Pencarian Eksistensi Diri di Masa Pandemi

Image
Historia Jakarta 34
Gaya Hidup | Monday, 29 Aug 2022, 09:19 WIB

Di masa ini, kita semua pasti mengenal dengan aplikasi yang cukup terkenal di zaman sekarang yaitu Tiktok. Tiktok adalah sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk saluran hobi seperti membuat video, memasak, bernyanyi, dan lain-lain. Dan, di aplikasi itu juga saya menemukan hal yang saya senangi, dan akan saya bicarakan di esai saya ini. Di masa awal pandemi, saya sering melihat video di Tiktok, salah satunya adalah Fan Edit yaitu video yang dibuat oleh seorang ‘fans’ kepada idolanya, seperti penyanyi, aktor, ataupun orang terkenal lainnya.

Salah satu video yang membuat saya tertarik dan membuat saya tertawa adalah Fan Edit yang dibuat mengenai BTS. BTS sendiri merupakan Idol Group Korea yang sedang naik daun pada masa sekarang ini. Mereka mempunyai sebuah Reality Show yang bernama “Run BTS”, dan video yang saya tonton di Tiktok itu merupakan clip dari Run BTS tersebut. Lalu, semakin banyak video tentang BTS yang saya lihat di beranda Tiktok, membuat saya penasaran tentang BTS ini, lalu saya mulai menonton Reality Show mereka. Dan ternyata, selain mereka bertalenta, mereka juga adalah orang-orang yang sangat lucu dan menyenangkan.

Nah, sekarang saya ingin menceritakan lebih dalam mengenai siapa itu BTS dan kenapa saya menyukai mereka. BTS berasal dari agensi kecil yaitu BigHit Entertaiment. BTS sendiri memiliki 7 member yang diantaranya ada Kim Namjoon (RM), Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (SUGA), Jung Hoseok (J-Hope), Park Jimin (Jimin), Kim Taehyung (V), dan Jung Jungkook (JK) dan masing masing mereka memiliki cerita.

Kim Namjoon atau yang dikenal sebagai RM leader sekaligus member pertama dan rapper di BTS. RM juga merupakan member yang biasanya membantu member lain saat interview dalam Bahasa Inggris karena dia adalah member yang paling menguasai diantara member lain. Selain itu dia juga memiliki IQ 148 yang membuatnya cukup pintar dan cerdas. Awalnya, dia bermimpi untuk menjadi rapper solo namun CEO mereka, Bang Si Hyuk memutuskan untuk memasukkan RM di BTS ini sebagai band dan menunjuk RM sebagai rapper dan leader.

Kim Seokjin atau yang biasa disapa Jin adalah member tertua di BTS. Jin memiliki posisi vokal dan visual di BTS. Saat Jin masih SMP, dia pernah ditawarkan salah satu agensi besar untuk bergabung, namun dia menolak karena dia berpikir itu adalah tipuan. Sebenarnya, Jin memiliki mimpi untuk menjadi aktor, sebab dia telah belajar terlebih dahulu untuk menjadi aktor. Namun, saat dia masuk ke BTS, dia harus belajar dance dan bernyanyi agar tidak tertinggal oleh member lain.

Min Yoongi atau yang biasa disapa Suga adalah seorang rapper di BTS. Saat remaja dia mulai membuat lagu tapi itu semua tidak didukung oleh orangtua nya. Dia juga pernah bekerja part-time bahkan sampai kecelakaan untuk membiayai kuliah, salah satu alasan yang membuatnya hampir menyerah. Namun, berkat dukungan dari CEO Bang Si Hyuk, dia tetap bertahan dan bahkan Bang Si Hyuk juga membantu pembiayaan kuliah Suga.

Jung Hoseok atau J-Hope, adalah rapper sekaligus main dancer di BTS. Sejak kecil dia sangat gemar dance dan pernah bergabung di dalam sebuah Underground Dance Team Neuron, jadi jangan heran kalau skill dance nya tidak perlu diragukan lagi, dan juga membuatnya cukup terkenal bahkan sebelum debut dengan BTS.

Park Jimin yang biasa disebut Jimin adalah vokal dan dancer di BTS, karena keinginan menjadi idol, Jimin mempelajari dance kontentemporer dan menjadi perserta terbaik di bidang modern dance. Dia masuk di Bighit atas saran oleh gurunya.

Kim Taehyung atau yang biasa dikenal dengan nama V adalah vokalis dan visual di BTS. V pernah mengambil kelas saxophone untuk mengembangkan bakat dan karirnya dalam bermusik. Saat itu, ia ingin menemani temannya dalam audisi, namun dia diminta untuk ikut serta yang membuat dia lolos audisi dan bergabung di BTS. Saat awal debut V merupakan ‘member tersembunyi’ dari BTS yang membuat dia tidak muncul saat awal debut bersama member lain karena Bighit merupakan agensi kecil sehingga sang CEO tidak ingin V diambil agensi lain sehingga dia tidak dimunculkan di awal debut BTS.

Jeon Jungkook atau yang biasa dipanggil Jungkook atau JK adalah dancer, vokal, dan visual di BTS. Selain itu, dia juga member termuda di BTS. Saat itu, Jungkook pernah mengikuti talent show bernama “Superstar K’s”, meski kalah, banyak agensi yang mulai menawarkannya untuk bergabung. Tetapi, dia memilih Bighit karena kagum dengan Kim Namjoom (RM) dan akhirnya bergabung di Bighit dan BTS pada usia 15 tahun.

Alasan saya bukan hanya karena visual saja. Mereka yang bisa dikatakan di atas rata-rata, tapi karena mereka juga adalah seorang pekerja keras yang mau mengejar mimpi mereka walau banyak halangan di depan mereka. Mereka debut di agensi kecil yang menyebabkan banyak hate kepada mereka bahkan mereka hampir bubar karena kekurangan biaya, namun mereka terus berjuang keras hingga sampai detik ini. Dan, semua prestasi mereka tidak membuat mereka sombong. Justru semakin mereka terkenal, semakin banyak juga kebaikan yang mereka berikan bagi orang lain, baik bagi tempat kelahiran mereka maupun orang yang melihat mereka.

Ini adalah salah satu interview mereka di Indonesia melalui Tokopedia

Mereka menginspirasi kita melalui lagu dan lirik yang mereka buat, dari mencintai diri sendiri dan terus berjuang untuk apapun mimpi yang kita punya, selain itu mereka memiliki pribadi yang menyenangkan dan sangat menghibur, sehingga membuat saya tertawa saat melihat kelakuan lucu mereka. Itulah kenapa saya mengidolakan BTS. Saat nanti saya berkesempatan untuk bertemu mereka, saya sangat ingin berterima kasih kepada mereka atas inspirasi, kebahagiaan, dan semangat yang mereka berikan kepada saya, karena berkat mereka saya bisa tetap bahagia sampai sekarang.

Selain BTS, saya juga memiliki hobi baru yang juga saya temukan di Tiktok yaitu menonton anime. Anime sendiri adalah animasi dari jepang yang digambar menggunakan tangan ataupun computer. Secara etimologi, kata ‘anime’ merupakan singkatan dari animation dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada semua jenis animasi. Berikut adalah anime favorit saya yang mungkin bisa kalian tonton saat kalian bosan.

Pertama ada Haikyuu. Haikyuu adalah seri manga yang ditulis dana diilustrasikan oleh Haruichi Furudate. Haikyuu terdiri dari 4 season dan season 5 akan ditayangkan segera. Menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Shōyō Hinata, menjadi terobsesi dengan bola voli setelah menyaksikan SMA Karasuno memenangkan pertandingan mereka untuk lolos ke Kejuaraan Nasional di TV. Meskipun memiliki tubuh yang pendek, Hinata terinspirasi oleh seorang pemain yang dijuluki ‘Raksasa Kecil’. Pemain spiker sayap Karasuno bertubuh pendek, tetapi berbakat. Saat dirinya duduk di bangku kelas 3 sekaligus tahun terakhirnya di SMP, beberapa teman Hinata setuju untuk bergabung dengan klub sehingga mereka bisa berpartisipasi dalam turnamen. Dalam pertandingan resmi pertamanya, mereka menderita kekalahan telak dari tim yang difavoritkan untuk memenangkan turnamen.

Hinata belajar dan diterima di Karasuno, SMA yang sama dengan Raksasa Kecil. Akan tetapi, ia terkejut mengetahui bahwa Kageyama juga memilih untuk bersekolah di Karasuno. Terungkap bahwa Karasuno telah kehilangan reputasinya sebagai sekolah unggulan setelah era Raksasa Kecil. Karasuno kemudian sering dijuluki sebagai ‘Gagak yang Tidak Bisa Terbang’ oleh tim lokal lainnya. Namun, dengan menggabungkan keterampilan umpan Kageyama yang jenius dengan keatletisan Hinata yang luar biasa, keduanya menciptakan taktik bola voli baru yang eksplosif dan mengembangkan kemitraan setter-spiker yang kuat dan tak terduga. Hal yang saya suka dari series ini selain karakter-karakternya yang menarik, lucu, dan berbakat kita juga diajar untuk tidak memiliki alasan dalam mengejar mimpI. Kekurangan apapun bisa dijadikan kelebihan bila memiliki keinginan yang kuat. Saya tidak sabar menunggu season 5 nya

Kedua, rekomendasi saya adalah One Punch Man. One Punch Man adalah serial manga Jepang yang menceritakan seorang superhero yang bernama Saitama. One-Punch Man dibuat oleh seorang penulis yang asal jepang dengan nama samaran ONE yang mulai diterbitkan pada awal tahun 2009. Menceritakan tentang planet super benua yang tidak disebutkan namanya, monster aneh, dan supervillains secara misterius muncul dan menyebabkan bencana.

Untuk memerangi mereka, pahlawan dunia telah bangkit untuk melawan mereka. Saitama adalah salah satu pahlawan yang mampu mengatasi mereka. Dia memiliki murid dalam bentuk cyborg bernama Genos dan pada akhirnya mereka bergabung dengan Hero Association untuk mendapatkan pengakuan resmi. Selain itu, Saitama juga menghancurkan meteor yang masuk, mengalahkan penjahat bos seperti Deep Sea King. Ketika alien Dark Matter Thieves menyerang dan menghancurkan City A, Saitama mengalahkan pemimpin mereka Lord Boros yang menggunakan pukulan serius.

Monster yang lebih ganas mulai muncul di berbagai kota, mengenakan banyak pahlawan. Sekelompok dari mereka menculik seorang anak sponsor Asosiasi. Asosiasi Pahlawan belajar bahwa monster telah mengorganisir menjadi Asosiasi Monster, dan mereka juga merekrut anggota dengan memiliki pejuang dan yang lainnya menelan sel-sel raksasa yang mengubahnya menjadi monster yang memiliki kekuatan jauh lebih banyak.

Selama perjalanan Garo dan Asosiasi Pahlawan yang saling terkait, ditemukan bahwa monster telah membuat markas mereka di daerah yang ditinggalkan di Z-City, yang kebetulan hanya didiami oleh Saitama saja.

Hal yang saya sukai dari One Punch Man ini selain membuat kita tertawa, tidak menghilangkan ke epic-anserial ini, selain itu One Punch Man ini juga mengajarkan saya saat berbuat baik itu tidak perlu dilihat orang, dan kita juga harus berjuang keras bila kita ingin mendapat sesuatu yang kita inginkan, selain itu saya sangat menyukai sifat dari karakter utama Saitama, yang santai dan tidak terobsesi untuk jadi yang terbaik, meskipin ia bisa, tapi itulah yang membuat saya sangat menyukai sosok Saitama ini.

Rekomendasi ketiga saya adalah Hunter X Hunter. Hunter X Hunter adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shonen Jump sejak tanggal 16 Maret 1998, meskipun sering kali mengalami hiatus berkepanjangan sejak tahun 2006. Hingga bulan Oktober 2018, 380 bab telah dibundel menjadi 36 volume oleh Shueisha. Menceritakan tentang seorang bocah lelaki bernama Gon Freecss, yang mengetahui bahwa ayahnya yang sudah meninggalkannya sejak masih kecil, sebenarnya merupakan seorang Hunter ternama di dunia.

Sebuah profesi berlisensi bagi mereka yang berspesialisasi dalam tetapi tidak terbatas pada pencarian hal tak lazim layaknya menemukan spesies hewan langka atau tidak dikenal, berburu harta karun, mengunjungi wilayah-wilayah yang belum terjamah, atau memburu individu yang melanggar hukum. Meskipun ditinggalkan oleh ayahnya, Gon berangkat untuk mengikuti jejaknya, mengikuti Ujian Hunter yang ketat, dan akhirnya menemukan ayahnya. Sepanjang perjalanan, Gon bertemu para Hunter lainnya, termasuk para karakter utama seperti Kurapika, Leorio, dan Killua, dan juga bertemu paranormal.

Menurut saya, cerita ini cukup menarik karena mungkin kita berpikir ‘bagaimana seorang bocah berumur 12 tahun mencari ayahnya tanpa petunjuk di dunia luar yang berbahaya dan luas tapi dia membuktikan bahwa dia bisa dan bahkan mempelajari hal yang dia tidak dia dapatkan saat dia masih di kampung halamannya, selain itu Hunter X Hunter ini memperlihatkan hubungan persahabatan Gon dan sahabatnya Killua seperti bagaimana mereka bersenang-senang bersama, mempelajari sesuatu bersama, bahkan menderita bersama membuatnya lebih menarik untuk ditonton.Di Hunter X Hunter saya belajar bahwa tujuan apapun bisa dicapai bila kita bertekad dan tidak mau menyerah, memang terkadang sulit bahkan kita piker mustahil tapi itulah proses yang membantu kita untuk mencapai tujuan itu dan terkadang kita butuh bantuan orang lain bila ingin terus maju.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Blog ini adalah wadah untuk mengenal, menggali, dan mengkritisi setiap pemikiran dan emosional yang ada dalam individu, lalu menumpahruahkan kecemasan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pastikan Dapur Dalam Keadaan Bersih, Lapas Purwokerto Lakukan Inspeksi Hygiene Sanitasi

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Menelaah lebih dalam mengenai Konsep dalam Bisnis Syar'iah

Image

Tambahan Pelunasan Utang Karena Ta'widh dalam Ekonomi Syariah apakah Termasuk Riba?

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image