Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Ini Alasan Investor dan Trader Pilih Candlestick Dibanding Line Chart dan Bar Chart

Eduaksi | Wednesday, 31 Aug 2022, 10:55 WIB

Investor dan trader dalam investasi dan trading sahamnya tak bisa dilepaskan dengan yang namanya analisis teknikal. Analisis teknikal ini menganalisis pergerakan harga di masa lalu untuk menentukan pergerakan harga di masa yang akan datang.

Nah, untuk menganalisis pergerakan saham ini chart menjadi sarananya. So, membaca dan menganalisis chart dengan tepat penting dalam pengambilan keputusan dalam transaksi saham.

Karena chart ini penting, tentu investor dan trader yang cermat membutuhkan chart yang komprehensif. Dari bentuk chart yang ada, banyak investor dan trader lebih memilih yang Candlestick dibandingkan Line Chart dan Bar Chart.

Mereka tidak memilih Line Chart karena informasi yang diberikan nggak selengkap Candlestic. Line Chart ini bentuknya garis (line) yang menginformasikan penutupan harga pada periode tertentu.

Line chart tidak memberikan informasi harga pembukaan, harga tertinggi dan harga terendah suatu saham pada periode tertentu. Line Chart ini terlalu sederhana sehingga tidak banyak informasi yang didapatkan.

Selanjutnya ada Bar Chart yang sedikit lebih baik dibandingkan Line Chart. Bar Chart ini memberikan informasi harga pembukaan (Open), harga penutupan (close), harga tertinggi (high) dan harga terendah (low).

Kendati Bar Chart ini cukup informatif, namun perlu waktu yang lebih lama untuk menemukan harga open, close, high dan low.

Selanjutnya, banyak investor dan trader yang akhirnya memilih Candlestick karena harga pembukaan (Open), harga penutupan (close), harga tertinggi (high) dan harga terendah (low) bisa terbaca dengan mudah. Selain itu arah pergerakannya pun bisa terlihat jelas dengan warna yang ditampilkan.

Supaya transaksinya mendatangkan cuan maka penting bagi investor untuk melakukan analisis teknikal secara komprehensif. Toh, analisis begini sudah bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas.

Di aplikasi ini tersedia fitur Advanced Chart yang bisa dikustomisasi secara komprehensif dengan indikator-indikator yang lengkap. Advanced Chart sendiri terbagi atas 4 bagian yakni menu, jendela chart (memperlihatkan pergerakan saham), jendela indikator dan periode (dari 1 hari-15 tahun).

Berbekal pengetahuan yang cukup tentang chart maka aktivitas investasi dan trading pun bisa benar-benar membuahkan cuan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image