan membawa kearifan lokal Jawa Barat yakni Hanjeli," harapnya.

Penggunaan CPPB-IRT

Dalam pendampingan UMKM itu, beberapa dosen dari UM Bandung menyampaikan paparan materi terkait beberapa hal.

Sebagai pemateri, Khairiah SP MP menjelaskan terkait cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga (CPPB-IRT).

Ia mengatakan bahwa CPPB-IRT menjadi prinsip dasar keamanan pangan bagi IRT.

"Hal tersebut guna untuk menghasilkan produk pangaan yang aman dan bermutu sesuai dengan tuntunan konsumen," kata Khairah.

Para mitra pun harus memperhatikan peralatan produksi seperti tata letak penyimpanan yang harus sesuai dengan urutan proses produksi.

"Dengan menerapkan hal itu, para karyawan akan bekerja secara Higienitas dan mencegah kontaminasi silang," jelas dosen Teknologi Pangan UM Bandung itu.

Alur pengolahan produksi pangan

Sama seperti Khairiah, dosen Teknik Industri Ahmad Miftah Faridl ST MT menjelaskan materi terkait alur pengolahan produksi pangan yang baik.

Ia mengatakan, perlua adanya SOP sebagai pedoman dalam meminimalkan kesalahan pengolahan suatu produk.

"Karyawan perlu mengikuti alur standar operasional produksi yang berlaku, seperti Good Manufacturing Practices (GMP)," ungkap Ahmad.

Pemanfaatan media sosial

Di lain pihak, pemateri sekaligus dosen Ilmu Komunikasi Ulfa Yuniati SIKom MSi menjelaskan terkait perlunya pemanfaatan media sosial dalam pemasaran.

Ulfa mengatakan, pemanfaatan media sosial pada branding Rotiyu masih belum optimal dalam pembelian metode pre-order.

"Secara umum masih belum ada gambaran mengenai jumlah target produksi, baik dalam seminggu, sebulan, maupun setahun," terang Ulfa.***(Firman Katon)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image