3 Tips Dasar yang Wajib Diketahui Calon Investor Saham

Image
Setyo Sudirman
Eduaksi | Monday, 29 Nov 2021, 10:41 WIB

Window dressing menjadi pemikat transaksi saham pada November-Desember 2021 ini. Milenial dan investor pemula memiliki moment tepat untuk memulai investasi sahamnya, toh, modal untuk investasi sudah sangat terjangkau dan praktik transaksi saham pun sudah sangat mudah.

Namun booming investasi saham di kalangan milenial di masa pandemi Covid-19 hingga saat ini tetap masih menyisakan pekerjaan rumah (PR) yang tidak mudah. Investasi saham itu bukan untuk main-main karena menyangkut dengan uang rill yang dimiliki seseorang.

Meski pun dalam transaksinya dilakukan dengan nominal kecil, yang namanya uang tetaplah uang. So, khusus untuk pemula dan milenial perlu diedukasi agar memulai investasi sahamnya dengan pengetahuan yang cukup.

Nah, buat yang hingga saat ini belum memutuskan untuk investasi saham dan akan masuk ke saham, ada baiknya melakukannya sejak dari awal dengan cerdas. Berikut ini tips buat calon investor yang akan mulai investasi saham:

1. Pilih sekuritas terbaik

Siapa pun yang ingin investasi saham wajib membuat rekening efek. Rekening efek ini hanya bisa dibuat melalui sekuritas. Rekening efek hanya dapat dilakukan di sekuritas. Oleh sebab itu, saat akan memulai investasi saham, kini saatnya memilih sekuritas yang terbaik dan terpercaya. Ada banyak kriteria sekuritas terbaik itu, salah satunya porses pembukaan rekening efeknya yang nggak ribet. Salah satu sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening efek dengan mudah dan cepat adalah Indo Premier Sekuritas melalui aplikasi IPOT. Buka rekening efek di IPOT bisa dilakukan dengan mudah dan cepat secara online, sehingga memudahkan calon investor segera memulai investasinya tanpa harus menunggu lama dan tak perlu kirim dokumen fisik segala.

2. Mulai investasi dengan modal kecil

Sebagai pemula tentu perlu hat-hati. Oleh sebab itu, ada baiknya memulai investasi sahamnya dengan modal yang kecil. Itung-itung masih belajar maka memulai investasi dengan modal kecil adalah keputusan paling bijak. Modal kecil untuk pemula ini penting mengingat dalam investasi saham itu ada yang namanya potensi kerugian. Saat merugi maka jumlah kerugiaannya tergolong kecil.

3. Beli saham dengan fundamental bagus dan nggak ikut-ikutan

Meski dengan modal yang masih terbatas maka usahakan untuk membeli saham dengan fundamental keuangan yang baik dan stabil dan nggak cuma ikut-ikutan karena opini dan rekomendasi orang lain kayak artis dan publik figur. Memilih saham dengan fundamental yang baik bisa dilakukan dengan mendalami portofolio dan laporan keuangan emiten.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Penggunaan Spanduk

Image

Upayakan Kemaslahatan Umat, Illiza Sa'aduddin Djamal Justru Berujung Digugat

Image

Tingkatkan Kedisiplinan, WBP Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Aktif Ikuti Pembinaan Pramuka

Image

Dua Pegawai Teladan Bulan Juni Kanim Muara Enim

Image

Kalapas Banyuasin Hadiri Tasyakuran HUT Bhayangkara ke - 76, Wujud Sinergi yang baik

Image

Kuy, Kenali Profil Risiko dalam Investasi dengan Benar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image