Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Call Center yang Perlu Kamu Tahu

Bisnis | Monday, 29 Aug 2022, 16:28 WIB

Sebagai seorang call center, Anda bertugas untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan terkait informasi produk/jasa yang mereka pakai.

Anda adalah sumber informasi utama mereka dan orang yang akan mereka hubungi begitu mereka memiliki masalah atau pertanyaan apapun mengenai informasi produk/jasa perusahaan.

Karena hal itu, Anda dituntut untuk memiliki pemahaman yang dalam mengenai flow business perusahaan maupun tentang produk yang dimiliki perusahaan (product knowledge).

Call Center (Sumber: freepik.com)

Lalu, apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang call center?

Berikut ini tugas dan tanggung jawab utama yang dimiliki oleh seorang call center:

1. Memberikan informasi detail produk/jasa

Agen call center perlu mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Hal tersebut berguna untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan sehingga pelanggan puas menerima informasi yang disampaikan.

Kepuasan pelanggan inilah yang umumnya dapat meningkatkan rating perusahaan di mata pelanggan. Maksudnya, semakin banyak pelanggan yang puas terhadap pelayanan dan informasi yang diberikan, semakin meningkat pulalah pelanggan potensial di perusahaan Anda.

2. Memberikan solusi terkait kendala atau pertanyaan pelanggan

Tak jarang tiap harinya agen call center menerima pertanyaan, baik terkait produk atau jasa maupun kendala yang mereka hadapi.

Oleh sebab itu, agen call center berperan untuk memberikan solusi dan cepat tanggap terkait pertanyaan atau kendala pelanggan. Hal tersebut perlu didukung oleh cara komunikasi yang baik dari agen call center Anda. Tak hanya itu, kesabaran dan ketelatenan pun perlu dimiliki agen call center karena perlu menghadapi pelanggan yang memiliki karakter berbeda-beda.

3. Melakukan penjualan

Tidak hanya sekadar menjawab dan memberikan informasi kepada pelanggan saja. Melainkan agen call center bertugas dan bertanggung jawab pula untuk melakukan penjualan kepada pelanggan. Umumnya, agen call center memberikan penjelasan produk atau jasa dengan tujuan pelanggan dapat membelinya.

Melakukan penjualan akan lebih maksimal jika agen call center mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan begitu, mereka dapat menawarkan promosi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda bisa menggunakan sebuah sistem bernama CRM yang mampu mencatat seluruh riwayat aktivitas pelanggan sehingga Anda mampu menganalisis apa saja kebutuhan mereka (pelanggan).

Pada umumnya, 3 (tiga) point diatas adalah tugas dan tanggung jawab utama dari seorang call call center yang perlu Anda tahu. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Bye-bye~

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image